10 Perguruan Tinggi yang Menerima Jalur Penghafal Qur’an

Posted on

Penghafal Alqur’an – Alqur’an adalah kitab suci umat islam yang dijaga kemurniannya oleh Allah sampai hari kiamat. Allah juga telah memudahkan Alqur’an bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya bahkan sampai ada yang menghafalnya, Allah juga telah memudahkannya.

perguruan tinggi menyediakan jalur penghafal qur'an
perguruan tinggi menyediakan jalur penghafal qur’an

Dengan menghafal Al Qur’an hidup seseorang menjadi lebih mulia,mendapat pahala yang lebih besar dan di surga nanti menjadi ahlullah atau keluarganya Allah. Masih banyak keutamaan-keutamaan dari seorang penghafal Alqur’an dan belum tentu kita mengetahuinya. Namun, perjuangan menjadi seorang penghafal Qur’an atau hafidz-hafidzah tidaklah mudah banyak rintangan,dan kesabaran yang harus dilaluinya. Butuh komitmen dan selalu beristiqamah dalam melakukan. Hanya orang-orang yang memiliki ketaqwaan yang tinggi dantak putus asa yang bisa melaluinya. Menjadi seorang hafidz tak memiliki rugi sama sekali justru di dunia dan akhirotnya akan merasa dimuliakan baik kepada sesama manusia bahkan Allah sendiri juga memuliakannya. Itulah mengapa menjadi seorang hafidz tidak semua bisa melakukannya.

Tapi, di Indonesia mulai banyak orang, baik anak-anak,remaja yang sebelum lulus SMA atau dewasa sudah hafal Alqur’an. Menjadi seorang hafidz juga akan menjaga dirinya dari godaan maupun hawa nafsu karena di dalam hati mereka terdapat kalam Allah yang harus dijaga. Maka bagi Anda yang sedang atau proses menjadi hafidz-hafidzah patut berbangga dan jangan sampai putus asa dalam murojaahnya karena dengan Anda selalu menghafal Alqur’an disetiap waktu maka Anda akan berinteraksi dengan Allah.

Selain itu, jika Anda sangat ingin melanjutkan studi atau kuliah setelah SMA maka ada hadiah khusus dari Allah yang diberikan kepada para hafidz yang diperantarai oleh manusia. Maka Anda patut bersyukur karena terdapat beberapa universitas yang memberikan tes seleksi khusus bagi para hafidz bahkan beasiswa penuh baik universitas negeri maupun swasta. Maka para orang tua tak perlu khawatir untuk membiayai anaknya dalam masuk universitas.

Berikut akan saya ulas sedikit 10 perguruan tinggi atau universitas yang memberikan seleksi atau beasiswa melalui jalur hafidz qur’an, berikut ini!

universitas yang menyediakan jalur hafidz
universitas yang menyediakan jalur hafidz
  1. Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta

UII Yogyakarta
UII Yogyakarta

Kampus ini terletak di kota pelajar, Ya, kampus yang telah lama didirikan ini memang memberikan beasiswa khusus bagi seorang penghafal Qur’an tanpa melalui jalur tes. Sebelumnya kampus ini bernama STI (Sekolah Tinggi Islam) kemudian berubah menjadi kampus UII dan menjadi kampus swasta terbaik di Indonesia. Kampus ini memang sangat cocok bagi seseorang yang khususnya mampu mengahafal 30 juz maka akan diberikan beasiswa yang mencakup biaya studi,sumbangan Catur Dharma, bebas biaya KKN dan mendapat uang saku setiap bulan. Namun, terdapat juga kategori yang minimal hafal 20 juz.

Syarat menjadi mahasiswa ini, para penghafal melakukan seleksi terlebih dahulu yang dilakukan tim penguji dari kampus tersebut dan terdapat keterangan yang diberikan pengasuh atau pendamping.

  1. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Solo

UNS Solo
UNS solo

Universitas ini sebelumnya bernama Universitas Negeri Surakarta. Namun, adanya pembacaan keputusan presiden RI pada tanggal Sebelas Maret pada pukul 10.00 WIB. Sejak saat itulah diresmikan menjadi Universitas Negeri Sebelas Maret. Kampus ini salah satu Kampus Negeri yang terletak di Solo.

Kampus ini menyediakan beasiswa bagi para hafidz atau penghafal Qur’an. Beasiswa ini diberikan khusus bagi seseornag yang mampu mengahfal minimal 20 juz dan memiliki sertifikat dari lembaga yang memiliki kredibilitas serta kompeten. Penerimaan mahasiswa melalui beasiswa jalur hafidz ini sudah diadakan sejak tahun 2012 bagi fakultas kedokteran,ekonomi,ilmu sosial dan ilmu politik.

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor

IPB Bogor
IPB Bogor

Institut ini merupakan salah satu perguruan tinggi pertanian negeri Indonesia yang berada di Bogor. Institut ini telah dibangun dan diresmikan pada tanggal 1 September 1963.

Pada tahun 2017/2018 institut ini memberikan jalur beasiswa khusus bagi para penghafal Qur’an. Menurut rector IPB, kampus ini menerima jalur hafidz melalui dengan jalur prestasi Internasional dan Nasional yang biasa disebut PIN.

Kampus ini menerima calon mahasiswa hafidz terutama mampu mengahfal 30 juz. Maka pihak kampus akan memberikan nilai tambahan dengan setara prestasi olimpiade tingkat internasional. Namun, jika mahasiswa hafidz belum mampu menghafal hingga 30 juz tetap diterima karena batas hafal minimal 15 juz. Namun, jalur bagi para hafidz tetap harus mengiikuti seleksi menghafal di pihak kampus tersebut.

  1. Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN Alauddin), Makassar

UIN Alauddin
UIN Alauddin

Universitas Islam ini berbasis Negeri yang terletak di Makassar. Awalnya nama Alauddin diberikan karena jaman dahulu terdapat Kesultanan Gowa yang pertama klai memeluk Islam bernama Sultan Alauddin dan menerimanya agama islam sebagai agama kerajaan.

Tidak hanya di wilayah Jawa, ternyata kampus yang terletak di Makassar juga menyediakan beasiswa khusus bagi para hafidz atau penghafal Qur’an. Beasiswa ini terdapat 3 kategori :

Pertama bagi mahasiswa yang memiliki hafalan 1 hingga 10 juz akan dibebaskan biaya kuliah selama 2 semester

Kedua : Bagi mahasiswa yang memiliki hafalan 11 hingga 20 juz akan dibebaskan biaya kuliah selama 4 semester

Ketiga : Bagi mahasiswa ynag memiliki hafalan 21 hingga 30 juz akan dibebaskan biaya kuliah selama 8 semester bahkan sampai lulus kuliah.

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya

Kampus ini adalah salah satu kampus negeri yang terletak di Surabaya. DI tahun 2016 atau sejak adanya acara hafalan Qur’an termuda di dunia, maka rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember menerima beasiswa jalur khusus bagi penghafal qur’an. Terutama yang mampu hafal 30 juz.

Hal tersebut bertujuan agar para pemuda bangsa terdorong untuk berkeinginan menghafal Qur’an, karena jika menjadi penghafal qur’an maka menjadi orang yang mulia dan hatinya terdapat kalam Allah yang harus benar-benar dijaga sehingga akhlak dan tuturnya para hafidz menjadi lebih sopan dan menjadikan kualitas anak bangsa lebih bermutu dan berkualitas.

  1. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki), Malang

Kampus ini merupakan kampus berstatus negeri yang terletak di Malang, Jawa Timur. Kampus ini diberi nama UIN Malang dengan nama Maulana Malik Ibrahim karena diambil dari nama salah satu walisongo yang biasa kita kenal Sunan Gresik yaitu seorang tokoh yang menyebar agama islam di wilayah Jawa.

Kampus ini memberikan beasiswa khusus jalur Hafidz dengan memiliki hafalan minimal 10 juz.

Beasiswa ini merupakan programnya dari Haiat Tahfidz Qur’an (HTQ) UIN Maliki Malang. Memang dikhususkan untuk menyaring calon mahasiswa yang memang mampu dan berkompetensi menghafal Qur’an.

  1. Universitas Negeri Malang (UM)

UM Malang
UM Malang

Kampus ini merupakan kampus negeri yang terletak antara Kabupaten Malang dan Blitar. Sebelumnya kampus ini bernama PTPG Malang dan IKIP Malang kemudian berubah menjadi UM Malang.

Kampus ini menyediakan jalur seleksi selain SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri juga menerima jalur khusus bagi Tahfidz atau penghafal Alqur’an. Bagi calon mahasiswa ynag melalui jalur hafidz maka ketentuannya minimal memiliki hafalan 20 juz untuk mengikuti seleksi tersebut.

  1. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang

Kampus ini merupakan slaah satu kampus negeri yang terletak di Semarang, Jawa Tengah. Kata Diponegoro diambil dari sosok nama pahlawan Indonesia bernama Pangeran Diponegoro.

Kampus ini ternyata menerima jalur khusus bagi para hafidz atau penghafal Alqur’an melalui kategori SBUB (Seleksi Bibit Unggul Berprestasi). Bagi para penghafal bisa melalui jalur tersebut dengan jumlah hafalan minimal 20 juz.

  1. Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Kampus ini berbasis swasta yang terletak di Bandung. Kampus ini memberikan prestasi dan diberikan kepada calon mahasiswa yang mengikuti program PMDK. Awalnya beasiswa ini hanya berlaku di bidang Fakultas Agama Islam namun seiringnya perkembangan kemudian dibuka program studi lainnya.

Selanjutnya, program ditunjukkan kepada calon mahasiswa ynag berhasil menghafalkan 30 juz dengan adanya sertifikat yang sah dan diseleksi terlebih dahulu. Jika lolos maka akan dibebaskan biaya kuliah mulai dari awal hingga lulus kuliah. Namun, persyaratan lain juga ada, yaitu kurang dari 30 juz tetapi tidak dibebaskan biaya penuh.

  1. Universitas Andalas (UNAND), Padang,Sumatera Barat

Universitas Andalas
Universitas Andalas

Universitas yang satu ini adalah universitas yang berbasis negeri terletak di Padang, Sumatera Barat. Universitas ini adlaah universitas tertua yang ada di luar Jawa.

Selain itu, universitas ini juga menyediakan beasiswa jalur khusus bagi para penghafal Qur’an atau hafidz. Jalur SNMPTN, UNAND juga memberikan tambahan khusus bagi para penghafal yang memiliki hafalan minimal 5 juz.

Itulah 10 Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri yang menyediakan jalur beasiswa khusus bagi para penghafal Qur’an atau hafidz.

Jadi, bagi Anda yang memiliki hafalan Alqur’an namun tidak memiliki biaya jangan khawatir, karena sat ini memang banyak kampus yang telah menyediakan jalur bagi para hafidz. Namun, Anda juga harus tetap menjaga hafalannya, karena bagaimanapun juga memasuki perguruan tinggi dengan jalur beasiswa hafidz juga merupakan tambahan yang diberikan oleh Allah, jadi tidak serta merta hafalan hanya untuk memasuki perguruan tinggi, namun sebagai motivasi agar selalu semangat dalam menghafal ALqur’an karena masih banyak lagi keutamaan dari Allah yang lebih baik dan besar daripada nikmat dunia.

Semoga bagi Anda yang mendaftar dan ikut seleksi diterima sesuai keinginannya. Sampai jumpa…