Rahasia Tips & Motivasi Penghafal Alquran agar Tidak Mudah Lupa

Posted on
tips dan motivasi penghafal Alquran
tips dan motivasi penghafal Alquran

Alqur’an adalah kitab suci umat islam yang berisi firman Allah, sumber pedoman hidup,sumber dari segala sumber hukum.  Alqur’an akan dijaga kemurniannya, tidak akan ada yang bisa mengubahnya siapapun. Hal ini juga ditegaskan dalam Alqur’an. “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Alqur’an dan sesungguhnya Kami benar-benar mmeliharanya”. (QS Al Hijr 9). Banyak keutamaan dari Alqur’an baik yang membaca, mendengarkan, mengajarkannya ataupun menghafalnya. Perlu kita ketahui, bahwa bagi orang yang ingin menghafalkan Alquran akan dimudahkan jalannya, selain itu manfaatnya banyak sekali yang didapatkan. Hal ini difirmankan oleh Allah dalam Alqur’an “ Dan seseungguhnya kami telah memudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?”. (QS Alqamar 17). Hal ini terbukti bahwa siapa saja yang ingin belajar alquran atau mengahafalnya akan dimudahkan oleh Allah.

Nah, dan bagi Anda yang sudah menghafal Alqur’an ataupun masih proses dalam menghafal. Pasti Anda ingin hafalannya terus melekat sampai ke hati bahkan akhir hayatnya. Karena hafalan Anda akan dipertanggung jawabkan di akhirot nanti. Bila Anda sengaja melupakannya sebab perbuatan dosa Anda maka akan mendapat balasannya. Dalam hadits berikut dijelaskan : “ Tidak seorang mampu membaca Alquran kemudian dia melupakan hafalannya,melainkan kelak dia akan bertemu dengan Allah dalam kondisi menderita sakit lepra”. (HR. Abu Dawud).

Tapi bagi Anda yang sudah mengulang atau murojaah namun masih lupa, hal tersebut masih wajar. Karena Syaikh Ibn Baz Rahimullah juga mengatakan: “Hukum orang lupa dalam hafalnnya hendaklah supaya murojaah dan bersungguh-sungguh mengupayaka”. Jika niatnya jujur (semata menjaga hafalan), Allah SWT akan memberikan taufik. Tidak ada dosa baginya.

Berarti orang yang sudah bersungguh-sungguh dan berusaha mengamalkan, Allah memberi taufik dan akan dimudahkan dalam urusannya. Nah, bagi Anda yang ingin lebih tahu cara menjaga hafalan dan motivasi selalu semangat berikut ini pembahasannya :

dengan menghafal alquran akan menjaga
dengan menghafal alquran akan menjaga

Motivasi Bagi Penghafal Alqur’an

  1. Selalu niat karena Allah, ikhlas semata hanya mengharapkan pahala
  2. Ingat keutamaan-keutamaan yang besar bagi penghafal alqur’an
  3. Ingin mengangkat derajat sendiri dan orang tua
  4. Ingin memberikan kedua orang tua mahkota yang sangat bercahaya ketika di surga nanti
  5. Jika menghafal Alquran Allah akan memberikan jalan untuk meraih cita-cita lain yang diinginkan
  6. Di dunianya akan dihormati dan dihargai para manusia
  7. Dijadikan sebagai imam sholat
  8. Hatinya akan selalu tenang dan tenteram
  9. Sebagai perisai untuk dirinya agar tidak mudah terpengaruh dalam maksiat
  10. Selalu ingat kepada Allah bahwa hatinya terdapat firman-firman Allah yang harus dijaga.

Cara Menjaga Hafalan Agar Tidak Mudah Lupa dan Hilang

menghafal-alquran
menghafal-alquran
  1. Hatinya Selalu Niat karena Allah dan Ikhlas

Dengan selalu niat semata karena Allah dan ikhlas cobaan apapun yang terjadi,selalu sabar dan teguh pendirian.

  1. Menjaga Pandangan dengan Lawan Jenis

Bagi seorang penghafal Alqur’an harus selalu menjaga pandangannya kepada lawan jenis, karena syetan tidak akan lelah dalam menggodanya. Hal tersebut juga dijelaskan bahwa : Dri Jarir RA berkata : “Wahai Ali janganlah engkau mengikuti pandangan (pertama tidak disengaja) dengan pandangan (berikutnya), karena bagi engkau pandangan yang pertama dan tidak  boleh bagimu pandangan terakhir (kedua)”. Karena sebagai penghafal Alquran harus berhati-hati dalam bergaul dengan lawan jenis disebabkan secara tidak langsung,sedikit demi sedikit hafalan Anda akan hilang. Inilah yang harus lebih diperhatikan.

  1. Memperbaiki Akhlak dan Menjaga Lisan

Sebagai penghafal Alqur’an harus menjaga akhlak dan lisan, karena di hati kita terdapat kalam-kalam Allah yang harus dijaga dan diamalkan. Jadi, ngga pantas kan, seorang penghafal Alquran bersikap tidak baik dalam kehidupan sehari-harinya.

  1. Menjauhi Hal-Hal yang Tidak Bermanfaat atau Lahan

Sebagai seorang penghafal Alquran sebaiknya menjauhkan dari perbuatan-perbuatan maksiat atau lahan, seperti menonton tv,mendengar lagu, melamun dll. Jangan sampai memiliki waktu senggang, upayakan hari-harinya selalu sibuk dengan Alqur’an.

  1. Sering Mendengar Murattal Alqur’an

Jika Anda memiliki MP3 atau di smartphone Anda bisa diisi dengan bacaan/murottal Alquran dan didengarkannya, karena dengan sering mendengar murottal maka otak kita akan merekam dan secara perlahan kita akan hafal dengan sendirinya. Dan ketika Anda menghafal akan lebih mudah.

  1. Selalu Mengulangi/Murojaah Hafalan (Membuat Jadwal Murajaah)

Selain mendengar murottal, Anda harus selalu mengulang/murojaah hafalan Anda. Membuat jadwal waktu kapan saja dan surat atau juz apa saja yang harus Anda bagi untuk dihafal secara berulang-ulang. Dengan sering murojaah, maka akan memperkuat hafalan sehingga menjadi lancar. Murojaah setidaknya per ayat diulang 10-30 kali. Semakin banyak maka semakin lebih baik.

  1. Istiqamah

Murojaah hafalan tidak hanya beberapa hari sekali bahkan hanya seminggu sekali, upayakan Anda murojaah setiap hari dan istiqamah. Melakukan aktivitas mengulang hafalan juga butuh istiqamah dan kita juga belajar cara memanagement waktu yang baik, hidup kita pun akan lebih teratur dan disiplin.

  1. Rajin Bangun 1/3 Malam

Menghafal Alquran ataupun murojaah, sebenarnya waktu yang paling baik adalah di 1/3 malam karena tubuh terasa fresh dan otak bekerja dengan baik. Nah, jika Anda meluangkan waktu di 1/3 malam untuk beribadah sekaligus mengulang hafalan tentu hafalan Anda semakin baik dan lebih kuat. Di waktu 1/3 ini juga sangat dianjurkan bagi mereka para tahfiz-tahfidzah, karena memang waktu yang sangat efektif.

  1. Membacanya dalam Waktu Shalat

Selain di waktu 1/3 malam Anda juga bisa mengulang hafalan Anda di saat sholat

5 waktu ataupu ibadah sunah lain, dengan sering mengulang dalam waktu shalat juga menambah kekuatan hafalan.

  1. Sering Mengerjakan Ibadah Sunah

Sebaiknya Anda berupaya untuk mengerjakan ibadah-ibadah sunah, dengan sering mengerjakan ibadah sunah, maka proses dalam menghafal Anda menjadi lebih mudah.

  1. Dimana pun dan Kapan Saja Supaya Selalu Membawa Mushaf Alqur’an

Upayakan ketika Anda pergi kemana saja selalu membawa mushaf Alquran. Karena ketika dalam bepergian biasanya Anda memiliki waktu luang, kesempatan itulah waktu Anda untuk membaca /murojaah hafalan. Mungkin ketika Anda lupa, Anda bisa melihat mushaf Alquran tsb.

  1. Memakai 1 Jenis Mushaf Alqur’an Saja

Sebaiknya ketika Anda dalam proses menghafal atau murojaah hafalan. Lebih baik Anda menggunakan 1 mushaf saja, karena setiap mushaf Alquran memiliki banyak jenis dan pola barisan per halaman yang berbeda-beda. Normalnya bagi penghafal Alquran adalah 15 baris dan setiap sudut terdapat ayat. Karena ketika dalam menghafal penglihatan kita juga berfungsi untuk mengingat hafalan.

  1. Mempunyai Partner dalam Menghafal Alquran

Dalam proses menghafal atau murojaah, lebih baik Anda mempunya partner, tujuannya untuk membantu dalam menyimak hafalan Anda dan membenarkan kalimat per/ayat. Sehingga hafalannya benar dan semakin kuat.

  1. Mengajarkan Kepada Orang Lain

Tips lain adalah Anda supaya mengajarkan Alquran kepada orang lain, karena dengan berbagi ilmu Alquran, otomatis Anda juga murojaah dan hafalan Anda juga semakin kuat. Selain itu, juga selalu dimudahkan.

  1. Memperbanyak Doa Kepada Allah

Jika Anda telah berusaha dan mengatur waktu, Anda juga selalu berdoa kepada Allah agar pertolongan setiap waktu ada, dan dimudahkan selalu jalannya. Semua hal tersebut juga merupakan pertolongan dari Allah. Dan agar hafaaln kita mendapat keberkahan.

  1. Selalu Memotivasi Diri

Tips yang terakhir adalah selalu memotivasi diri dengan mengetahui keutamaan dan hal-hal dalam menghafal Alquran, seperti yang saya jelaskan di atas tadi. Agar Anda selalu bersemangat baik dalam menghafal,murojaah,atau mengamalkan Alquran dalam sehari-hari.

Nah, apakah Anda sekarang sudah mengetahuinya? Mulailah dari sekarang untuk memperbaiki diri dan selalu istiqamah dalam menghafal Alquran. Semoga bagi Anda yang sudah menghafal atau masih proses terus semangat, pasti Allah memudahkan jalannya. Sekian dari saya, semoga apa yang Anda capai dapat terwujud.

Sampai jumpa…