kulit berminyak

Tips Ampuh Antuk Mengatasi Kulit Berminyak Secara Alami

Posted on

Kulit wajah berminyak mungkin akan menjadi masalah buat kita. Karena akan terlihat kusam yang menjadikan kita tidak percaya diri. Tampilan kulit wajah yang berminyak juga akan menimbulkan pemandangan yang kurang enak di pandang. Ditambah lagi kalau ada jerawat di sekitar wajah. Karena jerawat akan timbul jika wajah memiliki minyak yang berlebih. Nah jika wajah memiliki minyak yang berlebih maka kotoran, debu, dan polusi akan sangat mudah untuk menempel pada kulit wajah, dan menimbulkan jerawat deh.

Sebenarnya minyak itu diproduksi oleh kulit, tapi ada beberap orang yang produksi minyaknya terlalu berlebihan, sehingga wajah akan selalu terlihat berminyak dan kusam. Kulit wajah berminyak itu di hasilkan oleh sebum.

Mungkin sebagian orang mengatasi kulit berminyak dengan cara memakai beberapa produk kecantikan. Akan tetapi produk kecantikan juga mengandung bahan kimia. Jika kamu tidak bisa memilih produk kecantikan dengan tepat maka akan timbul beberapa masalah di kulit wajahmu.

Seperti berminyak, berjerawat, kering, dll. Jadi lebih baik kamu menggunakan perawatan yang alami-alami aja. Nah di bawah ini ada beberapa cara mengatasi kulit berminyak secara alami. Tapi sebelum kita membaca tips mengatasi kulit berminyak. Terlebih dahulu kita pelajari dari penyebab kulit wajah berminyak.

Penyebab kulit berminyak yaitu

  • Fluktuasi hormon dan perubahan hormon

Dengan fluktuasi hormon atau kelebihan hormon, maka kelenjar sebasea akan memproduksi sebum. Bisa juga terjadi karena pengaruh faktor genetik. Yaitu saat sedang pra menstruasi atau stres. dan juga bisa dikarenakan perubahan hormon di dalam tubuh. Yaitu yang biasanya kulit kalian kering atau normal, tiba-tiba berubah menjadi berminyak.

  • Faktor lingkungan cuaca

Perubahan lingkungan atau pergantian cuaca juga bisa memicu untuk memproduksi minyak pada wajah yang berlebih. Saat cuaca sedang panas, kulit kita akan mudah berkeringat dan berminyak. Bahkan jika kita suka memakai make-up, makeup kita jadi luntur. Sehingga kita harus mengatasi kulit berminyak dengan cara rutin untuk membersihkan wajah.

  • Stres

stres

Ketika kita sedang mengalami stres, maka kondisi tubuh akan terganggu, bahkan kulit wajah pun akan bermasalah. Karena kektika kita mengalami stres maka kulit akan memproduksi hormon androgen secara berlebih. Dan mengakibatkan kulit wajah berminyak secara berlebih. Maka jagalah kesehatan, terutama kesehatan pikiran kamu, karena menjadi pengaruh juga untuk kecantikan kulitmu.

  • Memakai produk kecantikan yang salah

produk yang salah

Sebaiknya kalian sebelum memakai skincare atau produk kecantikan. Terlebih dahulu kenali jenis kulit wajahmu. Karena sangat berpengaruh jika memakai produk yang salah atau tidak sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Yaitu kulit akan menimbulkan penolakan dengan cara mengeluarkan minyak yang berlebih. Dan juga jangan memakai make-up yang berlebih karena akan menyebabkan kulit wajah mudah berminyak.

  • Pola makan

Pola makan juga harus dijaga. Kurangilah makanan yang mengandung banyak lemak, seperti makanan yang pedas, berminyak, makanan cepat saji, produk olahan dan produk yang ada pemanisnya. Karena makanan tersebut akan menyebabkan kulit wajah berminyak. Konsumsilah buah-buahan dan sayur-sayuran sebagai ganti dari makanan yang mengandung banyak lemak.

Setelah mengetahui penyebabnya kulit wajah yang berminyak. Di bawah ini ada beberapa tips yang ampuh untuk mengatasi kulit berminyak scara alami.

Cara mengatasi kulit berminyak

  1. Rutin membersihkan wajah
membersihkan wajah

Hal ini adalah hal yang mudah untuk kita lakukan. Tapi banyak orang yang belum rutin untuk membersihkan wajahnya. Bersihkanlah wajah kamu menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kulitmu. Minimal 2 kali sehari lah untuk membersihkan wajah. Yaitu sebelum beraktivitas dan sesudah beraktivitas yaitu sebelum tidur.

Bisa juga membersihkan wajah menggunakan air hangat. Karena menggunakan air hangat akan membuka pori-pori sehingga minyak yang ada pada wajah berkurang secara signifikan. Dan juga setelah memakai make-up, kamu harus membersihkan wajahmu. Supaya make-up yang ada di wajahmu tidak menyebabkan masalah pada kulitmu.

  1. Lemon
lemon

Lemon dapat membantu mengatasi kulit wajahmu yang berminyak. Yaitu dengan perasan lemon yang dioleskan pada wajah. Karena lemon akan membantu membatasi minyak berlebih yang ada pada wajah. Nah dengan memakai perasan lemon secara teratur maka minyak yang ada pada kulit wajah kamu akan berkurang.

  1. Putih Telur

Oleskan putih telur di wajahmu, maka akan membantu menghilangkan kulit berminyak. Caranya dengan mengocok putih telur, kemudian oleskan kocokan putih telur di wajahmu. Diamkan sampai putih telur mengering. Lalu bersihkan wajah dengan air hangat. Gunakanlah kocokan putih telur ini sehari dua kali, untuk memberikan hasil yang optimal.

  1. Apel
apel

Buah ini bisa mengatasi kulit berminyak karena Anti-septiknya memiliki fungsi untuk membersihkan sel kulit mati. Sehingga minyak yang menumpuk pada wajah akan berkurang atau bahkan hilang. Caranya cukup mudah yaitu dengan memarut halus buah apel kemudian pakailah sebagai masker wajah.

  1. Mentimun
mentimun

Mentimun mengandung banyak vitamin dan mineral yang membuat kesegaran wajah dan menutupi kulit kusam. Selain digunakan menjadi masker mata mentimun juga bisa sebagai masker wajah untuk menghilangkan minyak di wajah. Caranya iriskan tipis-tipis kemudian tempelkan pada seluruh wajah. Kemudian diamkan selama 30 menit, tapi lebih maksimal masker ini digunakan saat malam hari supaya terserap lebih banyak. Kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Tomat
tomat

Tomat memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Yaitu kandungan lycopine yang ada pada tomat mampu untuk menangkal radikal bebas. Dan wajah menjadi terlihat cerah berseri dan tidak berminyak. Cara pemakaiannya yaitu dengan mengahancurkan tomat sampai halus, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit atau sampai kering. Dan bilas dengan air bersih.

  1. Lidah buaya
lidah buaya

Lidah buaya juga mengandung banyak manfaat. Seperti mampu untuk mencerahkan kulit dan mampu untuk menyerap minyak berlebih pada wajah. Caranya mudah yaitu dengan mengambil gel yang ada pada lidah buaya. Kemudian oleskan secara merata pada kulit wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Bilas hingga bersih.

  1. Cuka apel

Cuka apel juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Dan berfungsi sebagai toner alami untuk kulit wajah. Cara menggunakannya mudah saja, yaitu campurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air. Lalu celupkan kapas dan oleskan pada wajahmu.

  1. Baking soda

Baking soda berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada wajah dan mengatur produksi minyak di kulit. Bahkan mampu untuk menjaga kadar pH kulit. Caranya yaitu buatlah pasta baking soda. Kemudian oleskan secara merata pada wajah. Bilas menggunakan air bersih.

  1. Alpukat
alpukat

Buah alpukat selain enak untuk dibuat jus, alpukat juga kandungan vitamin C nya berguna untuk mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari. Dan juga alpukat mampu untuk mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah. Caranya haluskan buah alpukat sampai lembut. Kemudian oleskan pada seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.