sedih karena cinta
sedih karena cinta

Pentingnya Memiliki Kekuatan Cinta, Mengapa Demikian?

Posted on

Cinta adalah kekuatan yang tidak ada batasnya dan dunia pun bisa berubah karena masih adanya cinta. Cinta itu merupakan penyokong kehidupan dari setiap makhluk agar dia bisa semakin baik dan benar dalam hidupnya. Ketika tidak ada lagi kebaikan yang meningkat di antara seseorang yang telah menyatakn cinta, maka itu tanda dari kebohongan. Cinta yang murni, tentu dia akan selalu menginginkan kebaikan bagi orang yang dicintainya. Namun, tidak hanya untuk kekasih saja, tetapi kepada siapapun yang ada di sekitanya, misalnya manusia, hewan, tumbuhan, dan alam.  Itu hanya bisa dilakukan atas dasar pengabdian yang tulus, bukan hanya karena ingin mendapatkan sesuatu (pamrih). Itu merupakan sesuatu yang benar-benar mencintai dengan yang dia cintainya dengan sepenuh hati.

sedih karena cinta
sedih karena cinta

Cinta itu bukanlah sesuatu yang membuat hatimu merasakan kesedihan, tetapi justru dirimulah yang menyakiti cinta. Jika dirimu tidak tidak mau lagi dengan ketulusan, sehingga dia pergi menjauh dari hidupmu. Dan dirimu tak mau lagi membawa dalam setiap tindakan yang ikhlas, karena itu ia akan pergi meninggalkanmu dan engkau pun merasakan pada penderitaan di hati.  Dan itu akan menjadi bertambah menyakitkan, di saat orang yang kamu cintai pergi karena kesombonganmu padanya.

jatuh cinta
jatuh cinta

Jatuh cinta bisa memberikan kekuatan untuk yang lebih baik dalam menjalani kehidupan. Jatuh cinta akan membuatnya selalu terus merindu kepada orang yang dikasihi, karena hanya dengan ketulusan. Cinta pun memang begitu indah bagi orang-orang yang benar mencintai.

Siapa yang tidak tahu apa itu cinta? Tetapi yang sebenarnya, ada berapa banyak orang yang benar mengenal pada cinta sejati? Pada umumnya, banyak orang yang mengatakan bahwa dia sedang atau telah mencintai, namun apakah dia sudah menerima cinta itu tanpa dibarengi dengan niat pamrih? Berapa banyak orang yang menjalani hidupnya dengan tanpa ada rasa iri, dengki, bahkan benci kepada yang lainnya?

Sungguh sangat banyak orang yang hanya bicara tanpa mengerti apa yang dia bicarakan. Sangat banyak orang yang pandai mengolah kata tentang cinta, namun sebenarnya dia tidak pernah paham dengan itu semua. Jika dia mengerti apa itu cinta, seharusnya dia sudah menjalani dalam setiap harinya. Jika dia memang paham betul, pasti dia sudah membuktikan ketika hidup bersama kekasihnya atau di tengah masyarakat. Bahwa hidup dengan cinta artinya tidak ada lagi kemunafikan, dusta, dan kedzaliman di antaranya. Karena yang diwujudkan, hanyalah kasih sayang, toleransi, gotong royong, dan kejujuran.

Tetapi kenyataannya masih banyak orang  yang berdusta di saat dia menyatakan cinta. Masih banyak orang yang mengobarkan janji yang menipu atas dasar nama cinta. Sebenarnya dia tidak mencintai, namun karena yang dia lakukan hanya untuk mendapatkan urusan duniawi, misalnya harta dan jabatan. Apalagi dia tidak pernah mengerti tentang apa yang sebenarnya cinta, tapi hanyalah untuk kesenangan syahwatnya. Terkadang yang dilakukannya pun harus dengan jalan kekerasan atau peperangan.

perasaan berbunga-bunga
perasaan berbunga-bunga

Memiliki perasaan yang berbunga-bunga, merupakan hasil kerja dari oxytocin si hormon cinta. Hormon ini bisa mendorong dua orang membina hubungan yang berkomitmen. Tapi sayangnya perasaan ini biasanya hanya bisa bertahan beberapa bulan. Lalu, bagaimana caranya agar hubungan itu bisa bertahan lebih lama atau sampai seumur hidup?  Harus dengan apa fokus terhadap persaan cinta?

Terlalu fokus sama perasaan cinta, hal ini malah membuat hubungan menjadi terancam. Ketika hubungan sudah berjalan dengan lancar, ada hal lain yang memegang peranan lebih penting. Hal itu adalah value atau disebut dengan nilai yang dianut seseorang. Perasaan yang sifatnya sementara dan dipengaruhi dengan persepsi, memori pengalaman serta kejadian pada saat itu, sementara value lebih menetap. Jadi yang disebut dengan kekuatan cinta bukan terletak pada perasaan yang berbunga-bunga, namun lebih ke nilai yang di anut bersama pasangan.

Tanpa mengerti atau memahami pada kekuatan cinta, mungkin kita juga tidak bertanggung jawab dan hanya sekedar memperturutkan emosi tanpa kebijaksanaan. Maka cinta itu, akan menjadi rugi dan sia-sia.

Pasti setiap orang akan mempunyai pendapat tentang cinta dengan sendirinya. Contohnya saja, di Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan bahwa cinta adalah sebagai rasa sangat suka, rasa sayang, atau rasa sangat tertarik hatinya kepada orang lain. Tapi pada faktanya, berkata lain. Mengapa demikian? Karena terkadang cinta itu membuat orang bisa sakit hati, membenci, bahkan membunuh, dan lain sebagainya.

The Never Ending Story” adalah cerita cinta yang tidak pernah selesai. Setiap orang tidak akan pernah berhenti mencintai dan dicintai. Pasti selalu ada yang beru tentang cinta. Tidak akan terhitung berapa banyak kreativitas yang lahir karena cinta. Cinta merupakan sumber inspirasi yang tidak akan pernah habis, dan cinta adalah melodi sepanjang zaman.

Menurut penelitian, pasangan yang berhubungan dengan hasil yang memuaskan, bukan hanya dari perasaan yang menggebu-gebu, melainkan punya nilai-nilai berikut ini :

  1. Equality

Jika orang mempunyai nilai ini, akan menganggap bahwa pasangan mempunyai kedudukan yang sama. Jadi, dalam menjalani hubungannya tidak aka nada yang lebih dominan atau lebih submitif dalam berhubungan.

  1. Fairness

Orang yang adil dalam menjalani hubungan pasti akan mau jika dia berbagi peran. Ada pembagian tugas yang adil dalam berhubungan. Jadi, tidak ada dari salah satu pihak yang selalu bayarin/ dibayarin, nungguin/ditungguin. Berarti capek juga ya, kalau hubungannya ga imbang?

  1. Support

Saling mendukung jika salah satu pihak ada masalah. Cara yang paling sederhana adalah mau mendengar curhat dari pasangan, komentarnya di tahan dulu ya.

  1. Loving behavior

Menunjukan pada perhatiannya, membantu di saat dibutuhkan, menunjukkan rasa sayang yang sewajarnya, mengikuti kegiatan yang menyenangkan bagi keduanya, dan lain sebagainya.

Inilah beberapa nilai, yang ternyata nilai ini bertingkat ya. Untuk menunjukkan support dan loving behavior, pertama harus ada equality dan fairness dulu ya.

Untuk yang sedang berhubungan, cobalah untuk mengurangi fokus ke perasaan, dan lebih menanam nilai-nilai diatasnya. Terutama pada equality dan fairness.

Buat kamu yang masih single atau lajang, cobalah untuk mengecek dirimu, kira-kira apakah kamu mempunyai nilai equality dan fairness? Bagaimana jika kamu memperlakukan teman dan dan sahabatmu? Kira-kira dalam berhubungan nanti, bisa gak kamu menjadi pasangan yang adil dan imbang? Jika belum, mulai dari sekarang waktu kamu untuk memupuk nilai-nilai di atas.

Ingatlah! Kekuatan cinta bukanlah dari perasaan yang berbunga-bunga, tapi dari nilai yang dipegang kamu dan pasanganmu.

Demikianlah postingan yang saya sampaikan. Jika ada kekeliruan dalam penulisan kata-kata, kritik dan saran dari sahabat yang membaca pada postingan saya, akan saya tunggu untuk pembuatan postingan selanjutnya yang lebih baik. Sahabat bisa hubungi atau kontak saya di : -facebook : Intan Ayu Miranti, gmail : intanayumiranti272@gmail.com, instagram : @intan.a.m_25. Sampai jumpa ke artikel berikutnya.