Tips Mengatasi Kucing Yang Diare
Tips Mengatasi Kucing Yang Diare

Tips Ampuh Mengatasi Diare Kucing. Wajib Dicoba!

Posted on

Hai, guys! Bagi kalian para pecinta hewan peliharaan khususnya kucing, pasti tidak ingin kan, kalau hewan peliharaan kalian terkena penyakit? Salah satu penyakit yang kucing yang membuat pemiliknya khawatir adalah penyakit diare. Salah satu ciri- ciri kucing yang terkena diare adalah gangguan pada usus yang di tandai oleh kotoran kucing yang lebih encer dan meningkatnya frekuensi buang air besar yang berlebihan.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatsi diare ada kucing, yaitu dengan memberikan oralit. Oralit yang diberikan adalah oralit khusus untuk kucing, jangan oralit untuk manusia karena kalua salah memberikan oralit diare kucing dapat bertambah parah.

Cara lain yang bisa kalian lakukan adalah dengan selalu menjaga kebersihan kucing dan jugaa kebersihan kandangnya. Kali ini kami akan memberikan beberapa penyebab dan tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi kucing yang sedang diare.

Penyebab Kucing Diare.

Ketika kucing peliharaan terkena diare, kalian harus mencari tahu, apasih yang penyebabnya sampai si meong terkena diare. Jika diare si meong dibiarkan takutnya si meong akan terkena diare akut.

Tips Mengatasi Kucing Yang Diare
Tips Mengatasi Kucing Yang Diare

Ada beberapa makanan yang menjadi factor lain kucing terkena diare. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengganti makanan yang biasa kalian berikan, tapi kalian harus melakukannya secara perlahan dan juga hati- hati. Apabila kalian salah memilih maka kan berdampak pada kesehatan si meong. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menyebabkan si meong terkena diare.

Jens- jenis Makanan Yang Menyebabkan Diare Kucing.

Makanan Sisa.

Hal terpenting adalah kalian jangan sampai telat untuk memberikan makan pada si meong, karena jika telat si meong akan keluar rumah dan mencari sisa- sisa makanan di tempat sampah. Hal inilah yang menjadi pemacu terganggunya saluran pencernaan si meong dan membuat si meong terkena diare.

Minum Air Yang Tidak Higenis.

Air yang tidak higenis tidak hanya didapat si meong dari luar rumah, ternyata dari dalam rumah pun bisa, misalnya si meong meminum air WC atau bahkan air bekas cucian. Jika kucing suka meminum air sembarangan selain diare bisa saja kucing keracunan. Jadi alangkah baiknya jika kalian memberikan batas untuk area kucing jangan sampai si meong meminum air sembarangan baik di dalam maupun di luar rumah. Ok!

Sayuran Yang Belum Dicuci Bersih.

Sayuran atau buah- buahan juga bisa diberikan pada si meong untuk variasi makanannya, namun harus tetap memperhatikan kebersihannya, jika sayur atau buah yang diberikan tidak bersih dapat menyebabkan pencernaan si meong terganggu dan akhirnya si meong terkena diare. Jadi, sebelum memberikannya pada kucing jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu, yah!

Pemilihan Produk Susu Sembarangan Atau Kurang Tepat.

Pemilihan susu yang sembarangan dapat menyebabkan kucing terkena diare. Karena ada beberapa susu baik itu untuk hewan maupun untuk manusia yang mengandung laktosa. Laktosa ini tidak dapat dicerna dengan baik oleh si meong, sehingga pencernaan si meong akan terganggu dan menyebabkan si meong terkena diare.

Tips Mengatasi Kucing Yang Diare
Tips Mengatasi Kucing Yang Diare

Jika kucing terkena diare maka nafsu makannya akan berkurag. Yang dapat kalian lakukan untuk mensiasati hal ini adalah dengan cara tetap memberinya makan namun porsi yang dikurangi. Apabila kucing terkena diare hingga satu minggu, bisa dikatakan si meong mengalami diare akut.

Tips Mengatasi Kucing Yang Terkena Diare.

Tips Mengatasi Kucing Yang Diare
Tips Mengatasi Kucing Yang Diare

Memberikan Cairan Oralit Khusus hewan.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi diare kucing, namun cara yang cukup ampuh adalah dengan memberikan cairan oralit hewaan, agar diarenya tidak bertambah parah.

Sebenarnya obat ini diberikan untuk meredakan dehidrasi dan tidak bisa menghentikan buang air besar yang berlebihan. Tips lainnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan baik tubuh si meong maupun kandang si meong.

Memberikan Multivitamin Untuk Kucing.

Multivitamin tidak hanya diberikan untuk manusia, ternyata kucing juga bisa. Namun, dengan multivitamin tersendiri yang khusus untk kucing. Selain untuk menjaga kekebalan tubuhnya si meong, multivitamin ini juga dapat membantu si meong untuk melawan virus yang menyebabkandiare.

Memberikan makanan Dengan Tempe.

Tempe merupakan salah satu makanan manusia yang ampuh untuk mengatasi diare kucing. Agar kucing mau memakan tempe, kalian harus memasaknya terlebih dahulu barulah diberikan kepada si meong.

Sebagai pemiliknya kalian dapat memberikan multivitamin pada kucing agar kekebalan tubuhnya tetap terjaga. Kalian juga bisa memberikan obat cacing (adsorben) barang kali saja kucing diare karena cacingan.

Mencoba Mengganti Makanan Yang Diberikan.

Mengganti makanan adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan, bisa saja kucing diare karena tidak cocok dengan makanan yang kalian berikan. Namun, saat hendak mengganti makanannya gantilah secara perlahan dan sedikit demi sedikit agar kucing terbiasa dengan makanan yang baru.

Sementara Mempuasakan Kucing.

Tujuan dari mepuasakan kucing adalah untuk menetralisir pencernaan kucing, tapi jangan sampai kucing dibiarkan lama tidak makan, yah. Karen ajika kucing tidak mau makan itu akan berakibat buruk untuk kesehatan si meong.

Durasi puasa yang diberikan untuk kucing dewasa adalah kurang lebih 24 jam, namun tetap memberikannya air putih. Sedangkan untuk anak kucing, durasi puasa yang diberikan adalah 12 jam.

Menjaga Kebersihan Kandang.

Apabila si meong terkena diare, cobalah dengan selalu menjaga kebersihan kandangnya. Kotoran yang ada dikandang kucing akan menyebabkan kucing lebih tidak sehat selain itu pnyakit kucing juga akan bertambah parah.

Jika dirasa kucing mencret disertai darah, kotoran yang dikeluarkan banyak dan berwarna hijau pucat, dehidrasi berat, lemas dan kucing terlihat sangat loyo bahkan diarenya lebih dari satu minggu, maka kalaina harus segera membawa si meong ke dokter hewan dan memeriksakannya.

Naaahh.. itulah penyebab dan juga beberapa tips untuk mengatasi diare kucing. Penyebab dan tips ini juga berlaku untuk semua jenis kucing, yah! Tidak hanya untuk kucing jenis mahal saja. Semoga informasi ini bisa bermanfaat yah. Aminn.