Wisata Solo
Wisata Solo

Mari Kunjungi Wisata Kota Solo

Posted on

Wisata Solo –

Tempat yang kita bahas saat ini adalah Wisata Solo. Di sini kita akan ke beberapa tempat wisata alam yang ada Solo yang tak kalah dengan daerah-daerah lain. Meskipun Solo termasuk kota yang cukup maju, ternyata masih ada tempat alami yang bisa memanjakan mata wisatawan untuk menikmati keindahan alamnya. Dan jika Kamu berencana datang ke Solo tidak ada salahnya juga menyempatkan diri untuk mengunjunginya.

Berikut ini beberapa tempat wisata alam yang ada di kota Solo:

Gua Gong

Gua Gong
Gua Gong

Tempat wisata Solo yang pertama adalah Gua Gong. Gua yang yang memiliki ke unikan yang sangat menarik karna hiasan yang berada di dinding gua. Dan konon katanya pada hari tertentu seperti hari jum`at dari dalam gua mengeluarkan suara gamelang gong yang di tabuh yang sampai saat ini suara itu masih terdengar, karna kejadian inilah gua tersebut diberi nama gua gong.

Wisata yang satu ini yang berada di solo bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi darat dengan jarak sekitar kurang lebih 7 km itu dari pasar Punung-Pacitan dan 70 km dari arah menuju tenggara kota solo.

Gua ini terletak sekitar kurang lebih 256 meter dari permukaan laut dan didalam gua ini memiliki 12 ruang dan 7 sumber mata air, mata airnya sangat jernih. Untuk kedalamnya cukup mudah, karna ada tangga yang sudah disediakan untuk para penjelajah. Anda juga bisa melihat efek cahaya yang mengenai atapnya dan dinding, itu akan terlihat seperti emas yang bersinar. Itu sangat benar benar indah.

Grojokan Sewu Tawangmangu

Grojokan Sewu Tawangmangu
Grojokan Sewu Tawangmangu

Tempat wisata Solo yang kedua adalah Grojokan Sewu Tawangmangu. Wisata alam yang satu ini sangat populer karna tempat ini terkenal sangat indah dan udaranya sejuk pengunungan membuat para pengunjung sangat menikmatinya ketika berada di tempat ini. Air terjunnya dengan ketinggian 81 meter dan dan memiliki ketinggian 1.100 diatas permukaan. Air terjun ini berada di tengah hutan lindung yang dihuni oleh hewan satwa jinak.

Tebing dan bebatuan yang menjulang tinggi disektar air terjun semakin menambah suasan yang kental. Ditambah dengan bebatuan di tempt untuk kita beristirahat sambil melihat dinginnya dan jernihnya air terjunyang mengalir. Dan ada juga jembatan penyeberangan yang biasa pengunjung jadikan tempat foto di sekitar air terjun. Dari jembatan itulah terlihat mejulang tinggi dengan jelas dan sangat indah Grojokan Sewu Tawangmangu.

Tempat ini cocok sekali untuk yang maun refresing karna memiliki udara yang sejuk dapat menenagkan hati, dan cocok sekali untuk liburan bersama keluarga atau sendiri. Banyak para pekerja, mahasiswa atupun pelajar yang merelakan waktu untuk liburan ke tempat yang sangat indah ini. Jadi jangan lupa kalau ke kota Solo mampir ke Grojokan Sewu Tawangmangu.

Air Terjun Jumog

air terjun Jumog
Air Terjun Jumog

Tempat wisata Solo yang ketiga ini tidak kalah dari sebelum sebelumnya. Jaraknya cukup jauh tapi sangat memuaskan jaraknya yaitu kurang lebih 45 km dari kota Solo. Pemandangan air tejun jumog memang sanglah mengagumkan, sumber airnya berasal dari lereng Gunung Lewu. Air Terjun Jumog sering sekali terlihat ada pelagi yang menambah pesona indahnya air terjun jumog.

Kesejukan alamnya biasanya berasal dari percikan air yang mengenai bebatuan lalu tertiup angin, sebagaimana yang kita tahu bahwa kesejukan aiar terjun itu sanagatlah terasa. Selain itu, tempat daratanya yang tinggi menjadi penambah kesegaran. Dan juga anak anak bisa bermain dan sekalian belajar dengan wahama yang telah disediakan oleh alam.

Memperkenalkan alam kepada anak dengan cara langsung dapat meningkatkan mencerdaskan emosional anak, karna anak akan tertarik pada keindahan alam dan akan merasa sayang pada alam sekitar.

Grojogan Selondo

Gerojogan Selendo
Gerojogan Selendo

Grojogan selondo merupakan air terjun yang tebingnya tidak terlalu tinggi, namun memiliki keunikan yaitu terletak berada diantara dua tebing batu yang sangat eksotis, dan dibawahnya terdapat sungai dan dua kolam kecil ditambah dengan air dan suasananya yang begitu sejuk.

Terlihat sekali keindahannya karna perpaduan antara warna coklat keemasan yang ada di tebingnya ditambah dengan hijaunya tumbuhan liar tumbuh diantara bebatuan, dan airnya sejuk mengingatkan kita pada Grand Canyon.

Jalan menujunya tidak terlalu sulit karna lokasinya tidah terlalu jauh dengan jalan raya dan persawahan. Walaupun seperti itu kita harus tetap berhati hati, karna lokasinya masih tergolong masih baru dan belum ada petuas keamanannya.

Air Terjun Girimanik

Air terjun girimanik
Air terjun girimanik

Tempat wisata Solo yang satu ini namanya Air Terjun Girimanik dan tempat ini masih didominasi dengan bebatuan dan tumbuhan hijau. Tempat ini masih asli yang membuat para pengunjung merasakan sejuknya udara yang menyegarkan. Di air terjun girimanik ini terdapat tiga air terjun yang bisa dinikati oleh pengunjung.

Yang pertama adalah air terjun Manik Moyo air terjun ini adalahair terjun yang paling tinggi diantara yang lainnya dan air terjun tinjo mayo memiliki ketingian kurang lebih 70 meter. Dari kejahuan air terjun ini akan terlihat seperti bertingkat. Dan yang kedua adalah Tinjo Moyo dan yang ketiga adalah air terjun Condromoyo. Air terjun ini jika terlihat dari jauh sangat indah karna terlihat seperti bertingkat.

Air terjun Girimanik ini seperti air terjun seperti biasa yang biasanya ramai diakhir pekan dan liburan tiba. Pengunjung banyaknya hanya dari kalangan mahasiswa atau pelajar dan para pekerja yang ingin mendapatkan kesegaran udara setelah beraktifitas setiap harinya.

Objek yang satu ini juga bisa jadi spot foto agar menambah koleksi foto anda. Apalagi dengan biaya yang sangat murah hanya lima ribu untuk satu orang saja. tempat ini memang cukup jauh sekitar 40 km dari pusat kota.

Taman Balekambang

Taman Balekambang
Taman Balekambang

Taman balekambang ini memiliki luas sekitar 10 ha, taman Balekambang merupakan salah satu tempat wisata Solo raya. Di dalam taman balekambang ini banyak juga tempat bermain anak dan juga ada tempat bersantai sambil menikmati keindahan tumbuhan hijau, ditaman ini juga sangat terasa suasana sejuk dan rindang .

Di taman ini juga ada beberapa tanaman langka yang sengaja dipelihara, dan kita dapat diperkenalkan kepada anak anak. Dengan demikian kita bisa mengajak anak anak untuk liburan serta belajar dan bisa menikmati udara segar sambil memperkenalkan beberapa spesies tanaman langka.

Gua Kahyangan

Gua Khayangan
Gua Khayangan

Gua kahyangan juga merupakan salah satu tempat wisata Solo. Di tempat wisata yang satu ini pengunjung akan melihat gua yang berada diatas kedung dan juga ada ari terjun di sekelilingnya gua. Bagi kalian yang percaya dengan tahayul jika kalian berkunjung ke tepat ini dilarang memakai baju hijau. Tempat wisata solo ini sangat ramai pengunjung pada malam pengantin tahun Jawa atau disebut dengan bulan Suro.

Mungkin itu tadi sedikit berita tentang Tempat Wisata di Solo. Semoga bisa menambah pengetahuan anda. Saya ucapkan terima kasih bagi kalian yang sudah membaca informasi dari kami.