Pengertian dan Keutamaan dari Berdzikir Kepada Allah

Posted on

Assalamualaikum, wahai para sahabat muslim sebagai manusia pasti kita tidak luput yang namanya dosa. Baik dosa kecil maupun dosa besar. Setiap hal yang kita kerjakan mungkin secara tidak sadar ada amal yang kita dapatkan adalah antara pahala dan dosa. Tapi, anatar kedua amal tersebut pasti yang lebih banyak adalah dosa, sampai-sampai kita tidak bisa menghitung dosa apa saja yang telah didapatkannya. Karena dosa yang terdapat dalam diri maka akan di beri titik hitam dalam hati manusia.

Jikalau kita tak dapat menghapus titik hitam tersebut maka akan terus berada dalam hati kita bahkan bertambah banyak pula. Hal inilah yang menghambat kita untuk mendapat pertolongan dari Allah, karena kita telah dilumuri dosa. Namun, apakah dosa tersebut dapat dihapus? Ya, banyak sekali perintah dari Allah baik di dalam Al Qur’an maupun Al Hadits yang menjelaskannya. Salah satunya dengan taubat nasuha. Jika kita melakukan taubat nasuha insyallah dosa kita perlahan akan terhapus. Salah satu hal yang dilakukan untuk bertaubat adalah dengan berdzikir kepada Allah. Di dalam Al Qur’an Allah juga telah berfirman : “Karena itu, ingatlah kamu kepada-KU maka niscaya aku akan ingat kepadamu, dan bersyukurlah kepada-KU dan jangan engkau ingkari (nikmat)-KU”. (QS Al Baqarah : 152).  Selain berdzikir dapat menghapus dosa, banyak sekali keutamaan berdzikir.

Berdzikir secara bahasa berasal dari kata Bahasa Arab (Ad-Zikr) artinya “Ingat”. Secara istilah adalah kegiatan umat muslim atau beribadah untuk mengingat Allah. Seperti menyebut nama Allah, mengingat nama Allah,memuji nama Allah. Kalimat dzikir banyak sekali dapat dijumpai karena berdzikir merupakan perintah dari Allah yang tercantum baik dalam Al Qur’an atau Al Hadits. Biasanya kalimat yang paling utama adalah “Laa Ilaaha Illaulloh”, doa utama adalah lafadz “Alhamdulillah” dan kalimat pengampunan adalah lafadz “Astagfirullah”. Dan masih banyak lagi kalimat-kalimat Allah.

Sahabat muslim, pasti Anda begitu penasaran, keutamaan dan manfaat apa saja yang kita dapatkan dari berdzikir? Mari simak artikel berikut!

keutamaan dzikir kepada allah
keutamaan dzikir kepada allah
  1. Menghapus Dosa

Telah kita ketahui seperti dia atas, berdzikir merupakan salah satu cara untuk menghapus dosa dan menghilangkan titik hitam dalam hati. Meskipun hal tersebut sangat mudah diucapkan tetapi tidak semua orang bisa mempraktekan ucapan dzikir, hanya orang yang benar-benar bertaqwa kepada Allah lah, yang bisa mengucapkan dzikir tersebut. Selain itu, ternyata berdzikir dapat memberatkan amal timbangan. Maka supaya berusaha dengan rutin untuk selalu mengucapkan dzikir kepada Allah.

  1. Memberikan Ketenangan Hati

berdzikir hati menjadi tenteram
berdzikir hati menjadi tenteram

Hati adalah salah satu jiwa yang memberikan petunjuk dalam melakukan hal selain otak. Bahkan kerja otak juga berasal dari hati. Hati juga daapt membuat jiwa yang menjadi terluka. Hati yang terluka akan sangat sulit untuk menghilangkannya. Meskipun manusia memiliki kesabaran,tidak mungkin akan selalu bersabar pasti terdapat rasa ingin memberontak. Nah, agar kita bisa mengendalikan diri untuk bersabar dengan hati yang tulus dan tidak sampai memberontak maka bisa melakukan dengan cara berdzikir kepada Allah. Dengan berdzikir jiwa dan hati akan menajdi tenang. Karena setiap saat kita akan selalu ingat kepada Allah. Dengan cara inilah manusia akan terbuka hatinya untuk saling memaafkan satu sama lain. Di dalam Al Qur’an Allah juga berfirman : “(Yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati dapat menjadi tenteram”. (QS Ar Rad : 28).

  1. Mendapat Ridha Allah

Semua aktivitas yang kita lakukan sehari-hari ternyata termasuk salah satu ridah dari Allah. Nah, bagaimana jika kita tidak mendapatkan ridha Allah? Maka aktivitas yang kita lakukan apapun akan berdampak buruk. Nah, jika Anda ingin aktivitasnya selalu baik dan dirihai Allah, maka Anda supaya rutin berdzikir kepada Allah. Dengan berdzikir insyallah aktivitas yang Anda lakukan selama hal posisif akan dimudahkan Allah.

  1. Menambah Rezeki

Jika kita mendapatkan suatu rezeki seekcil apapun maka jangan lupa untuk selalu bersyukur. Syukuri apa yang ada. Karena di dalam Al Qur’an Allah berfirman : “Jika kalian bersyukur maka nikmat-KU Allah akan KU-tambahkan, sebaliknya jika kalian kufur (pada nikmat-KU) niscaya siksa-KU Allah sangatlah pedih”. (QS Ibrahim : 7). Maka apapun selalu bersyukur. Selain itu, jika Anda ignin ditambahkan rezekinya maka Anda juga bisa merutinkan untuk berdzikir keapda Allah, karena dengan berdzikir secara tak sadar Allah akan memberikan rezeki apapun darimana saja tanpa kita sangka.

  1. Dapat Mengusir Syetan

Manusia pasti tahu bahwa di dunia ini juga terdapat yang namanya setan ataupun jin di dalam kehidupan kita. Makhluk yang baik dan buruk pasti akan selalu ada karena makhluk yang buruk akan menemaninya dan mengajak untuk masuk ke dalam neraka dan sebaliknya.

Mungkin Anda pasti juga sering mendengar bahkan melihat seseorang yang sedang kesurupan. Hal itu memang benar bahwa memang ada sebagian syetan yang ingin mengganggu manusia melalui dengan merasuki tubuhnya. Sehingga seseorang tersebut harus di ruqyah. Namun, ada cara agar kita tidak dirasuki oleh syetan dan agar manusia selalu berada dalam ketaqwaan yaitu dengan berdzikir dengan rajin berdzikir maka syetan akan takut pada diri kita. Bahkan syetan yang merasuki tubuh manusia bisa keluar dari tubuhnya karena mendengar suara dzikir kepada Allah. MasyaAllah, sungguh kalam Allah benar-benar mulia.

  1. Dapat menambah Rasa Percaya Diri

Mungkin ANda sering melihat bahkan mengalami jika mau belajar baik di sekolah maupun majelis ilmu Anda berdoa atau berdzikir kepada Allah. Atau ketika sedang melakuka ajang perlombaan agar Anda tak merasa nerveous atau istilah grogi Anda membaca doa atau dzikir terlebih dahulu. Iya, ternyata hal tersebut sangat benar. Tidak hanya ketika ajang perlombaan saja, tapi, jika kita selalu memulai pembelajaran dengan berdoa atau berdzikir terlebih dahulu maka akan menambah rasa percaay diri dan semua hal menjadi mudah, kita juga akan merasa selalu bersyukur atas nikmat dari Allah.

  1. Menghilangkan Rasa Takut dan Resah

Jika Anda mengalami suatu hal yang akan terjadi tidak baik, maka Anda teruslah berdzikir kepada Allah, dengan berdzikir merupakan salah satu doa kepada Allah dan doa juga merubah qodar dari Allah, jika Anda memiliki perasaan buruk maka berusahalah utnuk selalu berdzikir kepada Allah, insyallah semua persangkaan tersebut akan menjadi hal yang baik.

Jika Anda merasa takut terhadap seseorang atau terancam dengan binatang buas, perisai yang dapat Anda lakukan adalah dengan berdzikir kepada Allah, dengan berdzikir berarti kita mengingat atau menyebut nama Allah. Semua hal yang terjadi di dunia adalah atas kehendak Allah maka serahkanlah semua kepada Allah.

  1. Mengendalikan Amarah

Mungkin jika Anda sedang merasa kesal,marah bahkan emosi terhadap seseorang maka tidak ada yang bisa mengendalikan amarah tersebut kecuali diri Anda sendiri. Maka satu-satunya cara adalah Anda supaya dzikir kepada Allah, dengan berdzikir Anda akan mengingat Allah. Karena manusia bisa menjadi emosi atau marah merupakan perbuatan syetan. Jika Anda tak dapat mengendalikan emosi maka syetan akan semakin merasa senang, bangga bahwa telah berhasil menggoda manusia untuk berbuat amarah. Jadi, supaya diingat betul, jika ANda sedang emosi atau marah supaya cepat-cepat berdzikir kepada Allah. Salah satu ucapan ketika ANda marah dengan membaca Ta’awudz (Audzubillahi Minassyaiton Nirrojim) artinya : “Aku berlindung kepada Allah dari syetan yang diranjam”. Insyallah emosi atau marah Anda dapat terkendalikan.

Itulah, pengertian,manfaat serta keutamaan-keutamaan berdzikir yang dapat kita dapatkan. Jika kiat selalu mengingat Allah maka akan menjadi hamba yang bertaqwa kepada Allah.

Semoga artikel saya dapat bermanfaat bagi saudara muslim dan bisa lebih merutinkan untuk sellau berdzikir kepada Allah. Sekian, Wassalamualaikum…