Bencana Tsunami
Bencana Tsunami

Yuk! Cari Tahu Pengertian dan Penyebab Terjadinya Bencana Tsunami

Posted on

“ Bencana Tsunami “ pasti kalian tidak asing lagi ketika mendengar kalimat ini! Kalian tau tidak penyebab terjadinya bencana alam yang satu ini? Hai sobat jempoltangan.com, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada kepada kalian di artikel ini tentang pengertian tsunami, penyebab terjadinya tsunami, dan hal-hal yang meliputi tentang tsunami.

Pengertian Bencana Tsunami

Tsunami adalah bencana alam yang terbesar sepanjang sejarah dan menyebabkan korban yang sangat banyak, korban bisa mencapai ribuan orang. Indonesia juga pernah mengalami bencana alam ini, lebih tepatnya terletak di Aceh, yang terjadi pada tahun 2004. Peristiwa ini menewaskan ribuan nyawa manusia.

Kata tsunami sendiri diambil dari dua suku kata yaitu ‘tsu’ yang artinya pelabuhan dan “nami” yang artinya gelombang. Tsunami terjadi akibat perubahan permukaan air laut. Perubahan air laut bisa terjadi akibat berbagai macam hal, misalnya gempa yang terletak di bawah laut, adanya longsor yang terjadi dibawah laut, adanya gunung berapi yang meletus dibawah laut, dan lain sebagainya.

Tanda-Tanda Terjadinya Bencana Tsunami

Bencana Tsunami
Bencana Tsunami

Tsunami dpat diprediksi kedatangannya setelan kita melihat beberapa gejala atau tanda-tanda tertentu. Tanda-tanda akan terjadinya tsunami antara lain sebagai berikut.

  1. Terjadinya getaran yang berasal dari dalam laut dalam kekuatan yang cukup besar

Tanda-tanda yang pertama akan terjadinya bencana tsunami adalah terjadi getaran di bawah laut dengan kekuatan yang cukup besar. Getaran yang berkekuatan cukup besar ini bisa berbentuk seperti gempa bumi yang berada di bawah laut, gunung meletus yang berada di bawah laut, ataupun longsor.

Dengan getaran yang sangat kuat ini bisa menjadikan gelombang tsunami, karena goncangan yang sangat kuat dari kejadian membuat laut menumpahkan isinya ke daratan.

  1. Air laut surut mendadak

Setelah gelombang yang sangat kuat terjadi, kita akan melihat air laut yang dengan tiba-tiba surut. Ini adalah tanda-tanda yang sangat jelas akan terjadi bencana tsunami. Air laut terlihat surut karena air laut akan tersedot.

  1. Binatang-binatang menjauhi daerah pantai

Tanda-tanda selanjutnya akan terjadi bencana tsunami adalah banyak binatang yang pergi menjauhi daerah sekitar pantai, baik itu burung ataupun hewan yang lainnya. Hal ini terjadi karena sensor pada binatang sangat kuat dari pada sensor manusia , maka dari itu binatang lebih dulu mengetahui akan terjadi bencana tsunami.

Itulah beberapa tanda akan terjadinya tsunami. Apabila kita melihat tanda-tanda seperti di atas, alangkah baiknya kita langsung menyelamatkan diri kita tanpa berpikir panjang.

Tindakan Penyelamatan Yang Dilakukan Menjelang Terjadinya Tsunami

Upaya yang harus kita lakukan ketika sudah melihat tanda-tanda akan terjadinya tsunami adalah:

  1. Segera kalian menjauhi pantai

Hal pertama yang harus kalian lakukan ketika sudah melihat tanda-tanda akan terjadinya tsunami, segeralah kalian menjauhi daerah pantai. Kenapa kita harus menjauhi daerah pantai? Karena daerah pantai sangat dekat dengan laut dan daerah pantai adalah daerah yang pertama kali terkena tsunami.

  1. Segera kalian pergi ke dataran yang lebih tinggi

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah kalian harus segera mencari tempat yang lebih tinggi contohnya seperti pegunungan tau perbukitan apabila ada. Karena daerah atau dataran yang tinggi akan melindungi kita dari tsunami . di dataran yang tinggi juga memudahkan kita untuk memberikan kode penyelamatan.

Tim penyelamatan biasanya melakukan penyelamatan setelah bencana ini dari udara, karena dengan di udara memiliki sedikit hambatan dari pada melakukan penyelamatan melewati daratan, selain itu juga memudahkan untuk tim penyelamat memantau daerah yang terlanda tsunami.

Itulah dua langkah penyelamatan yang harus kita lakukan, ketika telah melihat tanda-tandanya. Dengan kita menyadari tanda-tanda akan terjadi tsunami, kita akan dapat menyelamatkan barang-barang yang berharga. Lebih cepat lagi ketika kita sedang mencari tempat aman dengan menggunakan kendaraan, karena kendaraan lebih cepat dari pada kita berlari.

Akibat Dari Bencana Tsunami

Bencana Tsunami
Bencana Tsunami

Dampak akibat dari tsunami ini tergantung pada besar dan kecilnya tsunami yang datang. Kerusakan akibat tsunami itu juga tergantung pada kekuatan air yang datang dan menyapu daratan. Selain kekuatan air yang datang dan menimpa daratan, kerusakan juga diakibatkan oleh hantaman benda-benda yang terbawa oleh air tersebut.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa dampak negative yang diakibatkan oleh bencana ini:

  1. Banyak memakan korban

Dampak yang pastinya terjadi akibat bencana ini adalah menimbulkan banyak sekali korban yang meninggal dunia. Akibat dari sapuan gelombang tsunami yang sangat besar bisa mengakibatkan banyak manusia yang terseret, kesakita, bahkan hingga mati akibat terbentur. Bencana ini dianggap  bencana yang paling dasyat sepanjang sejarah.

  1. Membuat binatang-binatang mati

Tidak hanya manusia saja yang mati ketika bencana ini, tetapi makhluk hidup lainnya juga akan mati contohnya seperti binatang. karena tsunami berbentuk air, maka jenis binatang yang mati adalah binatang yang hidupnya di darat, apalagi binatang yang tidak bisa berenang.

  1. Merusak tanaman

Tsunami tidak hanya menimpa pada manusia dan binatang, tetapi tsunami juga menghancurkan tanaman. Tanaman yang ada di daratan akan rusak dan mati akibat di terjang oleh tsunami. Akibatnya akan banyak tanaman yang mati dan tanah akan terlihat gundul. Adapun tanaman yang mudah mati adalah tanaman yang tidak mempunyai akar yang sangat kuat untuk menopang batang tumbuhan tersebut.

Batang dari tanaman yang tumbang akan hanyut dan inilah salah satunya penyebab terjadinya banyak korban. Batang dari tumbuhan yang hanyut ini juga menyebabkan banyak bangunan yang masih berdiri menjadi rusak bahkan hancur.

  1. Merusak bangunan

Tsunami juga dapat mengakibatkan banyak sekali bangunan yang rusak. Tidak hanya bangunan saja yang rusak tetapi juga fasilitas umum juga akan rusak karena hantaman gelombang tsunami. Contohnya seperti tempat ibadah, sekolah, dan sarana umum lainnya. Akibat dari hal ini maka manusia akan sangat repot untuk melakukan aktivitasnya. Dengan begitu korban yang selamat harus menempati posko pengungsian dengan bersama-sama agar mereka mendapatkan pelayanan yang lebih memadai.

Itu adalah dampak akibat terjadinya tsunami, dan masih banyak lagi dampak yang terjadi. Dampak yang dijelaskan di atas adalah dampak yang buruk akibat terjadinya tsunami. Demikian artikel yang saya sampaikan tentang bencana alam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.