Pesona Alam Kalimantan Timur
Pesona Alam Kalimantan Timur

5 Pesona Alam Dari Kalimantan Timur Yang Mampu Membius Mata Anda

Posted on

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari ribuan pulau. Pulau- pulau tersebut tersebar mulai dari sabang sampai merauke. Setiap pulau yang ada di Indonesia mempunyai pesonanya masing- masing. Termasuk juga pulau Kalimantan.

Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia. Pulau Kalimantan terbagi menjadi 5 Provinsi yaitu, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara. Setiap provinsi itu memiliki pesona alamnya masing- masing.

Kali ini pesona alam yang akan kami ulas adalah pesona alam dari Provinsi Kalimantan Timur. Kalimantan Timur temasuk daerah penghasil minyak dan kayu nomer dua di Indonesia. Wisata alam di Kalimantan Timur kaya akan flora dan fauna, terdapat kira- kira 1.000- 1.89.000 jenis flora dan fauna yang ada di Kalimantan Timur.

Selain itu Hutan yang ada di Kalimantan, termasuk juga Kalimantan Timur menjadi paru- paru dunia, lho. Mengapa demikian? Hal itu karena luas dan banyaknya vegetsi yang tumbuh di sana. Berikut pesona alam Kalimantan Timur kami sajikan hanya untuk anda.

Pulau Kakaban.

Pesona Alam Kalimantan Timur
Pesona Alam Kalimantan Timur

Pulau Kakaban terletak di Kepuan Drawan, Kabupaten Berau. Pulau ini terkenal dengan keindahan dan kekayaan biota lautnya. Selain itu, pulau ini juga mempunya pemandangan panaroma laut yang sangat menakjubkan. Kepopuleran Drawan nyaris mengalahkan Raja Ampat. Pulau Kakaban mempunyai beberapa keistimewaan salah satunya adalah memiliki danau yang berisi ubur- ubur tanpa sengat. Selain itu, pulau Kakaban juga sangat hijau dan kaya akan biota laut.

Daya Tarik utama pulau ini adalah Danau ubur- ubur. Danau ini berisi air hujan dan rembesan air laut dari pori- pori tanah sehingga membentuk habitat endemik bagi ubur- ubur. Ya, jadi tidak perlu heran mengapa, pulau ini menjadi jujugan para turis yang mencintai wisata bahari dan para peneliti yang hedak menelita biota laut yang ada di pulau ini.

Hutan Mangrove.

Pesona Alam Kalimantan Timur
Pesona Alam Kalimantan Timur

Hutan mangrove terletak di kota Balikpapan. Selainsebagai objek wisata, hutan mangrove ini berfungsi untuk mencegah abrasi. Tempat wisata ini menyediakan menara untuk melihat burung- burung yang terbang dan hinggap di bibir pantai. Selain itu, jika anda berkunjung pada pagi hari anda dapat melihat bekantan yang sedang bertengkar di atas pohon bakau.

Deretan pohon yang hijau mampu membuat hati dan mata anda merasa damai. Bila anda ingin mengelilingi hutan mangrove ini, anda dapat berjalan di atas jembatan kayu yang melingkari hutan ini. Jika anda berada di pusat kota Balikpapan, kalian hanya membutuhkan waktu selama 20 menit untuk sampai ke hutan mangrove.

Pulau Beras Basah.

 

Pesona Alam Kalimantan Timur
Pesona Alam Kalimantan Timur

Pulau Beras Basah merupakan pulau yang terletak di sisi selat makassar dan terletak di Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur. Tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan asing dan dalam negri. Para pengunjung biasanya datang untuk menikmati panaroma bawah laut yang sangat indah.

Selain biota laut yang bergam, air lautnya juga sangat jernih mirip dengan wisata di Nusa Penida, Bali. Jika kalian ingin ke pulau ini kalian bisa menyewa kapal nelayan atau menyewa kapal kelotok yaitu, kapal tradisional khas Kalimantan.

Jantur Inar.

Pesona Alam Kalimantan Timur
Pesona Alam Kalimantan Timur

Jantur Inar merupakan tempat wisata air terjun yang mempunya ketinggian 30 m. Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Kutai Barat. Asal mula nama pulau ini adalah nama dari seorang putri yang tiba- tiba menghilang dan berubah menjadi roh halus yang menghuni kawasan air terjun ini.

Wisata Jantur inar ini mempunyai keunikan dan juga daya Tarik mangis yaitu, membuat siapapun yang bermain di bawah air terjun akan terkena bayangan pelangi yang terpancar dari air terjun tersebut. Untuk bisa menikmati keindahan sampai ke dasarnya, anda harus melewati 200 anak tangga yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Goa Losan.

Pesona Alam Kalimantan Timur
Pesona Alam Kalimantan Timur

Menurut bahasa setempat, Goa Losan berarti goa tembusan. Goa ini terletak di jalan poros Kalimantan Timur- Kalimantan Selatan. Lebih tepatnya goa ini terletak di kecamatan Muara Komam. Objek wisata unik ini hanya bisa kalian jumpai di Kalimantan Timur.

Ketika anda datang berkunjung anda harus dipandu dengan petugas terlatih karena goa ini sangat luas dan berkelok- kelok. Saat memasuki gua alat penerangan yang digunakan hanyalah obor atau senter. Dengan penerangan yang minim ini mampu menambah sensasi pertualangan yang unik.

Goa ini juga memiliki sumber air, sarang burung wallet, dan batu mumi di dalamnya. Selain itu, juga terdapat deretan batu alam yang mana ketika dipukul batu itu mengeluarkan bunyi yang teratur.

Naaah…. Itulah 5 pesona alam Kalimantan Timur yang dapat kami berikan. Semoga informasi ini bisa anda jadikan destinasi liburan anda selanjutnya bersama dengan keluarga tercinta.