penyakit-kuning

Penyebab Bayi Baru Lahir Kuning

Posted on
penyakit kuning pada bayi
Penyakit kuning

Penyebab Bayi Baru Lahir Kuning – Penyakit kuning ini bisa menyerang bayi yang baru saja lahir. Tanda-tanda bayi yang kuning itu ialah kulit yang bagian putih matanya si kecil yang berwarna kuning. penyebab bayi baru lahir kuning kondisi ini yang pada umumnya tidak terjadi bahaya dan akan membahayakan pada si kecil. Maka pahamilah tanda-tanda perbedaanya .

Tanda-tanda penyakit kuning pada bayi yaitu urine yang berarna kuning yang sangat pekat padahal air pada seni bayi yang baru saja lahir harusnya tidak berwarna, dan tindanya yang berwarna pucat serta juga telapak tangan dan kaki yang sangat kuning.

Mengapa Bayi Baru Lahir Kuning Bisa Terjadi?

Karena kondisi penyebab bayi baru lahir kuning ini terjadi karena si Kecil ini memiliki kelebihan bilirubin (unsurnya kuning) dan juga pada darahnya. Penyebab bayi yang baru lahir itu mempunyai kadar sel yang tinggi sehingga dapat memicunya dalam produksi bilirubin.

Dan sebenarnya penyebab bayi baru lahir kuning bayi yang sedang terkena penyakit bilirubin pada sejak si kecil dalam keaadan di kandungan. Namun dalam keadaan dikandungan pun,tubuh anda yang dapat mengeluarkan bilirubin pada bayi yang melalui plasenta.

Pada lahirnya si bayi itu tidak akan bisa melakukan karena dengan adanya organ hati pada bayi belum bisa berkembang dengan sempurna. penyebab bayi baru lahir kuning hal ini yang dapat menghambat proses-proses pembuangan bilirubin penyebab bayi baru lahir kuning yang seharusnya dapat di keluarkan saat buang air besar atau air kecil.

Kondisi ini yang dapat disebut penyakit kuning pada fisiologis. Penyebab bayi baru lahir kuning Bayi ini yang akan memulai menguning sekitar 24 jam setelah lahir dan juga akan terjadi memburuk setelah empat hari,dan setelah itu juga akan kembali membalik ketika berusia pada sekitar semingguan.

Namun  demikian,meskipun yang jarang terjadi pada bayi yang kuning bisa juga disebabkan oleh:

  • Infeksi pada darah bayi.
  • Infeksi pada virus atau bakteri.
  • Pendarahan pada internal.
  • Kerusakan pada hati.
  • Kekurangan pada enzim.
  • Sel darah yang memerah pada bayi yang tidak normal sehingga juga mendapatkan kerusakan.
  • Ketidak cocokan pada status rhesus dan golongan darah ibu dan bayi.
  • Ada masalah pada sistem pencernaan bayi.
  • Obat-obatan yang tertentu
  • Kelainan pada genetik dan kelainan pada sel darah merah pada si Kecil.

Jika Bilirubin Yang Terlalu Tinggi

Kadar bilirubin yang terlalu tinggi pada darah sibayi tersebut bisa menembuskan kedalam otak dan akan menjadi racun bagi sel-sel pada otak. Kondisi ini juga yang disebut bilirubin ensefalopatiakut.

Dan berikut ini adalah gejala-gejalah yang dapat mungkin dapat muncul:

  • Kemampuan dalam mengisapnya buruk.
  • Sulit untuk bangun tidur.
  • Leher dan tubuh melengkung ke belakang.
  • Kulitnya makin kuning.
  • Sering rewel dan gelisah.

Dan jika bayi anda dapat menampakkan tanda pada atas, dapat segera menghubungi dokter agar sikecil dapat penanganan pada sejak dini dan akan terhindar dari kerusakan-kerusakan pada permanen untuk otak atau kernicterus.

Apa yang harus anda lakukan?

Selain itu yang dalam penanganan medis dengan adanya fototerapi, penyebab bayi baru lahir kuning yang anda juga dapat bisa mencegahnya agar kenaikan bilirubin dengan cara memberi asupan yang sangatlah cukup. Asupkan tersebut juga bisa membantu pada bayi yang dapat mengeluarkan pada bilirubin yang ada pada tubuhnya.

Dan anda juga dapat berhati-hati dalam memperhatikannya. Cek terlebih dahulu dalam pengecekan dalam kondisi-kondisi dalam bagian yang putih bola mata ataupun pada kulitnya pada dua kali dalam sehari untuk dapat melihat apakan anda sudah kembali normal ataupun tambah bertambah lebih parah.

Hindarkan mengatasi pada bayi kuning dengan cara menjemurnya di sinar matahari. Penanganan yang sangat baik hanya bisa dilakukan dirumah sakit. Jika dalam tiga hari setelah dilahirkan kulit tersebuh masih saja lebih kuning, anda dapat menghubungi pada dokter.

Bayi yang beresiko yang paling tinggi untuk dapat mengalami penyakit kuning yaitu:

  • Bayi yang terlahir pada premature atau bayi juga dapat lahir sebelum usia kehamilannya dalam 37 minggu.
  • Bayi yang tidak akan mendapatkan ASI ataupun susu formula,dalam kondisi ini si bayi karna susah makan atau juga karna susu ibu juga yang sulit untuk keluar. Dalam kandungan ASI ini yang dapat mempengaruhi untuk memecahkan bilirubin bayi sengga bayi yang terlihat sangat kuning.
  • Bayi yang berbeda dengan adanya golongan darah pada ibunya. Adapun golongan darahnya yang tidak cocok dengan adanya golongan darah ibunya itu jika ada rhesus pada bayi dan adapun ibu yang berbeda,dan mereka juga bisa mengembangkan pada antibody.

Penanganan yang Tepat Untuk Bayi Kuning

Berikan bayi pada ASI dan susu bayi yang sering , dan untuk mendorongnya untuk buang air kecil atau air besar yang sangat sering ini yang membantu membuang bilirubin yang melalui tinja. Dalam metode fototerapi ini juga dapat membantunya untuk dapat mengatasinya pada bayi kuning.

Yang dimaksut fototerapi adalah metode pengobatan yang pada umumnya dan juga sangat efektif yang dapat menggunakan cahaya yang dapat membantu memecahkan pada bilirubin ditubuh  bayi. Dan adapun untuk kasus yang parah ,itu transfuse pada darah yang mungkin perlu dalam bayi yang tidak meresponya pada teknik dalam pengabotan lain.

Kapan saya harus membawanya bayi saya ke dokter?

Pada icterus yang sangat parah yang terjadi bayi harus dapat segera ditangani oleh dokter, hal ini juga dapat anda ketahuinya tentang bayi yang mengalami:

  • Bayi yang tidak dapat mengalami peningkatannya berat badan atau tidak mau menyusu
  • Kulit bayi anda yang berubah menjadi sangat kuning
  • Bayi yang menangis dengan nada yang tinggi serta melengkung
  • Bayi kuning yang berlangsung dalam selama lebih dari tiga minggu
  • Bayi yang baru lahir yang mengalami gejala dan tanda lainnya.
penyakit kuning pada bayi
sakit-kuning

Bagaimana cara Agar Dapat  Mengetahui kalau Bayi Anda kuning?

Bawalah pada bayi kedalam ruangan yang berpenerangan yang sangat cukup. Lalu amatilah pada kulit sibayi anda yang dibawah lampu berpendar atau juga fluorescent,yang pada siang hari.

Lalu tekan pada jari anda secara perlahan –lahan kedahi, telapak tangan,ke dada,atau juga pada telapak kaki pada si bayi tersebut. Lalu anda angkat jari dan perhatikanlah ,apakah ada juga semburat pada warna kuning di dalam permukaan pada kulit ataupun pada bagian tubuh yang harus ditekankan.

Lalu amatilah pada gusi bayi dan bagian-bagian putih matanya,apakah kekuningan? bila anda ingin memeriksanya dengan lakukan dirumah sakit,biasanya pada darah bayi akan diambilnya sedikit untuk dianalisa dilabiratorium,dan guna mengukur pada kadar mengukur bilirubin didalam darahnya.

Sekian dari kami, ini sebagai pengertian jika ada kekurangan kesalahan kami yang kurang jelas dan kurang tepat sama minta maaf. Semoga pengertian dari kami dapat bermanfaat buat kalian semua.