letak letak planet
planet

Nama-nama Planet dalam Urutan Tata Surya Kita

Posted on

Nama Planet – Di dunia ini banyak sekali planet planet yang beragam ragam mulai dari bentuknya, ciri cirinya, dll.  Planet merupakan benda astronomi yang mengobrit sebuah bintang atau sisa bintang yang besar untuk memiliki gravitasi sendiri sendiri di setiap planet. Pada tahun 2006, IAU (persatuan astronomi internasional) mengesahkan resolusi resmi yang mendefisinikan planet di tata surya.

Sesuai definisi IAU terdapat delapan planet di tata surya. Pada umumnya planet dibagi menjadi dua jenis utama yaitu raksasa gas besar berkepadatan rendah serta raksasa gas kecil berbatu.  Berdasarkan jarak dari matahari ada empat planet kebumian yaitu merkurius, venus, bumi, dan mars. Lalu empat raksasa gas yaitu yupiter, saturnus, uranus, dan neptunus.

Enam planet diantaranya dikelilingi oleh satu satelit alam bahkan lebih. Sejak tahun 1992, ratusan planet yang mengelilingi bintang bintang.  Pada tanggal 20 desember 2011, tim telekop luar angkasa kepler menemukan dua planet uar surya berukuran sama seperti bumi. Yaitu kepler-20e dan kepler-20f.

Tata surya

Tata surya adalah benda langit yang terdiri atas bintang yang disebut matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasi. Tata surya terbagi dari matahari, empat planet dibagian dalam, sabuk asteroid. Dan empat planet  dibagian luar yaitu sabuk kuiper dan piringan terbesar.

Berikut adalah beberapa nama planet:

  1. Merkurius

planet merkurius
merkurius

Nama planet yang pertama adalah Merkurius. Merkurius merupakan planet yang papling kecil dan planet terdekat dengan matahari. Kecerahan planet ini berkisae antara -2 sampai 5,5. Merkurius mirip dengan bulan. Mempunyai banyah kawah dan tidak mempunyai satelit alami. Merkurius mempunyai  inti besi yang bisa menciptakan medan magnet. Medan magnet mempunyai kekuatan  suhu permukaan dari merkurius yaitu 90 sampai 700 kelvin.

  1. Venus

planet venus
venus

Nama planet yang kedua adalah Venus. Venus merupakan planet terdekat yang kedua. Venus merupakan planet terpanas dan juga berbatu layaknya di bumi. Diameter venus 12.092 km dan massanya kurang lebih 81,5 % dari massa bumi.

  1. Bumi

bumi
bumi

Nama planet yang ketiga adalah Bumi. Bumi merupakan planet ketiga dari matahari. Bumi adalah planet terpadat dan terbesar dari delapan planet dalam tata surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian. Bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu .

Pada miliar tahun pertama kehidupan baru muncul di permukaannya. Bumi adalah tempatt tinggal bagi jutaan mahuk hidup. Wilayah bumi di huni manusia yang dikelompokkan menjadi 200 negara berdaulat. Bumi tergolong planet kebumian yang terdiri dari bebatuan. Dan kepadatannya tinggi.

  1. Mars

planet mars
mars

Nama planet yang ke empat adalah Mars. Planet mars merupakan planet urutan keempat dari matahari. Nama mars diambil dari dewa perang romawi. Planet ini sering dijuluki dengan planet merah, sebab warnanya yang kemerah-merahan.  Planet mars memiliki 2 buah satelit, yaitu phobos dan  deims. Planet mars mengorbit selama 687 hari i dalam mengelilingi matahari. Saat ini mars tidak mempunyai medan magnet.

  1. Yupiter

planet yupiter
yupiter

Nama planet yang ke lima adalah Yupiter. Yupiter merupakan planet terbesar di tata surya, yupiter memiliki cincin yang sangat  tipis, warnanya hampir sama dengan atmosfernya dan sedikit memantulkan cahaya matahari. Cincinnya terbentuk atas material yang gelap kemerah merahan. Material pembentuknya bukanlah dari es semacam saturnus melaiinkan bebatuan dan pecahan pecahan debu.

  1. Saturnus

planet saturnus
saturnus

Nama planet yang ke enam adalah Saturnus. Saturnus juga merupakan planet yang bercincin dan planet terbesar kedua di tata surya. Saturnus memiliki kerapatan yang rendah karena sebagian zat penyusunnya berupa gas dan cairan. Cincin saturnus sangat unik, terdiri atas beribu ribu cincin yang mengelilingi planet ini.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa cincin pada planet saturnus tidak mungkin terbuat dari lempengan padat sebab akan hancur oleh gaya sentriful. Bahan yang membentuk cincin saturnus sampai saat ini masih belum diketahui. Hingga 2006, saturnus diketahui memiliki 56 buah satelit alami. Tujuh diantaranya masih cukup masif untuk dapat runtuh berbentuk bola di bawah gaya gravitasinya sendiri.

  1. Uranus

planet uranus
uranus

Nama planet yang ke tujuh adalah Uranus. Uranus merupakan planet ketujuh dari matahari dan planet terbesar yang ketiga dan terberat keempat dalam tata surya. Dilihat dari bumi, cincin pada planet uranus kadang terlihat melingkari planet itu semacam sasaran panah dan satelit satelitnya mengelilingi  semacam jarum jarum jam. Komposisi uranus sama dengan neptunus dan keduanya mempunyai komposisi yang berbeda dari raksasa gas yag lebih besar yaitu jupiter dan saturnus.

Planet Uranus juga merupakan planet pertama yang ditemukan dengan memakai teleskop. Uranus jika dillihat dengan mata telanjang seperti lima planet klasik. Uranus mempunyai sistem cincin, magnetosfer sera banyak satelit alami.

  1. Neptunus

planet neptunus
neptunus

Nama planet yang ke delapan adalah Neptunus. Planet neptunus adalah planet terjauh kedelapan jika ditinjau dari matahari. Neptunus merupakan planet yang terbesar keempat menurut diameter dan terbesar ketiga menurut massa. Planet ini dinamai dari dewa lautan romawi. Neptunus memiliki diameter 49.530 km. Periode rotasi planet ini adalah 16,1 jam. Sedangkan revolusinya adalah 164,8  tahun. Neptunus ditemukan pada tanggal 23 september 1846. Neptunus juga merupakan planet pertama yang ditemukan melalui hitungan matematika.

Setelah perubahan yang tak terduga di orbit uranus membuat alexis bouvard berpendapat  bahwa kejadian tersebut diakibatkan oleh adanya gangguan gravitasi dari planet yang tidak dikenal. Selanjutnya neptunus diamati oleh johan galle dalam posisi yang  di prediksikan oleh urbain le verrier. Komposisi neptunus ini mirip dengan uranus.

Planet terbagi menjadi 2 kelompok yaitu planet luar dan planet dalam. Planet dalam terdiri atas Merkurius, Venus, Mars, dan Bumi. Sedangkan planet luar terdiri atas Yupiter, Uranus, Saturnus, dan Neptunus.

Planet luar adalah planet yang terletak diluar sabuk asteroid dilihat dari matahari. Sedangkan planet dalam adalah planet yang terletak antara matahari dengan sabuk asteroid.

berikut adalah ciri cirinya:

Ciri ciri planet luar

  1. Terbentuknya dari hidrogen dan helium.
  2. Memiliki cincin dan atmosfer yang tebal
  • Mempunyai banyak satelit

Ciri ciri planet dalam

  1. Terbentuknya dari batu dan logam
  2. Tidak memiliki cincin
  3. Memiliki sedikit satelit
  4. Memiliki permukaan yang padat

Karena planet memiliki lintasan maya yang berbentuk elips ynag dinamakan dengan orbit sehingga  tidak terjadi tabrakan. Semakin planet itu dari matahari maka orbit planet tersebut semakin panjang. Waktu yang diperlukan planet dalam satu kali revolusi disebut kala revolusi atau satu tahun planet.