Penting! Tips Mudah Bagi Orang Tua Mendidik Anak Menjadi Pribadi yang Mulia dan Cerdas

Posted on
orang tua dalam mendidik anak
orang tua dalam mendidik anak

Memiliki anak yang sopan santun,baik, dan cerdas merupakan keinginan bagi setiap orang tua. Tapi terkadang, orang tua kurang memahaminya hanya bisa berkata namun faktanya dalam kehidupan sehari-hari prakteknya masih kurang. Bagi orang tua anak itu seperti kertas putih, ingin kita jadikan apa anak kita? Semua itu tergantung dari mindset orang tua, anak hanya mengikutinya.

Di zaman sekarang, juga banyak orang tua sibuk dengan kegiatan atau kerjanya. Sehingga terkadang anak juga kurang butuh perhatian dari orang tua. Dan orang tua hanya ingin menjadikan anaknya sukses dalam karier namun pendidikan karakternya masih kurang, bagaimana dengan kehidupannya kelak nanti?, bagaimana dengan bangsa ini? Nah, maka jika orang tua yang ingin merawat anaknya demi menjadikan pribadi yang mulia dan cerdas, tapi masih bingung cara mendidiknya, berikut tips orang tua dalam mendidik anak yang saya berikan kepada Anda.

  1. Selalu bersikap lembut dan kasih sayang

Orang tua harus selalu bersikap lembut terhadap anaknya. Dengan bersikap lembut dan bertutur kata yang baik anak akan lebih mudah dan cepat merespon daripada anak yang sering di bentak oleh orang tuanya. Selain itu, dengan  membentak anak juga tidak baik,dapat merusak sel otak anak secara perlahan sehingga anak tidak dapat berpikir ke depan utuk menjadikan masa yang lebih baik. Setiap anak mendapatkan prsetasi atau hasil yang selalu berikan pujian,pelukan atau ciuman agar menambah jiwa semangat bagi sang anak.

  1. Mengajari kemandirian dan rasa tanggung jawab sejak dini

Tips orang tua mendidik anak
Tips orang tua mendidik anak

Sejak diji orang tua sudah mulai mengajari kemandirian dan rasa tanggung jawab. Jangan terlalu mencemaskan atau mengkhawatirkan sesuatu kepada anak,Anda berusaha untuk memberikan kepercayaan kepada anak Anda. Namun, tetap selalu dipantau dengan jarak jauh agar ketika anak berbuat salah orang tua bisa mengetahuimya. Ajarkanlah kerapian,kebersihan, dan menjaga barang-barang milik sendiri. Bila diberi uang saku ketika sekolah supaya juga diajarkan untuk menyisihkan sebagian agar uang tersebut ditabung.

  1. Ajarkan untuk selalu sopan santun terhadap orang tua ataupun orang lain

Mengajarkan tentang budi pekerti merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan kepada anak sejak dini. Apalagi di zaman sekarang banyak anak yang kurang memiliki etika baik terhadap kedua orang tuanya ataupun orang lain. Maka orang tua supaya lebih diperhatikan. Berilah nasehat dengan baik sedikit demi sedikit terhadap anaknya ketika lagi bermain, mengajak berbicara, ataupun ketika bertemu dengan orang lain. Karena secara tidak langsung anak akan memperhatikan hal tersebut lalu merubah sikapnya menjadi lebih baik. Jangan sekali-kali memberi tahu atau nasehat dengan intonasi yang tinggi.

  1. Ajarkan untuk selalu berkata meminta maaf dan ucapan terima kasih

Orang tua juga supaya selalu mengajarkan anaknya untuk selalu berkata minta maaf jika salah dan ucapan terima kasih ketika diberi sesuatu. Karena dengan kita selalu mengucapkan seperti itu, maka akan meninggikan derajat seseorang yang mengatakannya. Kita juga akan lebih mulia.

  1. Supaya mengajari anaknya untuk sikap terbuka terhadap orang tua

orang tua supaya bersikap terbuka terhadap anak
orang tua supaya bersikap terbuka terhadap anak

Jika orang tua memiliki waktu luang, usahakan untuk mengajak berbincang kepada anaknya, dan cobalah untuk bertanya tentang kehidupan anaknya dalam kesehariannya. Apa yang membuat senang, sedih dan semangat. Dengan orang tua melakukan seperti itu maka jika sang anak memiliki masalah atau hal-hal penting, anak akan berani terbuka dan bercerita terhadap orang tuanya. Selain itu, banyak dampak positif yang dirasakannya, seperti anak akan lebih dekat dengan orang tua, orang tua juga mengetahui celah dimana saatnya untuk memberikan nasehat atau mitovasi yang kuat dan juga orang tua juga mendapat inspirasi dari sang anak, karena orang tua yang bijak adalah bisa mengambil pengalaman dari siapapun termasuk dari anaknya.

  1. Orang tua supaya bisa menjadi siapapun, layaknya teman,sahabat, atau orang tua

Orang tua supaya bisa belajar untuk menjadi teman,sahabat ,pacar ataupun orang tua bagi anaknya. Tidak selamanya orang tua selalu menjadi orang tua bagi anaknya, karena anak juga butuh perhatian layaknya teman,atau sahabat. Anak juga butuh curhat jika memilki masalah. Jika orang tua selalu menjadi orang tua bagi anak,maka akan selalu bersikap serius kepada anaknya. Tetapi jika orang tua bisa menjadi yang lain, maka anak merasa nyaman dan menganggap sebagi teman. Dengan seperti itu menjadi lebih terbuka. Tetapi orang tua juga mengajarkan anaknya tetap selalu sopan terhadap orang tuanya.

  1. Orang tua harus menjadi suri tauladan yang baik bagi anak

Orang tua selalu memberikan contoh yang baik terhadap anaknya, karena sikap apapun yang dilakukannya dalam sehari-hari, secara perlahan anak pasti mengikutinya, karena anak adalah

Sebagi cerminan orang tua. Upayakanlah melakukan hal-hal yang positif dan menyenangkan agar anak juga melakukan hal yang baik dan terkesan senang.

  1. Memberikan nutrisi yang cukup

Selain mengajarkan sikap yang baik dalam kehidupannya, orang tua juga supaya memberikan nutrisi yang cukup bagi anaknya, karena akan berpengaruh terhadap dampak ketika dewasa nanti. Jika orang tua mengajarkan anaknya untuk berlatih dengan makanan yang sehat seperti sayuran,susu dan buah-buahan maka anak akan terbiasa sampai dewasa dengan asupan tersebut. Sehingga makan-makanan yang kurang sehat akan dijauhinya. Selain itu, dengan memberi nutrisi yang cukup, perkembangan sel otak anak akan bertumbuh dengan baik dan meningkatkan kecerdasan otak anak.

  1. Selalu mengajari dan mengajak untuk beribadah sejak dini

Sejak dini anak sudah harus diperkenalkan dengan keberadaan Tuhan dan mengajak untuk beribadah. Dengan tertib beribadah, maka ornag tua juga menjadi contoh yang baik bagi anak dan juga anak memilki pola pikir yang baik dan dapat meningkatkan kecerdasan baik secara lahir maupun batinnya. Dalam kehidupan bisa membedakan hal-hal yang positif dan negatif. Maka orang tua perlu mengajak anaknya untuk beribadah.

Itulah beberapa tips mendidik anak agar memiliki sikap yang baik,patuh dan cerdas. Ornag tua sangat berperan penting bagi anaknya untuk memberikan masa depan yang berkualitas dan menjadikan insan yang mulia. Semoga bagi para orang tua, artikel saya bisa bermanfaat dan menambah motivasi untuk mendidik anaknya menjadi pribadi yang mulia. Semoga sukses.