global warming
global warming

Anti Panas Dengan Mengetahui Pencegahan Global Warming

Posted on

Global warming atau banyak dikenal dengan pemanasan global merupakan hal yang sering dibincangkan saat ini dan telah menjadi isu di berbagai belahan dunia.  Yang dimaksud global warming yaitu naiknya suhu rata rata diatas permukaan bumi baik didarat, diudara maupun dilaut. Sehingga suhu bumi semakin lama semakin panas.

Pemanasan global tidak asing lagi bagi banyak orang,  dengan adanya pemanasan global ini yang berdampak buruk bagi kehidupan, baik manusia, hewan maupun tumbuhan serta alam sekitar. Pemanasan global atau global warming adalah proses peningkatan suhu rata rata atmosfer, laut, dan daratan bumi.

Intergovernmental  panel on climate change (IPCC) menyimpilkan bahwa  sebagian besar peningkatan suhu rata rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas gas rumah kaca akibat aktivitas manusia. Namun, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukan oleh IPCC tersebut.

Meningkatnya suhu global diperkirakan  menyebabkan perubahan perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, perubahan jumlah dan pola presipitasi, meningkatnya intensitas fonemena cuaca yang ektrim. Terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan itu  juga merupakan akibat akibat pemanasan global yang lain.

Penyebab pemanasan global

1.        Efek rumah kaca

Segala sumber energi yang terdapat dibumi berasal dari matahari. Sebagian besar energi tersebut berbentuk  radiasi gelombang pendek , termasuk cahaya tampak. Permukaan bumi, akan meyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini yang terwujud radiasi infra merah gelombang panjang ke luar angkasa.

Tetapi sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca yaitu uap air, karbondioksida, mentana, dan sulfur dioksida menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan bumi lalu akibat panasnya tersebut akan tersimpan di permukaan bumi.

2.        Efek umpan balik

Penyebab pemanasan global juga dipengaruhi oleh berbagai proses umpan balik yang dhasilkanya. Contohnya adalah penguapan air. Pemanasan awalnya menyebabkan  lebih banyaknya air yang menguap ke atmosfer. Sebab uap air merupakan gas rumah kaca, pemanasan akan terus berlanjut dan menambah jumlah uap air di udara sampai tercapainya suatu kesetimbangan konsentrasi uap air.

Umpan balik ini hanya berdampak secara perlahan lahan sebab CO2 memiliki usia yang panjang atmosfer. Umpan balik penting lainnya adalah hilangnya kemampuan memantulkan  cahaya oleh es.

3.        Boros listrik

Penggunaan listrik yang wajar dan sesuai  kebutuhan tentu prilaku manusia bijak. Semua orang menginginkan hal tersebut bisa dilakukan setiap individu. Tetepi ternyata untuk menghemat listrik bukanlah pekerjaan yang mudah bagi sebagian orang.

4.        Halaman rumah tanpa pepohonan.

Tumbuhan hijau bisa membuat udara menjadi sejuk dan  menetralkan suhu udara sehingga bisa disimpulkan bahwa pohon bisa mengatasi suhu panas yang tinggi. Kalau di setiap halaman rumah atau pekarangan rumah tidak  ada tanaman pohon   maka wajar kalau pemanasan global itu terjadi.

Sebaiknya di setiap rumah  ditanami pohon  apa lagi rumah yang ada di perkotaan . tetapi hal ini juga tidak dilakukan oleh banyak rumah. Apalagi di perkotaan yang lebih memilih membangun gedung daripada menanam pepohonan.

5.        Bahan bakar kendaraan.

Bahan bakar kendaraan sangat mengganggu bagi kesehatan manusia, juga bisa memberikan bertambahnya pemanasan global dari polusi udara ynag di hasilkannya.

6.        Hutan gundul

Banyak terjadi kebakaran hutan dikarenakan hutan yang gundul. Banyak orang yang menebang pohon dihutan secara ilegal. Padahal hutan sangat bermanfaat  salah satunya adalah mencegah banjir. Tidak hanya itu, hutanpun juga dapat mereduksi suhu panas di bumi ynag semakin meningkat.

Salah satu sumber menyimpulkan bahwa pemanasan global meningkat 50% yang penyebabnya adalah karbondioksida. Dimana emisi karbondioksida disebabkan adanya kerusakan atau pembakaran hutan. Oleh karena itu hutan gundul menjadi salah satu penyebab meningkatnya pemanasan global.

7.        Polusi udara dari pabrik.

Semakin lama pabrik atau industri semakin banyak  dan berkembang. Dan semakin banyak juga terjadi pemanasan global. Tetapi kalau diambil dari sisi positifnya semakin banyaknya pabrik memberikan peluang untuk mensejahterakan rakyat atau penduduk. Namun dari sisi negatif kerugian asap yang di hasilakan  o;eh industri atau pabrik sangat merugikan eksitensi bumi.

8.        Bocornya lapisan ozon

Sinar matahari yang memancar kebumi tidak langsung sampai kebumi, sebab adanya lapisan ozon yang melakukan filter terlebih dahulu. Tapi jika lapisan ozon memang masih normal. Namun sekarang ini lapisan ozon sudah menipis bahkan ada yang sudah bocor.

Salah satu sumber menyimpulkan bahwa berdasarkan pemantauan menggunakan instrumen total ozone mapping spectrometer (TOMS) pada satelit nimbus 7 dan meteor 3, kerusakan ini telah menimbulkan sebuah lubang yang dikenal sebagai lubang ozon di kedua kutub bumi.

9.        Kurangnya ruang terbuka hijau

Upaya pemerintah disetiap daerah sangat minim untuk membangun ruang terbuka hijau. Hal tersebut bisa dilihat dengan susah sekali kita menemukannya.

10.     Usia bumi yang sudah tua

Planet yang sudah mencapai usia 4,6 miliar tahun yang menjadi penyebab juga. Artinya sudah sangat tua.  Ibaratnya manusia jika sudah tua pastinya banyak penyakit yang menghampirinya, bumipun begitu penyakit yang diderita bumi hari ini adalah pemanasan global dan hujan asam serta banyak lagi yang lain.

Dampak pemanasan global

Pemanasan global pastinya memiliki dampak yang sangat banyak / luas yang tentunya memberikan pengaruh bagi kehidupan di permukaan bumi, khususnya para manusia. Berikut adalah beberapa dampak pemanasan global:

a)       Gunung es yang akan mencair.

b)       Populasi hewan dan tumbuhan yang akan menurun.

c)        Air tanah cepat menguap yang akan mengakibatkan kekeringan.

d)       Angin ynag tertiup lebih kencang dengan pola ynag berbeda yang dapat membentuk angin puting beliung.

e)       Menyebabkan kekeringan di daeraha pertanian hingga tanaman akan rusak.

f)        Meningkatnya hama pangan akibat dari perubahan iklim.

g)       Kenaikan permukaan laut yang sangat banyak mneyebabkan tsunami.

h)       Meningkatnya hama pangan akibat perubahan ikllim

i)         Meluasnya beberapa penyakit yang dapat menyerang manusia.

j)         Meluasnya kasus orang meninggal akibat cuaca yang panas.

k)        Badai yang sering terjadi

l)         Curah hujan akan meningkat

m)     Mengakibatkan gagal panen karena cuaca ektrem dengan terjadi banjir.

Upaya penanggulangan pemanasan global

Pemanasan  global sangat memerlukan sekali dengan adanya penangganan dalam mencegah, mengatasi, dan mengurangi dampak dari pemanasan global.salah satu penyebab  pemanasan global yaitu penggunaan bahan bakar fosil dengan meningkatnya kadar korbondioksida di atmosfer. Konsumsi total bahan bakar fosil di dunia akan meningkat 1% per tahunnya.

Langkah langkah yang dilakukan atau yang sedang di dibahas saat ini tidak dapat mencegah pemanasan global di masa  depan. Tantangan yang ada yaitu mengatasi efek yang timbul sambil melakukan langkah langkah untuk mencegah semakin berubahnya iklim di masa mendatang.  Berikut ini adalah upaya penanggulangan pemanasan global.

                i.            Mengubah perilaku pribadi

Tindakan yang sangat baik dalam mencegah, mengatasi, mengurangi pemanasan global yaitu dengan mengubah perilaku pribadi manusia. Contohnya: hemat listrik, mengurangi penggunaan mobil, menanam pohon.

               ii.            Langkah mencegah pemanasan global secara kolektif

Upaya penanggulangan pemanasan global juga dapat dilakukan secara bersama maupun  kolektif. Contohnya : menggunakan energi alternatif, melestarikan hutan, menghapus penggunaan CFC, memperbaiki kualitas kendaraan dengan uji emisi.

             iii.            Mengurangi karbon

Upaya untuk mengurangi gas karbondiokida yang ada di udara dapat dilakukan dengan hal hal sebagai berikut: menanam atau  memelihara tumbuhan dalam jumlah yang banyak, mengganti penggunaan bahan bakar fosil dengan bahan bakar alternatif.

Global warming

Agen perlindungan lingkungan amerika serikat, mengemukakan bahwa global warming adalah peningkatan suhu rata rata di permukaan bumi, baik yang telah berlalu maupun yang sedang terjadi pada saat ini. Pada sebagian besar kejadian dipengaruhi oleh peristiwa efek rumah kaca di atmosfer bumi. Pemanasan global inilah yang menyebabkan adanya perubahan iklim.

Asosiasi energi matahari New Mexiko, Amerika  Serikat, meyimpulkan bahwa global warming adalah peningkatan  suhu atau temperatur rata rata dipermukaan  bumi sebagai dampak dari efek rumah kaca yang mana efek rumah kaca ini adalah kejadian terperangkapnya panas dibumi karena terhalangnya gas emisi seperti karbondioksida di atmosfer sebab asap kendaran bermotor, polusi udara, dan kebakaran hutan.

 

National Wildlife Federation, menjelaskan tentang global warming sebagai peristiwa yang mana semakin hari bumi semakin panas, hujan dan banjir semakin deras, kekeringan semakin menjadi jadi, badai semakin hebat. Global warming juga mengubah lanscape kehidupan di bumi dan mematikan banyak spesies. Berbagai kejadian tersebut merupakan dampak nyata yang terjadi akibat adanya pemanasan global di permukaan bumi ini.