penyakit meningitis
penyakit meningitis

Waspada! Bahaya Penyakit Meningitis Lengkap

Posted on
Meningitis
Meningitis

Pengertian Meningitis

Meningitis merupakan suatu peradangan yang terjadi pada meningen, antara lain lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf pada tulang belakang.

Terkadang penyakit meningitis sulit dikenali, kenapa bisa begitu? Karena penyakit meningitis ini mempunyai gejala awal yang sama dengan flu. Seperti demam dan sakit kepala.

Penyakit meningitis bisa disebabkan dengan banyak hal, seperti infeksi bakteri, jamur, dan parasite. Meningitis juga dapat muncul pada kondisi-kondisi tertentu seperti melemahnya sistem imun pada tubuh.

Peyakit meningitis ini dapat menyerang siapa saja termasuk bayi pun juga bisa terkena meningitis. Jika meningitis tidak ditangani dengan tepat maka kondisi ini bisa memburuk dan dapat memicu komplikasi seperti kejang-kejang dan gagal ginjal.

Gejala Meningitis
Gejala Meningitis

Adapun gejala meningitis bisa berbeda-beda tergantung pada tipe, usia, dan juga keparahan kondisi pasien. Namun, gejala umum nya yang sering muncul pada penderita meningitis yang terjadi pada usia diatas 2 tahun yaitu:

  • Demam tinggi
  • Leher kaku
  • Kejang
  • Sakit kepala berat
  • Sulit berkonsentrasi
  • Sensitive terhadap cahaya
  • Nafsu makan berkurang
  • Ruam

Gejala meningitis yang muncul pada bayi atau anak dibawah umur 2 tahun umumnya serupa dengan penderita meningitis yang terjadi pada usia diatas 2 tahun yaitu demam tinggi, nafsu makan berkurang, mengalami gangguan tidur, dan juga kaku pada leher.

Akan tetapi ada beberapa gejala lain yang lebih spesifik, contohnya adanya benjolan pada bagian kepala dan bayi terus menangis. Saat gejala penyakit ini akan muncul pasien harus dengan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab Meningitis

Berdasarkan dengan penyebabnya, penyakit meningitis dibagi menjadi bebrapa tipe yaitu:

Meningitis bakteri. Meningitis ini disebabkan oleh bakteri dan bakteri itu bisa menular. Bakteri tersebut adalah:

  • Streptococcus pneumoinae. Jenis bakteri ini biasanya terdapat di hidung, sinus, dan juga saluran pernapasan.
  • Haemophilus influenza tipe B atau Hib. Merupakan bakteri yang bisa menyebabkan meningitis yang terjadi pada anak-anak. Tidak hanya meningitis bakteri ini juga bisa menyebabkan infeksi pada darah, tenggorokan, kulit, dan juga sendi.
  • Listeria monocytogenes. Bakteri yang satu ini umumnya ada pada makanan, seperti melon, keju, dan sayuran-sayuran mentah.
  • Staphylococcus aureus. Tipe bakteri ni pada umumnya ditemukan pada kulit dan juga saluran pernapasan.

Meningitis Virus. Kondisi yang seperti ini hanya menimbulkan gejala yang bisa tergolong ringan dan bisa pulih dengan sendirinya. Penyakit meningitis yang disebabkan karena virus bisa lebih mudah tersebar dibandingksn dengan yang disebabkan oleh bakteri.

Virus yang dapat menyebabkan meningitis yaitu virus kelompok enterovirus, virus herpes simplex, HIV, virus west nile, dan coltivirus. Virus tersebut bisa menyebar melalui udara seperti ketika sedang batuk atau bersin, berbagi penggunaan barang kepada teman, atau menyentuh benda yang sudah terkontiminasi.

Meningitis jamur. Penyakit meningitis yang disebabkan oleh jamur ini bisa dibilang masih tergolong jarang terjadi. Tipe yang seperti ini biasanya menyerang orang-orang yang mempunyai sistem imun yang lemah seperti penderita kanker dan juga AIDS.

Ada beberapa jenis jamur yang bisa menyebabkan meningitis yaitu Cryptococcus blastnyces, histoplasma, dan coccidioides. Jamur yang seperti ini umumnya ada pada kotoran burung dan kelalawar. Adapun penyebab jamur yaitu bisa melalui tanah ataupun debu yang terkontaminasi dan terhirup oleh pasien.

Meningitis parasit. Meningitis parasite ini penyebabnya adalah Angiostrongylus cantonensis dan Baylisascaris procyonis. Jenis meningitis ini tidak disebarkan melalui kontak langsung. Parasite umumnya terdapat pada hasil bumi dan kotoran, makanan, dan juga hewan seperti siput, ikan, unggas.

Jika memakan makanan yang berbahan dasar hewan itu atau jika melakukan aktivitas-aktivitas seperti renang bisa berpotensi tertular parasite yang menyebabkan meningitis.

Penyakit ini juga bisa dipicu oleh kondisi yang diderita oleh psaien seperti cedera kepala, kanker, dan lupus. Tidak hanya itu penggunaan obat-obatan tertentu atau pernah juga menjalani tindakan medis yaitu seperti operasi otak itu juga bisa menyebabkan munculnya penyakit meningitis.

Ada beberapa factor lain yang bisa menyebabkan atau bisa memicu meningitis antaranya yaitu:

  • Pada umumnya penyakit meningitis virus ini muncul pada anak yang berusia dibawah 5 tahun, dan meningitis bakteri muncul pada anak berusia dibawah 20 tahun(remaja).
  • Saat ketika kehamilan meningkat potensi meningitis yang disebabkan oleh bakteri listeria bisa memnyebabkan komplikasi pada ibu hamil seperti keguguran.
  • Tinggal dalam lingkungan yang ramai. (siswa yang tinggal di lingkungan asrama).
  • Melewati jadwal vaksinasi. Resiko terjadinya meningitis ini akan meningkat jika pasien melewati jadwal vaksinasi yang sudah dianjurkan oleh dokter.
  • Antibiotik yang digunakan pada umumnya untuk mengobati penyakit ini yaitu golongan sefalosporin, yaitu cefotaxim dan juga ceftriaxone. Tidak hanya itu, mengobati meningitis yang disebabkan oleh bakteri penggunaan antibiotic juga menurunkan potensi terjadinya komplikasi seperti kejang taua penekanan otak.

 Cara pencegahan meningitis

cara mencegah meningitis
cara mencegah meningitis

Mencegah penyakit meningitis bisa dilakukan dengan mengurangi kemungkinan penyebaran infeksi dan mengubah gay hidup yang lebih sehat. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah meningitis yaitu:

  • Istirahat yang cukup
  • Jaga jarak dengan orang yang terkena inveksi meningitis
  • Menghindari asap rokok
  • Cuci tangan setiap kali beraktivitas
  • Rajin berolahraga
  • Jangan berbagi makanan atau barang pribadi
  • Gunakan masker
  • Pilihlah makanan yang sudah dipsteurisasi

Selain upaya diatas, cara mencegah meningitis juga bisa dilakukan dengan menerima vaksinasi atau imunisasi. Dengan adanya pemberian vaksin ini bertujuan supaya melindungi dari penyebab meningitis seperti virus dan bakteri. Berikut beberapa vaksin yang dugunakan untuk mencegah meningitis yaitu:

Vaksin pneumococcal, ini memberikan perlindungan terhadap bakteri pneumococcal.

Vaksin Hep B, vaksin yang satu ini melindungi pasien dari bakteri maemophilus ifluenzae tipe B.

Vaksin Hib/Men C, melindungi pasien dari bakteri meningococcal group C.

Vaksin MMR, vaksin ini berfungsi untuk melindungi pasien dari kondisi yang bisa memicu meningitis seperti gondongan, campak, dan rubella.

Vaksin meningitis B, vaksin ini berfungsi untuk melindungi pasien dari bakteri meningococcal tipe B.

Jangan lupa pemberian vaksin harus disesuaikan dengan umur pasien. Dan juga konsultasikan dengan dokter mengenai vaksin yang tepat sesuai dengan kondisi.

Itu tadi pengertian, penyebab, sekaligus cara mengatasi penyakit meningitis. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi kalian semua.