Pemanasan Global
Pemanasan Global

Apa Saja Penyebab Dari Pemanasan Global

Posted on

Apa kabar pembaca setia jempol tangan, pasti baik dan gembira ya. Pada pertemuan kali ini kami akan memberikan sedikit informasi kepada anda tentang dampak dari pemanasan global. Mungkin ada yang bertanya, apa sih pemanasan global itu? Kata-kata itu sangat tidak asing untuk didengar tapi susah untuk di pahami. Berikut informasi yang akan kami berikan.

Pemanasan global merupakan suatu proses di mana meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, daratan bumi, dan laut. Kebanyakan dari meningfkatnya suhu atmosfer pada abad ke-20 kemungkinan besar itu dikarenakan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca karena dengan aktivitas penduduk sekitar ataupun seluruh manusia yang ada di permukaan bumu tersebut.

Meningkatnya suhu gobal diperkirakan akan mengalami beberapa perubahan di permukaan bumi yaitu seperti, naiknya permukaan air laut, perubahan jumlah dan pola presipitasi, dan meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrem. Akibat lain yang ditimbulkan dari pemanasan global yaitu terpengaruhnya hasil pertanian, punahnya berbagai jenis hewan, dan hilangnya gletser.

Penyebab dari pemanasan global yaitu karena terjadi:

  1. Efek rumah kaca
Efek Rumah Kaca
Efek Rumah Kaca

Semua sumber yang terdapat di bumi yaitu berasal dari energi matahari, ketika energi ini tiba permukaan bumi yang wujudnya berupa dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan bumi. Permukaan bumi tersebut akan menyerap sebagian panas dari matahari tersebut dan memantulkan kembali sisanya. Namun, sebagian panas tetap tertangkap pada atmosfer bumi.

Akibat yang terjadi yaitu menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain yaitu berupa uap air, sulfur dioksida, karbindioksida dan mentana yang menjadi perangkap gelombang radiasi. Keadaan tersebut terjadi terus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat.

  1. Efek umpan balik
Pemanasan Global
Pemanasan Global

Pemanasan global juga mempunyai penyebab yaitu bisa dipengaruhi oleh umpan balik yang dihasilkannya. Contohnya saja yaitu berupa penguapan air, pemanasan yang dihasilkan prosesnya akan terus menerus berlanjut serta meningkatkan jumlah uap air di udara sampai terjadinya suatu keseimbangan konsentrasi uap air. Efek umpan balik karena pengaruh awan yang sedang menjadi objek penelitian saat ini. Bila dilihat dengan teliti, awan akan memantulkan kembali radiasi infra merah ke permukaan bumi, sehingga akan meningkatkan efek pemanasan.

Umpan balik lainnya yang ditimbulkan dari pemanasan global yaitu berupa hilangnya kemampuan memantulkan cahaya oleh es. Ketika terjadi pemanasan global yang terus meningkat maka es yang berada di Kutub akan mencair dengan kecepatan yang sangat cepat dan dengan kecepatan yang terus meningkat.

Dengan mencairnya es tersebut daratan atau air yang ada dibawahnya akan terbuka, daratan maupun air juga mempunyai kemampuan untuk memantulkan cahaya tapi memantulkan cahayanya lebih sedikit jika dibandingkan dengan es, dan akibatnya yaitu es lebih banyak menyerap radiasi matahari. Hal ini akan menyebabkan menambah pemanasan dan menimbulkan lebih banyak lagi es yang mencair yang menjadi suatu siklus yang berkelanjutan.

  1. Variasi matahari

    Penyebab dari Pemanasan Global
    Penyebab dari Pemanasan Global

Ada yang mengatakan bahwa variasi matahari kemungkinan sebagian besar yang terjadi karena proses umpan balik yang diperkuat dari awan di mana awan tersebut  bisa menambah dan meningkatkan kontribusi dalam pemanasan ini. Perbedaan antara mekanisme dengan pemanasan akibat dari pemanasan efek rumah kaca adalah meningkatnya aktivitas matahari yang akan memanaskan stratosfer, begitupun sebaliknya efek rumah kaca akan mendinginkan stratosfer.

Pemanasan global ternyata mempunyai dampak tersendiri yaitu terjadi beberapa hal, ada yang mengatakan para ilmuwan menggunakan model computer dari suhu, sirkulasi atmosfer, dan pola presipitasi untuk mempelajari pemanasan global.

Berdasarkan dari model tersebut, banyak ilmuwan yang telah mengemukakan beberapa pendapatnya tentang dampak pemanasan global atau global warming ini terhadap kesehatan manusia, kehidupan hewan liar, cuaca, pertanian, tinggi permukaan air laut, dan lain sebagainya. Dampak-dampak dari pemanasan global di antaranya seperti:

  1. Iklim mulai tidak stabil
Dampak-pemanasan-global
Dampak pemanasan global

Iklim mulai tidak stabil adalah salah satu bentuk dampak pemanasan global yang akibatnya yaitu pada pemanasan global yaitu daerah bagian Utara dari belahan bumi Utara akan memanas lebih dari daerah-daerah lain di bumi. Akibat yang ditimbulkan yaitu, daratan akan mengecil, gunung-gunung es akan mencair, es yang berada di perairan kutub utara akan banyak berkurang karena mencair. Pada pegunungan yang berada di daerah subtropis, dareah yang terdapat salju akan semakin sedikit karena telah mencari karena efek suhu yang semangkit meningkat.

Daerah-daerah yang sebelumnya mengalami salju ringan, mungkin tidak akan mengalaminya lagi,  Musim tanam akan lebih panjang di beberapa area di permukaan bumi, dan suhu pada musim dingin dan malam hari akan cenderung untuk meningkat.

  1. Peningkatan permukaan laut
Meningkatnya Permukaan Laut
Meningkatnya Permukaan Laut

Peningkatan permukaan laut ini adalah salah satu dampak dari pemanasan global yang akibatnya yaitu ketika atmosfer hangat maka permukaan laut juga akan hangat sehingga volume permukaan laut akan meningkat dan manaikan tinggi permukaan laut. Pemanasan ini juga akan mencairkan permukaan es di Kutub, tingginya permukaan laut akan sangat mempengaruhi kehidupan manusia didaerah pantai.

Ketika tinggi muka laut itu mencapai muara sungai banjir akibat air pasang akan meningkat di daratan. Dan suatu Negara-negara kaya akan menghabiskan dana yang sangat banyak untuk melindungi warganya yang berada di daerah pantai tersebut, sedangkan Negara-negara miskin hanya bisa melakukan evakuasi warganya yang ada di daerah pantai.

Bahkan ketika terjadi sedikit kenaikan tinggi muka laut akan sangat mempengaruhi ekosistem yang ada di permukaan laut.

  1. Suhu global cenderung meningkat
Global Warming
Global Warming

Suhu global cenderung meningkat adalah salah satu akibat dari dampak pemanasan global berikutnya yang karena terjadinya suhu global cenderung meningkat tersebut mempunyai beberapa akibat yaitu seperti tidak dapat tumbuhnya beberapa tanaman di lahan pertanian tropis semi kering di beberapa bagian Negara.

Di daerah pertanian gurun dimana daerah yang menggunakan air irigasi dari gunung-gunung yang letaknya cukup jauh dari saluran air kemungkinan besar akan layu dan mati apabila sowpack (kumpulan salju) musim dingin yang berperan sebagai reservoir alami mencair sebelum waktu masa tanam dan banyak yang mendapatkan serangan serangga dan penyakit yaitu termasuk hutan dan tanaman pangan.

  1. Gangguan ekologis
Gangguan Ekologis
Gangguan Ekologis

Gangguan ekologis adalah salah satu akibat dari pemanasan global berikutnya yang akan kami berikan informasinya. Akibat pemanasan global tersebut hewan dan tumbuhan yang menjadi makhluk hidup yang sulit menghindari dari efek pemanasan global karena sebagian besar lahan yang mereka butuhkan telah dikuasai oleh manusia.

Tumbuhan yang merupakan makhluk hidup akan merubah arah tumbuhnya, mencari tempat yang baru untuk tempat pertumbuhannya karena tempat tumbuhnya yang lama terlalau hangat untuk dia hidupi. Akan tetapi dengan adanya manusia membangun maka akan menghambat tumbuhan ini untuk tumbuh.

  1. Dampak social dan politik
Bencana Alam
Bencana Alam

Dampak social dan politik merupakan peristiwa lain yang menjadi akibat dari pemanasan global. Akibat dari pemanasan global yaitu timbulnya penyakit-penyakit yang mengakibatkan panas dan kematian, dan akibat perubahan cuaca dan lautan itu timbulnya gagal panen, sehingga akan muncul kelaparan dan malagizi.

Dan akibat dari perubahan cuaca timbul penyakit yang berhubungan denga bencana alam seperti banjir bandang, badai, dan kebakaran. Dan menimbulkan beberapa penyakit yaitu seperti, diare, penyakit kulit, malagizi, dan trauma psikologis, dan lain-lain. Terjadinya penyakit tersebut yaitu akibat mencairnya es yang ada di Kutub karena perubahan cuaca yang ekstrem dan peningkatan permukaan air laut.

Ada lagi yang mengatakan bahwa pergeseran ekosistem itu memberi dampak pada penyebaran penyakit yang tersebarnya melalui air. Yang terjadi yaitu tersebarnya penyakit demam berdarah karena terciptanya ruangan baru untuk nyamuk dalam berkembang biak. Dengan adanya perubahan iklim yang terjadi maka timbulah beberapa jenis spesiess penyakit yaitu seperti, virus, dan bakteri.

Terjadinya perubahan iklim pemanasan global ini juga ada dampak positifnya yaitu akan punahnya beberapa spesiess alamiah. Hal tersebut juga akan berdampak pada perubahan iklim akan berdampak pada peningkatan kasus penyakit tertentu yang menyerang makhluk hidup di bumi seperti kemarau yang panjang, kebakaran hutang, demam berdarah, dan beberapa penyakit lainnya.

Terima kasih kepada sahabat jempol tangan yang sudah setia membaca artikel kami yang berisi beberapa informasi yang mungkin menambah ilmu pengetahuan anda dalam masalah pemanasan global, semoga artikel kami ini bermanfaat bagi anda dan sampai jumpa lagi dengan artikel berikutnya.