Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat
Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat

Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat!

Posted on

Tahukah anda, bagaimana sejarah terbentuknya sungai amazon? Menurut suku setempat sungai amazon ini terbentuk karena menjadi lintasan ular besar yang bernama sucuriju gigante. Sucuriju gigante adalah seekor ular besar yang bernama anakondo raksasa dan ular ini hidupnyadi sungai amazon.

Karena turun hujan lebat sehingga lintasan ular raksasa tadi menjadi berlumpur. Ada sebuah lumpur yang sering dilewati ular raksasa dan akhirnya lumpur itu bertambah besar dan bertambah dalam, serta memiliki ukuran yang paling panjang. Naaah… Itulah sejarah terbentuknya sungai amazon berdasarkan pernyataan dari suku setempat.

Sungai amazon merupakan sungai terpanjang ke-2 di dunia dan merupakan sungai yang yang memiliki total aliran air terbesar dibandingkan sungai manapun. Pada musim hujan sungai amazon melepaskan air tawar sangat besar ke Samudra Atlantik yaitu sekitar 184.000 m3/ detik (6,5 juta kaki3).

Sungai amazon mengambil air dari koordinat 5o LU sampai 20o LS. Ditemukan sumber terjauh sungai amazon berada di dataran tinggi inter- Andes, jarak cukup dekat dengan Samudra Pasifik, setelah itu menempuh jarak 7.200 km melalui pedalaman Peru dan juga melewati Brasil, dan akhirnya ia masuk ke Samudra Atlantik di Katulistiwa.

Sungai amazon juga dikelilingi oleh hutan. Hutan amazon ini menjadi huta hujan terluas di muka bumi yaitu dengan luas 2,7 juta mil persegi. Di dalam hutan amazon hidup beberapa spesies hewan dan tumbuhan langka. Pada tahun 1999 sampai tahun 2009 tercatat ada 637 tanaman, 257 ikan, 216 amfibi, 55 reptil, 16 burung, dan 39 mamalia yang ditemukan di sekitar amazon. Selain di sekitar amazon, ada juga lho beberapa hewan yang hidup di dalam sungai amazon, penasaran? Mari simak ulasan kami berikut ini!

Anaconda Hijau.

Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih dekat
Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat

Anaconda hijau atau ada yang menyebutnya Boa air merupakan ular terbesar yang hidup di sungai amazon. Ular ini memiiki nama latin Eunectas Murinus. Ular jenis ini merupakan ular terbesar di dunia dengan jumlah populasi yang masih banyak.

Panjang ular ini bisa mencapai 17 kaki dengan berat mencapai 250 kg.  Meskipun demikian, masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai amazon percaya kalau ada spesies ular yang lebih besar daripada anaconda hijau.

Ikan Piranha.

 

Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat
Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat

Ikan ini merupakan predator karnivora yang memiliki gigi tajam. Orang biasa menyebutnya dengan nama Caribes, ia termasuk ikan air tawar. Selain hidup di sungai amazon ikan ini bisa ditemukan hidup di daerah negara Venezuela dan Amerika. Dalam jumlah sedikit ikan piranha bukanlah ikan yang berbahaya, namun dalam jumlahbesar ikan piranha mampu memangsa satu ekor sapi dalam waktu lima menit dan hanya menyisahkan tulangnya saja.

Cainman Hitam.

Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat
Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat

Cainman hitam adadlah seekor buaya yang hidup di sungai amazon, Amerika Selatan. Buaya ini memiliki warna hitam dan dapat tumbuh hingga 6 m. CAinman hitam menjadi salah satu predator yang mengerikan di sungai amazon. Cainman hitam mampu membunuh predator lainnya yang ada di sungai amazon.

Arapaima Fish.

Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat
Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat

Arapaima atau Piracucu adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia, ikan ini dapat tumbuh sampai di atas 3 meter dan berat mencapai 200 kg. Namun, sangat disayangkan karena saat ini ikan arapaimaima yang berukuran di atas 2 meter sudah jarang ditemukan.

Karena ukuran tubuhnya yang besar ikan arapaima juga membutuhkan makanan yang banyak. Selain itu, ikan ini juga memiliki daging yang cukup enak, sehingga banyak warga terdekat yang menjadikan ikan ini sebagai konsumsi atau bahkan untuk di ekspor ke negara lain.

Belut Listrik.

Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat
Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat

Belut listri sebenarnya hamper sama dengan ikan lele hanya saja belut listrik tidak memiliki kumis. Belut listrik bisa tumbuh mencapai 2,5 m dan dapat menghasilkan tegangan listrik dari sel- sel khusus yang disebut Electrocytes yang terletak di sisi bawah siripnya, listrik yang digunakan bisa mencapai 600 volt.

Meskipun tegangan listrik dari belut ini tidak menyebabkan kematian pada manusia, tapi tegangan listriknya dapat menyebabkan gagal jantung. Sehingga, saat terkena sengatan orang akan pingsan dan tenggelam ke dasar sungai.

Ulat Bulu.

Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat
Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat

Ulat bulu ini memiliki kandungan yang berbahaya dan bisa mengakibatkan lusinan orang meninggal pada setiap tahunnya. Kandungan racun dari ulat bulu ini bisa juga disebut anticoagulant (mencegah pembekuan darah) dan juga tekanan darah. Hanya bersentuhan dengan ulat bulu ini bisa menyebabkan rasa sakit yang berujung pada kematian, lho.

Katak Beracun.

Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat
Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat

Katak yang satu ini berbeda dengan jenis katak lainnya. Hanya bersentuhan saja dapat menyebabkan kematian, mengerikan bukan? Katak beracun ini tidak mengeluarkan sengatan dan tidak ada gigitan yang beracun, bagaimana mungkin bisa mematikan manusia? Karena pada tubuh katak ini terdapat lendir berkilap yang melingkupi tubuhnya, sehingga mampu mematikan manusia hanya dengan melakukan kontak langsung. Jadi jangan sampai terpengaruh dengan warna dan penampilan indah hewan, yah!

Ikan Candiru.

Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat
Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat

Ikan Candiru masuk ke dalam jenis ikan vampire dan lebih berbahaya daripada ikan piranha. Ikan ini hanya berukuran 1 inci, berbentuk bulat seperti belut. Jika di dalam air ikan ini bisa dilihat dengan tembus pandang, sehingga sulit untuk melihatnya.

Ikan candiru tergolong jenis parasit, ikan ini akan masuk ke sela- sela insang ikan lainnya lalu mengeluarkan tulang belakang nya untuk dapat berpegangan di tempat minum darahnya insang. Ikan candiru sangat berbahaya karena ikan ini memiliki ketertarikan dengan air seni dan darah.

Lintah Tyrannosaurus Rex.

Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat
Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat

Di dunia ini ada 600 lebih spesies lintah. Lintah amazon diduga merupakan lintah dari gaiwan yang berbeda dengan jenis lintah lainnya. Lintah ini memiliki delapan gigi dalam satu baris yang berukuran 0,13 mm. Bahkan karena karakteristik giginya, penemu lintah ini memberinya nama dinasaurus karnivora yaitu, Lintah Tyrannosaurus Rex.

Lintah ini dapat hidup dengan menghisap darah dan kebanyakan lintah ini menempel pada indungnya, saat sudah kenyang lintah ini akan menjatuhkan dirinya. Lintah ini akan terus menempel sampai panjang tubuhnya mencapai 7 cm.

Amazon Catfish.

Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat
Mari Mengenal Sungai Amazon Lebih Dekat

Amazon Catfish merupakan jenis ikan lele terbesar di dunia yang hidup di parairan sungai amazon. Hampir setengah ikan yang hidup di sungai amazon adalah jenis ikan lele. Amazon Catfish hidup di dasar sungai yang paling dalam dan ada kemungkinan pada malam harinya ikan ini muncul mendekati permukaan.

Naaah.. Itulah beberapa hewan yang hidup di sungai amazon, cukup mengerikan bukan? Selain 10 hewan di atas masih banyak lagi jenis hewan yang hidup di sungai amazon. Amazon memang banyak ditempati oleh hewan dan juga tumbuhan, namun kebanyakan dari spesies yang hidup di daerah sungai amazon itu berbahaya bagi manusia.

Jika kalian penasaran dan ingin datang langsung ke sungai amazon, kalian harus didampingi oleh orang yang sudah ahli tapi alangkah baiknya kalian tidak melakukan hal itu karena itu terlalu berbahaya.

Itulah sedikit informasi mengenai sungai amazon yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi yang singkat ini bisa bermanfaat, yah. Amiiin.