Tradisi Unik Indonesia

6 Tradisi Unik Indonesia Yang Mencengangkan

Posted on

Tentu kalian sudah tau kalau negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Indonesia memiliki bannyak etnis, suku dan juga kepercayaan. Indonesia memiliki ciri khas tersendiri disetiap daerahnya. Termasuk juga tradisi unik yang dimiliki setiap daerah atau biasa disebut upacar adat.

Adanya upacara dan adat istiadat yang unik ini pasti membuat kita bangga sebagai warga negara Indonesia. Penasaran tradisi unik yang ada di Indonesia? Jangan khawatir kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tradisi unik Indonesia yang mencengangkan.

Gigi runcing (suku Mentawai)- Kalimantan.

Tradisi Unik Indonesia
Tradisi Unik Indonesia

Suku Mentawai merupakan salah satu suku asli dari Kalimantan. Bagi suku Mentawai wanita cantik adalah wanita yang dapat memenuhi 3 kriteria. Kriteria tersebut diantaranya, Mempunyai telinga yang panjang, tubuhnya dihiasi oleh tato dan yang terakhir adalah mempunyai gigi yang runcing. Tradisi ini diyakini mampu menambah kecantikannya seorang wanita.

Ritual Tiwah- Kalimantan Tengah.

Tradisi Unik Indonesia
Tradisi Unik Indonesia

Tradisi ini dilakukan khusus hanya untuk orang yang sudah meninggal lama. Biasanya upacara ini di gunakan orang suku Dayak untuk mengantar tulang orang yang sudah meninggal untuk dibawa ke sebuah rumah. Tujuan dari upacar tilawah adalah untuk meluruskan jalan jenazah menuju surge atau di sebut juga Lewu Tatau. Selain itu, salah satu alasan dari upacara ini adalah untuk membuang kesiangan terhadap keluarga yang di tinggalkan.

Tradisi Potong Jari- Papua.

Tradisi Unik Indonesia
Tradisi Unik Indonesia

Tradisi ini dilakukan oleh orang suku Dani. Tradisi ini dilakukan untuk menunjukkan kesedihan karena di tinggal oleh salah satu anggota keluarga. Namun, tradisi potong jari ini sudah banyak ditinggali oleh orang suku Dani. Karena, tradisi ini terbilang cukup ekstrim.

Tradisi potong jari mempunyai arti yang dalam bagi masyarakat suku dani. Tradisi ini sebagai simbol kerukunan, keatuan dan juga sebagai simbol kekuatan dalam diri manusia atau sebagai sebuah keluarga.

Dugderan- Semarang.

Tradisi Unik Indonesia
Tradisi Unik Indonesia

Tradisi ini telah dilakukan sejak dlu sebagai tanda bulan puasa telah tiba. Salah satu ciri khas dari tradisi ini adalah arak- arak warak ngendok.  Warak ngendok ini merupakan bintang rekaan yang berbentuk kambing dan berkepala naga serta memiliki kulit sisik emas.

Kebo- Keboan- Banyuwangi.

Tradisi Unik Indonesia
Tradisi Unik Indonesia

Ritual ini diadakan setahun sekali tepatnya setiap tanggal 10 Suro atau 10 Muharam di desa Alasmalang, Singojuruh, Banyuwangi. Dalam tradisi ini beberapa laki- laki diharuskan untuk berendam menjadi kerbau dan berkorbanuntuk membajak sawah. Setelah selesai membajak sawah kebo- keboan diarak mengelilingi desa disertai dengan karnaval kesenian dari rakyat. Tujuan dari ritual ini adalah meminta hujan ketika musim kemarau.

Tradisi Adu Betis- Sulawesi Selatan.

Tradisi Unik Indonesia
Tradisi Unik Indonesia

Di Indonesia sebagian besar masyarakatnya adalah seorang petani. Sehingga banyak sekali daerah- daerah di Indonesia yang mempunyai tradisi untuk mensyukuri musim panen. Salah satunya yah, tradisi adu betis. Tradisi adu betis dilakukan lewat sebuah permainan Malanca. Dalam tradisi ini para pemuda diharuskan mengeluarkan kekuatannya agar bisa mengikuti tradisi ini.

Itulah 6 tradisi Indonesia yang mencengangkan, bahkan bisa dibilang mengerikan. Namun, seiring berjalannya zaman tradisi- tradisi tersebut hanya di lakukan oleh bebrapa orang saja.

Kita sebagai warga Indonesia patut bangga dan bersyukur. Karena negara kita banyak memiliki keanekaraman suku, budaya, agama, bahasa dan sebagainya. Jadi, apakah anda penasaran dan ingin menyaksikan tradisi unik Indonesia tersebut?