proses terjadinya pemanasan global
proses terjadinya pemanasan global

Proses Terjadinya Pemanasan Global

Posted on

Proses Terjadinya Pemanasan Global – Hai pembaca setia jempoltangan.com, apakah kalian pernah mendengar tentang proses terjadinya pemanasan global? Tentunya sering kali kalian mendengarnya, karena ini termasuk pelajaran ketika kita SD, SMP, SMA sering sekali guru kita membahas tentang Proses Terjadinya Pemanasan Global.

Mungkin terlihat remeh sekali, tapi peristiwa pemanasan global ini mengakibatkan banyak dampak negatif untuk bumi kita. Sebenernya penyebab atau dampak nya itu terjadi karena ulah manusia sendiri yang tidak mereka sadari. Pemanasan global merupakan bertambahnya suhu di permukaan bumi di bagian atmosfer baik dibagian laut atau di daratan.

Banyak orang telah meneliti bahwa bumi mengalami bertambahnya suhu dari 0,18 derajat C dalam 1000tahun ini. Perubahan suhu dipermukaan bumi bisa menimbulkan permukan air laut semakin naik. Dan terjadinya perubahan cuaca yang ekstrim, perubahan jumlah dan pola presipitasi.

Semua yang terjadi diatas akan menimbulkan dampak pada pemanasan global pada hasil pertanian yang kurang bagus, menghilangnya gletser dikutub, dan hewan banyak mengalami kepunahan. Pemanasan global ini termasuk masalah yang serius karena negara di dunia ini mulai mengatur penggunaan gas rumah kaca.

Sebelum kita membahas tentang proses terjadinya pemanasan global, mari kita cari tau penyebab utama pemanasan global. Berikut adalah penyebab terjadinya pemanasan global

1. Efek gas rumah kaca

Penyebab utama pemanasan global ini adalah efek gas rumah kaca yang berhubungan dengan matahari, karena matahari berfungsi menghangatkan bagi bumi. Ketika sinar masuk kedalam bumi permukaan bumi menyerap sebagian sinar dan sebagian lainya memantul ke atas langit. Dan radiasi khususnya inframerah yang ada didalam sinar matahari bisa menembus atmosfer ke luar angkasa dan sisanya terjebak di atmosfer karena dihalangi gas rumah kaca.

Contoh gas rumah kaca adalah karbondioksida, uap air, gas metana dinitro osida, sulfur heksafluorid, dll. Setelah memantul gas rumah kaca akhirnya kembali ke permukaan bumi dan tersimpan dan ini dapat mengakibatkan bumi semakin memanas. Peristwa seperti ini terus berulang sepanjang tahun. Tapi kenyataanya efek gas rumah sangatlah penting. Coba saja jika tidak ada rumah kaca bumi akan ditutupi salju dan akan terasa dingin.

2. Efek Umpan Balik

Efek umpan balik adalah proses yang dibutuhkan. Seperti penguapan air, akibat bertambahnya gas rumah kaca yang dihasilkan manusia seperti karbon dioksida,dll. Ini mengakibatkan bercepatnya penguapan air di permukaan bumi contohnya sungi dan laut.

Uap air dan gas rumah kaca itu efeknya lebih besar daripada gas lainya. Dan menimbulkan sering terjadinya pemanasan global berlanjut makan uap air di udara juga semakin bertambah. Contohnya es salju, es salju dapat memantulkan cahaya lebih besar dari pada air atau daratan. Selain bertambahnya pemanasan, tambah lama salju akan mencair. Dan peristiwa ini akan berulan terus menerus.

3. Kurangnya pepohonan

Pohon adalah peran penting dalam lingkungan, selain unuk menciptakan lingkungan yang sejuk. Pohon juga bisa menjadi alat untuk mengatasi proses terjadinya pemanasan global. Sering kali terjadi pembakaran liar dan kebakaran hutan akibat ulah manusia sendiri. Ini bisa mengakibatkan kurangnya keberadaan pohon.

Sedangkan hutan adalah paru paru dunia yang bisa kita nikmati udara segarnya. Pohon berperan menyerap karbondioksida dan mengasilkan udara, tapi keberadaan pohon sekarang hampir sulit kita jumpai perkotaan besar.

4. Jumlah kendaraan yang meningkat

Tidak sedikit orang menggunakan kendaraan bermotor dan ini mengakibatkan bertambahnya penggunaan bahan bakar meningkat. Asap dari kendaraan bermotor  ini dapat mengganggu kesehatan juga dapat menyebabkan pemanasan global. Tidak itu saja pasokan energi di dunia juga akan cepat habis dan efek dari bertambahnya jumlah kendaraan ini bisa menimbukan macet yang biasanya terjadi di kota kota besar.

5. Asap pabrik

Pabrik dapat mensejahterakan masyarakat karna dapat melahirkan lapangan pekerjaan baru, tapi dampak dari pemanasan global yaitu asap yang dikeluarkan dari sisa hasil pabrik itu.

Berikut diatas adalah penyebab terjadinya pemanasan global. Sekarang mari kita cari tahu proses terjadinya pemanasan global. Berikut proses terjadinya pemanasan global :

Proses Terjadinya Global Warming

Proses ini diawali dari cahaya matahari yang menyinari bumi, bumi menyerap sebagian panas matahari dan sisanya di pantulkan kembali ke angkasa / atmosfer. Sinar yang di pantulkan ke angkasa terhalang oleh gas gas yang berada di atmosfer seperti kabron dioksida, gas metana, uap air, sulfur dioksida, dll. Peristiwa ini dinamakan efek rumah kaca.

Radiasi yang ada pada sinar matahari di atmosfer bisa menimbulkan lapisan ozon semakin tipis dan membuat sinar matahari yang menyinari bumi menjadi panas. Efek rumah kaca juga bisa menyebabkan sinar yang kembali ke angkasa bisa kembali memantul ke bumi. Peristiwa ini yang menyebabkan bumi menjadi semakin panas.  Ini lah yang dinamakan Proses terjadinya permanasan bumi.

Pemanasan global atau yang biasa kita sebut global warming ini ternyata menimbulkan dampak bagi bumi.

Berikut Dampak Terjadinya Pemanasan Global

  1. Menipisnya lapisan ozon

Menipisnya lapisan ozon ini adalah contoh dampak yang serius, lapisan ozon adalah peranan penting dibumi karena bisa melindungi bumi dari ancaman buruk, contohnya dapat menyaring sinar ultravioler yang masuk ke permukaan bumi, sehingga sinar ultraviolet tidak dapat langsung menyinari permukaan bumi dan bisa memberikan dampak penyakit.

Lapisan ozon bisa menjadi tipis dan berlubang apabila suhu rata rata bumi naik dan ini disebabkan oleh pemanasan global. Hal seperti ini berarti lapisan ozon tidak melakukan fungsinya dengan baik. Ketika lapisan ini tiak berfungsi bumi akan mendapat kerugian dan mengakibatkan lapisan ozon semakin menipis.

  1. Menimbulkan penyakit bagi manusia

Pemanasan global ini bisa mengakibatkan berbagai penyakit bagi manusia. Penyakit yang ditimbulkan dari pemanasan global ini adalah stress, stroke, gangguan kardiovaskular. Selain itu juga bisa menimbulkan virus virus yang menyerang syaraf syaraf dalam tubuh.

Banyak penyakit yang disebabkan oleh binatang seperti malaria, demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk. Binatang akan berkembang secara cepat jika suhu dipermukaan bui naik, oleh sebab itu pemanasan global bisa menyebabkan perkembangan penyakit jenis ini menjadi luas.

  1. Produksi pertanian menjadi menurun

Ini berdampak pada hasil pertanaian karena meembuat iklim menjadi tidak stabil. Dan ketidakstabilan membuat musim hujan menjadi lama dan musim kemarau menjadi sulit diprediksi. Dan peristiwa lamanya musim hujan ini berbeda beda di wilayahnya.

Lama atau tidaknya musim hujan ini bisa mempengaruhi produksi pertanian. Seperti di Kanada, di Kanada musim hujan lebih panjang dari biasanya. Sehingga menyebabkan produksi pertanian akan melimpah karena masa tanam yang panjang. Sebaliknya di Afrika mengalami masa kemarau dan musim tanam yang pendek. Hal ini lah yang menyebabkan produksi pertanian menjadi menurun. Kenaikan suhu global menyebabkan produksi pertanian menjadi menurun.

  1. Mencairnya es di kutub utara dan kutub selatan bumi

Pemanasan global ini menimbulkan pemanasan global yaitu mencairnya es di kutub utara dan kutub selatan bumi. Kutub utara dan kutub selatan bumi adalah es yang volumenya lebih besar daripada yang ada di wilayahnya bukan kutub bumi. Pemanasan global adalah peristiwa naiknya suhu di bumi.

Kenaikan suhu ini menimbulkan mecairnya es yang dibumi. Es juga ada di wilayah kutub bumi. Ini mengakibatkan berkurangnya volume es yang ada dibumi dan selanjutnya suhu diwilayah kutub menjadi hangat dan penguapan air semakin banyak.

  1. Naiknya permukaan laut

Suhu di bumi menjadi meningkat adalah akibat dari pemanasan global. Kenaikan suhu tidak terjadi secara drastis tetapi berangsur. Walau demikian kenaikan suhu rata rata dibumi mampu menyebabkan perubahan pada kondisi global dibumi. Meningkatnya suhu rata bumi dan atmosfer menyebabkan es di kutub menjadi cair di kutub utara dan kutub selatan bumi. Cairnya bongkohan es dan gunung es adalah akibat dari pemanasan bumi.

Es mencair akan masuk kedalam lautan dan menambah jumlah air laut. Ketika jumlah air bertambah maka permukaan laut menjadi naik. Kejadian kenaikan permukaan air laut ini sejak abad 20 sudah sampai 10-25 cm. Dan kemudian di perkirakan oleh lembaga IPCC ini kenaikan air laut hingga abad 21 sudah 88cm.

Berikut diatas adalah penyebab, dampak dan proses terjadinya pemanasan global, semoga bermanfaat dan terima kasih.