Wajib Baca! Pentingnya Introspeksi Diri dan Manfaat yang didapat dalam Sehari-Hari

Posted on
introspeksi diri
introspeksi diri

Pada artikel ini, saya membahas tentang pentingnya instrospeksi diri. Kata tersebut sangatlah mudah untuk diucapkan. Namun,jika kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari pasti sangat sulit untuk dilakukan. Banyak orang yang meremehkan dan kurang memeperhatikan hal tersebut. Kebanyakan mereka hanya mengamati dan menilai orang lain saja tanpa memperhatikan dan mengamati diri sendiri.

Seseorang selalu menilai sikap orang lain, bahkan jika orang tersebut salah bisa “mengejudge” saja, (arti bahasa gaul) maksudnya adalah hanya mengomentari atau mengatai saja . Nah,inilah yang harus diperhatikan untuk kita. Introspeksi diri sangatlah penting. Apalagi manusia, pasti sering mengalami kehidupan yang berliku-liku. Jika sudah mencapai kesuksesan dan merasa roda sedang di atas, pasti merasakan bahagia dan seakan-akan rencana semua itu terwujud. Padahal, semua itu tidak selamanya manusia berada di atas. Suatu saat pasti kita akan jatuh dan berada di bawah, karena hidup itu seperti roda yang berputar. Maka sifat introspeksi diri inilah wajib kita sadari.

Melalui introspeksi diri, maka kita akan mengetahui kesalahan-kesalahan yang ada pada diri kita, seperti halnya bercermin. Mengamati karakter kita dan bagaimana cara menyikapinya. Hal apa sajakah yang sudah kita lakukan dalam hidup ini, apakah kita egois??.  Sebenarnya semua pertanyaan tersebut dapat kita lakukan dengan intropeksi diri. Kadang hal tersebut sering sekali diabaikan oleh kita. Karena dengan intropeksi diri akan mudah untuk menjalankan kehidupan, bahkan sampai menuju kesuksesan dan merubah pada diri kita untuk menjadi lebih baik.

Ingin tahu selengkapnya mengenai introspeksi diri? Simak artikel berikut ini!

 

  • Pengertian Introspeksi Diri

Introspeksi diri adalah belajar atau proses memahami dan mengamati terhadap diri sendiri. Dalam kamus Bahasa Indonesia (KBBBI) Introspeksi diri adalah mengoreksi, meninjau, sikap, perbuatan dan kesalahan pada diri sendiri.

Introspeksi diri atau istilahnya refleksi diri, hal ini merupakan metode cara memecahkan masalah terhadap kondisi psikis seseorang. Sifat introspeksi diri ini tidak dapat diukur seberapa besar kemampuannya. Hanya dapat dirasakan dalam diri seseorang itu saja. Meskipun hal tersebut sudah dibahas tetapi masih ada beberapa orang belum mengerti cara untuk introspeksi diri. Inilah beberapa cara intropeksi berikut ini !

  • Cara Melakukan Introspeksi Diri

pentingnya introspeksi diri
pentingnya introspeksi diri

1. Menyadari kelemahan diri sendiri

Hal pertama yang harus dilakukan untuk introspeksi diri adalah dengan menempatkan posisi seseorang paling rendah dan harus bersifat rendah hati. Dengan begitu, kita lebih mudah menyadari kesalahan kita, apa saja yang telah kita perbuat. Jangan sampai kita melakukan introspeksi diri diiringi dengan sombong,karena hal tersebut mustahil jika dilakukan, yang ada hanyalah diri selalu merasa benar meskipun hal yang kita lakukan adalah salah.

Dengan intropeksi diri kepribadian kita akan menjadi lebih baik dan semakin dewasa dalam menyikapi hal.

manfaat introspeksi diri
manfaat introspeksi diri

2. Melakukan Introspeksi dalam Kehidupan

Kebanyakan orang, melakukan introspeksi diri adalah ketika mengalami kegagalan dalam suatu hal, sebenarnya cara tersebut kurang tepat. Introspeksi diri seharusnya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga setiap waktu kita selalu menyadari hal apa saja yang telah kita lakukan, kesalahan apa yang telah diperbuat orang lain? Maka jika melakukan rencana dan kegiatan diiringi dengan introspeksi diri maka kita mengetahui kelemahan dan kelebihan kita dan kemungkinan akan sedikit terjadi kegagalan yang akan kita alami.

3. Dengan introspeksi Akan Merubah Pribadi Menjadi Lebih Baik

Melakukan introspeksi diri sangat bermanfaat bagi diri kita. Yang dimaksud introspeksi diri disni bukan menghakimi atau menyalahkan diri kita sendiri,tetapi berusaha memperbaiki diri agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Maka dengan hal ini secara tidak langsung kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam hal ini merupakan proses pendewasaan, khusunya bagi para remaja dan orang dewasa.

  • Manfaat Menjadi Pribadi yang Mudah Introspeksi Diri

Dengan kita belajar untuk introspeksi diri banyak manfaat yang kita dapatkan, diantaranya adalah:

  • Mampu Menyelidiki Diri Sendiri

Kita bisa menyelidiki diri sendiri, mengetahui kondisi pikiran,serta hati kita.

  • Mengenal Sesungguhnya Diri Sendiri

Melalui introspeksi diri, akan lebih mengenal diri kita sesungguhnya, sebenarnya siapa sih aku?, dan mengetahui kelebihan serta kekurangan yang terdapat dalam diri sendiri.

  • Belajar Dari Pengalaman Sebelumnya

Dengan introspeksi diri, kita bisa belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya. Sehingga dalam waktu ke depan menjadi lebih baik.

  • Membuat Diri Sendiri Selalu Rendah Hati

Introspeksi diri, akan membuat jiwa kita selalu rendah hati terhadap orang lain.

  • Memiliki Hidup serta Tujuan Jelas

Satu hal lagi perlu diketahui, dengan introspeksi diri, hidup kita akan lebih jelas, memiliki tujuan yang pasti sesuai dengan rencana.

Itulah beberapa hal mengenai introspeksi diri dan manfaat yang kita dapatkan, semoga bagi Anda yang telah membaca artikel ini bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik dan selalu introspeksi diri. Semoga bermanfaat, Sekian..