nyeri kaki

Tumit Kaki Sering Terasa Nyeri? Inilah Penyebabnya Dan Cara Mengatasinya

Posted on

Tumit kaki adalah tulang terbesar yang ada di bagian kaki. Karena fungsinya juga setara dengan ukuran tulangnya. Yaitu menopang badan ketika berdiri atau berjalan. Jika erlalu sering berjalan melebihi kemampuan, dan memakai alas kaki yang salah atau tidak baik maka akibatnya adalah cedera pada bagian tumit.

Nah, cedera pada bagian tumit juga banyak variasinya, ada cedera ringan dan berat, bahkan tidak bisa berjalan saking tumitnya tersa sakit. Mengalami nyeri pada tumit akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Sehingga membuat kita tidak nyaman dalam masalah ini. Yuk kita cari tahu, apasih yang menyebabkan tumit bisa nyeri dan bagaimana cara mengobatinya? Di bawah ini membahas tentang penyebab tumit nyeri dan pengobatannya.

Penyebab tumit terasa nyeri

  • Plantar fascitis

Plantar fascitis merupakan jaringan yang memiliki sifat tebal dan fleksible yang menghubungkan tulang tumit dengan tulang lain di telapak kaki. Plantar facitis memiliki fungsi sebagai penyerap benturan akibat peradangan.

Biasanya plantar fascitis terjadi pada atlet pejalan kaki atau jogging. Dan disebabkan karena memakai sepatu yang tidak sesuai, seperti permukaan ang keras atau bergerigi.

  • Taji tulang tumit

Taji tulang merupakan pertumbuhan tulang terluar tumit yang berlebihan, dan tumbuh dengan permukaan yang kasar. Biasanya terjadi pada saat jogging atau pada orang yang obesitas.

  • Achilles Tendinitis

Achilles tendinitis adalah peradangan yang terjadi pada tendo achilles, yang merupakan jaringan yang melebar di sepanjang kaki bagian tumit dan menghubungkan tulang tumit dengan otot betis. Biasanya terjadi pada atlet profesional, penari, atlet pejalan kaki (jogging) dan orang dengan gaya hidup yang sering berjalan.

  • Pronasi Belebihan

Maksudnya yaitu kondisi kaki yang melengkung ke dalam, sehingga ligamen dan tendon bagian belakang tumit akan merenggang. Hal tersebut dapat terjadi ketika orang mengalami cedera tulang belakang, lutut atau pinggul, sehingga mengubah cara berjalan seseorang.

Walaupun biasanya mengalami keluhan ringan, tapi jika gejala-gejala tumit nyeri yang ada di bawah ini sudah terjadi supaya segera hubungi dokter.

  • Sakit tumit yang parah
  • Sakit tumit secara tiba-tiba
  • Sakit tumit yang sudah berminggu-minggu
  • Neuropati perifer atau rasa kesemtan pada kaki, karena bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan saraf kaki.
  • Pembengkakan pada tumit atau radang sendi
  • Tumit sakit sehingga tidak bisa berjalan

Cara pengobatan terhadap tumit yang sakit atau nyeri

  1. Mengistirahatkan kaki ketika merasa lelah. Hindari berjalan kaki jarak jauh, dan berdiri jangka panjang. Karena mengakibatkan tumit nyeri sebab terlalu lama menopang tubuh.
  2. Mengganti alas kaki. Pakailah sepatu yang alasnya rata dan lunak. Dan hindari high-heels dan sandal refleksi.
  3. Menggunakan obat pereda rasa nyeri.
  4. Menerapkan kompres es pada tumit selama 10 – 15 menit. Dalam waku 2 kali sehari.
  5. Memakai belat malam atau bida. Yaitu perangkat khusus untuk mempertahankan posisi kaki ketika dalam posisi tidur.
  6. Menggunakan obat kortikosteroid. Yaitu obat yang memiliki efek antiradang yang kuat.

Cara mencegah terjadinya nyeri pada tumit

  • Memakai sepatu yang sesuai dan nyaman untuk kaki.
  • Menjaga berat badan ideal. Karena orang yang memiliki berat badan yang berlebih tekanan dan peregangan kaki juga bertambah. Dan akan membuat jaringan pada kaki lebih mudah cedera.
  • Merengangkan otot sebelum olahraga atau pemanasan.
  • Mengistirahatkan kaki ketika merasa lelah atau ketika otot-otot kaki mulai terasa sakit.
  • Jangan terlalu lama berjalan dan berdiri.

Pengobatan Plantar Fascitis itu cukup lama, maka dari itu kita supaya berhati-hati dalam beraktivitas. Cukup sekian pembahasan mengenai nyeri tumit. Semoga bermanfaat.