tanaman hias daun
tanaman hias daun

Tanaman Hias Daun yang perlu Diketahui

Posted on

Tanaman Hias Daun yang Perlu Diketahui

Hay sahabat pembaca setia jempol tangan dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang macam-macam tanaman hias. Tanaman hias daun adalah tanaman yang banyak digemari orang tapi tidak semua orang suka dengan tanaman hias. Karna, biasanya orang malas terhadap tanaman hias itu ketika merawatnya.

Tanaman hias itu bisa kita gunakan untuk menghidupkan suasana rumah yang terlihat gersang, atau untuk anda yang tidak suka cat rumah berwarna-warni, nah anda bisa gunakan tanaman hias ini untuk membuat rumah anda terlihat lebih cerah dan hidup.

Selain untuk penghijauan dan warna tanaman hias daun ini juga bisa anda gunakan sebagai aksesoris rumah anda untuk menambah keindahan rumah atau taman anda. Adapaun jenis tanaman yang sering digemari oleh masyarakat adalah tanaman hias daun karna, meiliki keindahan terhadap daunnya.

Khususnya di indonesia tanaman jenis seperti ini sangat populer, bahkan ada juga tanaman yang harganya sampai puluhan ratus, tapi itu tergantung pada keunikan bentuk daun dan keindahan daun tersebut. Simak berikut beberapa macam tanaman hias daun:

Tanaman Hias Kuping Gajah

tanaman hias daun
tanaman hias daun

Tanaman kuping gajah merupakan tanaman atau bisa juga disebut bunga yang sangat familiar atau sering dijumpai dikalangan masyarakat dan sudah sering dipajang didepan rumah masyarakat. Jadi, sahabat disini tidak asing lagi dengan bunga atau tanaman hias kuping gajah, mungkin asingnya terhadap namanya.

Tanaman ini termasuk dalan tanaman tropis jadi cocok untuk ditanam di indonesia, tapi tanaman ini bila ditaruh dibawah sinar matahari dengan waktu yang cukup lama tanaman ini akan mudah layu. Tanaman ini termasuk spesies Anthurium nama ilmiahnya adalah Anthurium Crystallinum. Yang menarik dari tanaman ini adalah bila kita pahami dari bentuknya yang unik.

Tanaman ini disebut kuping gajah karna dari daunnya yang lebar dan luas dan terlihat tidak seimbang karna dari tangkai yang kecil dan memanjang. Warna hijau daun yang gelap seperti beludru, dan daunnya yang berpola hijau keputihan yang berwarna perak.

Tanaman ini termasuk tanaman yang mudah tumbuh, karna bisa ditanam diluar halaman dan ditanam didalam ruangan. Karna, tanaman ini akan tetap menampilkan keindahannya walaupun ditaruh di dalam ruangan. Tanaman ada beberapa macam jenisnya yaitu:

  • Kuping gajah Cristallinum
  • Kuping gajah Clarinervium
  • Kuping gajah Nikki
  • Kuping gajah Papillilaminum
  • Kuping gajah Regale

Tanaman Hias Suplir atau Adiantum

tanaman hias daun
tanaman hias daun

Tanaman suplir ini memiliki jenis yang sangat banyak dan varietes. Namun tanaman ini memiliki tampilan yang sangat cantik karna dari bentuk daunnya dan memberikan suasana sejuk disekitarnya. Tanaman ini termasuk tanaman yang agak sulit untuk dipelihara karna tanaman ini membutuhkan lingkungan yang lembat dan juga udara yang bersih.

Tanaman ini menyukai tanah yang gembur yang kaya akan bahan organik (humus). Pemupukan yang lebih tinggi dia sukai adalah pemupukan dengan kadar nitrogen. Tanaman ini atau habibatnya aslinya berada dipinggir-pinggir sungai yang dinaungi oleh pohon yang rindang yang sejuk.

Pemeliharaan tanaman ini harus diperhatikan ketika penyiraman karna, kalo sudah daun sudah kering tanaman ini akan sulit untuk diperbaiki walaupun sudah disiram. Karna, tanaman ini tidak memerlukan banyak air pokoknya disekitar tanaman ini lembab (tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering).

Kalo bisa tanaman ini disiran dengan air hujan, tapi bila tidak ada menggunakan air biasa juga tidak apa. Tapi, ketika telah datang musim kemarau sebaiknya berikan mos yang basah disekitarnya. Hal ini untuk menjaga kelembapan pada tanaman.

Penanganan ketika tanaman atau daunnya ada yang kering buang seluruh ental yang kering hingga dekat rizoma dan memberi sedikit media tumbuh tambahan. Dalam kurun waktu tunas yang baru akan tumbuh.  Adapun jenis tanaman suplir atau adiantum ada banyak yaitu:

  • Adiantum abscissum
  • Adiantum aculeolatum
  • Adiantum gingkoides
  • Adiantum glaziovii
  • Adiantum platyphyllum
  • Dan lain-lain

Tanaman Hias  Daun Aglaonema

tanaman hias daun
tanaman hias daun

Tanaman ini termasuk tanaman yang lambat tumbuhnya karna tanaman ini membutuhkan pemupukan yang teratur. Tapi, tanaman ini memiliki kelebihan yaitu dia dapat tumbuh di kondisi cahaya yang minim. Di Benua Eropa kelebihan tanaman yang lambat pertumbuhannya, toleransi terhadap tanaman ini adalah naungan sehingga bisa diletakkan didalam udara ruangan.

Tanaman ini mempunyai ciri daun yang besar, pada spesies yang muda tidak memiliki batang, sedangkan yang sudah memiiliki batang yang pendek bekas tangkai daun yang gugur. Adapun jenis tanaman ini yaitu:

  • Aglaonema pictum, yaitu memiliki daun yang kecil dan berbintik-bintik permukaannya seperti beludru
  • Aglaonema nitidum, yaitu memiliki daun yang besar berwarna hijau
  • Aglaonema modestum, yaitu jenis variegata
  • Aglaonema commutatum, yaitu mempunyai daun yang tebal dan bergaris-garis horizontal berwarna perak
  • Aglaonema pseudobractearum atau Golden Evergreen, yaitu mempunyai daun yang memiliki bercak kuning, putih tulang dan hijau tua
  • Aglaonema commutatum silverspear, yang memiliki daun yang keseluruhan daun didominasi dengan warna hijau keperakan. Aglaonema jenis ini memiliki varietas yang menarik dengan hibrida-hibridanya adalah A. Silverqueen dan A. Silverking.

Adapun tips perawatannya adalah dengan cara,

  • Suhu hangatnya, minimal 60 F
  • Cahayanya ½ penuh, dan hindarkan dari sinar matahari langsung
  • Siram air secara teratur
  • Pergantian media kurang lebih 3 tahun sekali

Tanaman Hias Daun Keladi Red Star (Caladium Bicolor)

tanaman hias daun
Caladium bicolor Red Flash

Tanaman ini hampir sama dengan tanaman hias daun kuping gajah, tanaman ini mempunyai tampilan yang sangat cantik karna dari daunnya yakni pada urat daunnya yang berbentuk bintang dan berwarna merah cerah. Selain daunnya berwarna merah tangkainya juga berwarna kemerahan dan belang hitam yang menjadikan tanaman ini menjadi terlihat lebih eksotis.

Tanaman keladi ini teramsuk tanaman yang mudah ditanam, tapi media tanamnya gunakan sekam atau cocopeat agar akarnya bisa menjalar, karna kalo pakai tanah akarnya sulit untuk mejalar. Tanaman ini mudah berkembang asalkan dijaga kelembapannya, lakukan penyiraman sehari sekali setiap pagi atau sore.

Tapi, ketika penyiraman diarahkan tepat medianya langsung jangan didaunnya saja. Karna, menjaga media tetap basah akan membuat daun keladi menjadi tumbuh semakin lebar dan cantik, selain itu warnanya akan bertambah merah atau bertambah kuat. Asalnya tanaman ini berasal dari hutan brazil, namun sekarang sudah tersebar kepenjuru dunia.

Tanaman ini memiliki tujuh jenis, tapi semuanya berasal dari hutan brazil hingga amerika tengah. Ketika musim kemarau tanaman ini kehilangan daunnya tapi ketika musim hujan tanaman ini akan tumbuh daunnya. berikut jenis-jenisnya:

  • Caladium bicolor
  • Caladium humboldtii
  • Caladium lindenii
  • Caladium paradoxum
  • Caladium schomburgkii
  • Caladium ternatum

Tanaman Hias Daun Paku Tanduk atau Simbar Menjangan (Platycerium)

tanaman hias daun
tanaman hias daun

Tanaman hias paku panduk ini merupakan termasuk sekumpulan tumbuhan paku yang sering dijadikan tanaman hias. Tanaman ini dikelompokkan dalam genus platycerium, yanf terdiri dari 18 jenis. Tapi, di indonesia hanya 5 jenis paku tanduk yang asli dari indonesia yaitu:

  • Platycerium bifurcatum
  • Platycerium coronarium
  • Platycerium ridleyi christ
  • Platycerium wamdae Racib
  • Platycerium willincki T. Moore

Tanaman ini sering disebut dengan simbar menjangan karna, bisa dijumpai disekitar hutan tropis alam liar. Tanaman ini biasanya menggantungkan diri pada pohon yang manfaatnya untuk memperindah penampilan pohon. Tanaman ini sangat suka tempat yang teduh yang mana tempat yang tidak terkena sinar matahri langsung. Tanaman ini memiliki ciri khas yaitu daari bentuk daunnya. Daun simbar menjangan ini memiliki dua jenis daun yaitu:

  1. Steril dan berbentuk perisai tegak atau bonggol (mandul),daun ini mempunyai kelebihan yaitu ketika kekurangan air dia akan mengumpulkan dedaunan kering dan menangkap air kelembapan tanaman terjadi dengan baik.
  2. Fertil dan daun yang menjuntai dari pusat yang mempunyai bentuk menyerupai tanduk rusa dan daunnya sporofil (karna daunnya ini mempunyai spora sebagai alat perkembangbiakannya).

Tanaman Hias Daun Dieffenbachia

Pasti tanaman ini tidak asing lagi buat kita karna, tanaman ini sering dibuat jual beli oleh tanaman hias. Tanaman ini sering disebut dengan tanaman bahagia atau bunga bahagia dan juga tanaman ini termasuk tanaman yang mudah dirawat dan diperbanyak. Tanaman ini memiliki kelebihan yaitu ketika ditaruh didalam ruangan dalam jangka waktu yang panjang tapi juga perlu ditaruh diruang terbuka.

Adapun warna tanaman ini cenderung gelap apabila diletakkan didalam ruangan jadi, tanaman ini bisa dijadikan tanaman hias didalam ruangan. Tanaman ini juga memiliki kelebihan juga yaitu bisa menyerap udara yang bersifat beracun. Oleh karna itu, tanaman ini bagus untuk diletakkan didalam ruangan.

Menanam diluar halaman juga bermanfaat untuk membantu mengurangi gas polutan yang ada disekitar rumah. Tapi, kamu juga harus berhati-hati karna getahnya sangat berbahaya bisa menyebabkan gatal dan juga kejang pada bibir dan lidah. Walaupun efeknya hanya sebentar tapi ini bisa menyebabkan syok dan kematiankarna gangguan pernapasan.

Tanaman Hias Daun Saka Asparagus Plumosus

Mungkin ketika anda mendengar nama ini seperti nama sayur tapi ternyata tanaman ini termasuk tanaman hias yang termasuk keluarga asparagus plumosus. Tanaman ini biasa ditemukan disekitar kolam atau sungai karna, tanaman ini suka kelembapan dan sangat menyukai air. Daun ini hampir berbentuk semak hijau yang dipenuhi dengan daun-daun kecil  yang berwarna hijau yang runcing.

Tanaman ini termasuk jenis tanaman paku karan memiliki daun lebat yang berbentuk seperti jarum halus dengan balutan bunga yang indah pada tanaman saka asparagus plumosus yang akan memepercantik tampilan tanaman sehingga pas untuk hiasan rumah anda. Tanaman ini termasuk tanaman yang bisa digunakan untuk hiasan dalam ruangan.

Mungkin inilah beberapa tanaman hias yang saya bahas untuk sahabat pembaca jempol tangan yang bisa mempercantik rumah anda baik didalam ruangan atau diluar ruangan. Sebenarnya masih banyak lagi macam-macam tanaman hias daun yang perlu anda ketahui. Demikian informasi dari saya tentang tanaman hias daun ini bila ada kesalahan dan penulisan kata say minta maaf yang sebesar-besarnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dipraktekkan dirumah anda. Sekian. Terima kasih!