Wow! 7 Kebiasaan Hidup Orang Jepang yang Wajib Ditiru!

Posted on
negara jepang
negara jepang

Jepang, pasti Anda sering mendengar kata-kata itu ya? Di dalam benaknya, setiap mendengar kata-kata tersebut pasti yang terbayang adalah hal-hal yang baik. Jepang atau Negeri Sakura ini merupakan salah satu Negara Maju di dunia. Banyak orang yang ingin berkunjung bahkan menetap di Negara Jepang. Negara ini salah satu Negara memiliki prinsip yang wajib ditiru oleh Negara Indonesia. Masyarakat disana sangat tertib, pekerja keras dan meskipun muncul budaya barat tetap tidak meninggalkan baya leluhur mereka. Sehingga Megara Jepang patut dikatakan Negara Maju dan wajib kita contoh kebiasaan mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa kebiasaan hidup Negara Jepang yang wajib ditiru. Mari, simak artikel berikut ini!

kebiasaan hidup jepang
kebiasaan hidup jepang
  1. Selalu Menjaga Kebersihan

Ketika Anda mungkin berkunjung ke Jepang, Anda pasti heran tidak ada sampah satupun yang tergeletak di jalanan, bahkan mungkin Anda justru mencari-cari tempat yang kotor. Ya, karena disana mereka sudah memiliki kebiasaan turun-temurun untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Bahkan jika tidak menemukan tempat sampah, mereka akan membawanya sampai ke rumah. Wah,tidak heran ya, jika disana kondisi lingkungannya sangat bersih.

  1. Selalu Disiplin dan Kerja Keras yang Tinggi

Kebiasaan selanjutnya adalah, mereka selalu datang tepat waktu dalam bekerja, bahkan mereka datang awal pulang malam atau sering melakukan kerja lembur. Maka masyarakat disana juga di beri aturan supaya membawa jam tangan digital agar selalu tepat waktu. Hal ini yang membuat  mereka sangat loyalitas terhadap perusahaan atau majikannya, sehingga mereka benar-benar bersungguh-sungguh dalam bekerja. Hal ini pun telah diakui di berbagai Negara di dunia karena kerja kerasnya. Jika di hitung-hitung mereka bekerja selama 2450 jam/tahun,ternyata waktu ini lebih tinggi disbanding pekerja di Negara-negara lain.

  1. Memiliki Rasa Malu yang Tinggi

Di Jepang, ternyata memiiki rasa malu yang tinggi, hal ini sudah menjadi kebiasaan turun-temurun bagi mereka. Karena mereka memiliki prinsip hara-kiri (bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut), sehingga tidak jarang mereka yang melakukan kesalahan berat lebih baik bunuh diri daripada menanggung malu, sehingga jarang masyarakat disana yang melanggar peraturan ataupun para pelajar yang kurang pandai. Kebanyakan mereka terus berusaha menjadi terbaik agar tidak malu dalam bersekolahnya.

  1. Pola Hidup Hemat

Di Jepang meskipun tergolong Negara maju dan mempunyai devisa yang tinggi, tapi mereka ternyata memiliki pola hidup hemat, tidak jarang took ataupun supermarket ketika pukul 20.00 sudah ditutup. Kebanyakan supermarket disana juga membuka tokonya kurang lebih sekitar setengah/1 jam saja.

  1. Minat Baca Sudah Menjadi Budaya

Meskipun di zaman serba teknologi canggih ini, ternyata masyarakat Jepang tidak meninggalkan budaya membaca buku loh, mereka lebih memilih untuk membawa buku dan membacanya daripada gadget mereka. Bahkan sampai di kendaraan pun mereka tetap membaca, sehingga mereka banyak lebih memilih menggunakan kereta daripada kendaraan lain, karena perjalanan lebi lama, dan tidak mengeluarkan sedikit getaran, agar mereka bisa memanfaatkan waktunya dengan membaca buku. Para pelajar sekolah juga dibiasakan untuk membaca buku selama 10 menit sebelum pelajaran dimulai.

  1. Lebih Memilih Transportasi Umum daripada Kendaraan Pribadi

Di Indonesia pasti sangat sering menjumpai kemacetan, hal ini dikarenakan setiap orang menggunakan kendaraan pribadi, bahkan bagi pekerja kantoran mereka berangkat sendiri tapi menggunakan mobil sehingga sering terjadi kemacetan, biasanya terjadi di wilayah ibukota. Nah, lain halnya dengan Jepang. Padahal mereka salah satu Negara penghasil transportasi, banyak merek dari jepang yang dipasarkan di Indonesia. Tapi, disana, mereka justru lebih memilih menggunakan kendaraan umum bahkan ada yang naik sepeda. Hal ini juga dikarenakan jika masyarakat membeli kemdaraan pribadi mereka juga harus mempunyai lahan parkir atau menyewa nya. Dengan hal tersebut relative mahal, dan juga dikenakan pajak yang tinggi. Maka mereka jarang menggunakan kendaraan pribadinya. Selain itu, juga memanfaatkan waktunya dengan memabca buku, seperti yang dibahas di atas tadi.

  1. Penuh Kreasi&Inovasi tetapi Mereka bukan Gadget yang Freak

Di Jepang sudah banyak teknologi canggih yang mereka kembangkan, di Indonesia banyak teknologi ataupun kendaraan yanhg dihasilkan dari Jepang. Hal ini disebabkan karena mereka memiiki kreatif dan inovatif yang tinggi. Ingin selalu menghasilkan produk yang berbeda daripada orang lain. Namun, meskipun demikian, mereka bukanlah masyarakat yang senang terhadap gadget, justru banyak peraturan larangan membawa gadget. Terutama bagi pelajar sekolah. Mereka juga lebih memilih membaca buku daripada gadget.

Itulah beberapa kebiasaan yang dilakukan di Negara Jepang sehingga mereka bisa sukses dan menjadi salah satu Negara Maju di dunia. Bahkan dunia juga mengakuinya.

Mereka seperti itu karena memiliki 3 prinsip yang sangat penting yang sudah dibiasakan secara turun-temurun.

prinsip orang jepang
prinsip orang jepang
  1. Prinsip Bushido

Prinsip bushido ini memiliki arti “ksatria” ini adalah kode etik samurai. Pada masa kekalahan Jepang dalam pertempuran. Nah, seorang samurai harus patuh dan loyalitas terhadap tuannya. Bahkan mereka rela bunuh diri (harakiri) “bunuh diri dengan menusuk dari perut). Untuk mengembalikan kehormatannya. Prinsip inilah yang dijadikan semangat etos kerja masyarakat Jepang.

  1. Makoto dan Ganbatte Kudasai

Makoto ini artinya kejujuran atau ketulusan, sehingga mereka dalam melakukan pekerjaan harus diddasari tulus dan kejujuran.

Ganbatte adalah ungkapan bagi seseorang yang semangat dalam bekerjanya untuk semangat mencapai kesuksesan.

  1. Prinsip Keishan

Prinsip keishan berarti kreartif,inovatif dan produksi. Maka dengan prinsip inilah mereka banyak menciptakan produk maupun teknologi yang inovasi baru.

  1. Prinsip Kaizen

    prinsip kaizen inilah yang membuat mereka sukses, karena mereka dituntut untuk disiplin dan tepat waktu dalam segala hal. Jaid, mereka harus focus dan tidak boleh terlambat agar tidak menimbulkan kerugian bagi diri-sendiri.

Itulah beberapa kebiasaan dan prinsip kehidupan mereka yang wajib kita tiru, dengan kebiasaan baik dalam sehari-hari akan mengubah perubahan bagi bangsa Indonesia. Maka kita jangan sampai kalah dengan pola hidup mereka untuk menjadi orang yang sukses.

Sekian,semoga bermanfaat bagi Anda.
Sampai Jumpa…