pemanasan global
pemanasan global

Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasi Pemanasan Global

Posted on

Pemanasan Global pasti kalian sudah sering mendengarnya! kalian yang belum mengerti apa itu pemanasan global jangan khawatir. Kali ini saya akan menjelaskan tentang pemanasan global atau yang biasanya disebut dengan global warning.

Pengertian Pemanasan Global

pemanasan global
pemanasan global

Pemanasan global atau global warning adalah dimana sinar matahari yang memancarkan sinarnya hingga menembus atmosfer sehingga suhu rata-rata atmosfer meningkat dan menyebabkan sebuah radiasi yang diserap oleh rumah kaca. Akibatnya gas dari rumah kaca yang berlebihan. Dampak pemanasan global sendiri juga bisa menurunkan kwalitas hidup masyarakat.

Pemanasan global atau global warning pun juga bisa terkait dengan pencemaran udara yang ada di lingkungan kita. global warning sudah terjadi selama 50 tahun terakhir, yakni kegiatan dari pembakaran bahan fosil, pertanian, pembukaan lahan, dan aktivitas manusia.

Pemanasan global atau global warning ini sudah menjadi masalah yang serius bagi dunia, jadi semua Negara di dunia gencar untuk mengatur penggunaan gas rumah kaca. Lalu apa penyebab global warning ini? Berikut penjelasannya

Penyebab Pemanasan Global

Penyebab dari pemanasan global atau global warning sendiri dikarenakan ulah yang dibuat manusia dengan pertumbuhan populasi teknologi dan industri, hal ini lah yang membuat terjadinya global warning di dunia.

  • Semakin banyak bagunan menggunakan model rumah kaca

Memang model rumah yang menggunakan tampilan ini lebih indah. Bahkan gedung-gedung tinggi yang memakai kaca untuk dindingnya pun sudak banyak. Padahal gedung yang menggunakan kaca itu berdampak sangat buruk bagi lingkungan. Kenapa berdampak sangan buruk? Karena kaca itu tidak dapat menyerap sinar dari matahari tetapi kaca memantul kan sinar matahari ke udara.

  • Meningkatnya karbon monoksida dari kendaraan

Penyebab pemanasal global terjadi karena aktivitas manusia sendiri, karena dengan bertambahnya jumlah penduduk di seluruh dunia. Maka jumlah kendaraan juga akan bertambah karena untuk memenuhi kehidupan manusia.

Padahal kendaraan bermotor mempunyai effek yang sangat berpengaruh untuk pemanasan global, dikarenakan gas yang keluar dari kendaraan bermotor adalah gas karbon monoksida.

  • Efek dari rumah kaca

Rumah kaca juga berdampak buruk untuk lingkungan karena rumah kaca memantulkan sinar matahari ke permukaan bumi karena terperangkap dengan gas yang ada di atmosfer. Sehingga cahaya yang dipantulkan rumah kaca berhenti dan tidak bisa tembus keluar angkasa.

Sebenarnya rumah kaca memberikan manfaat bagi makhluk hidup dan bumi, namun jika terlalu berlebihan itu akan berdampa tidak baik untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup yang ada di bumi.

  • Gas buangan indutri
Asap-pabrik
Asap-pabrik

Gas buangan industri sama seperti rumah kaca. Gas buangan industri juga berdampak yang tidak baik bagi manusia, gas yang dihasikan oleh industri bisa menyebabkan pencemaran pada udara, karena asap yang dihasilkan sangat berlebihan. karena asap yang dikeluarkan pabrik adalah gas karbon monoksida, gas metana, karbondioksida, dan yang lainnya.

  • Luas hutan yang semakin menurun

Luas hutan yang semakin turun juga dapat bisa mengakibatkan pemanasan global. hutan yang ada di dunia ini berkurang juga akibat dari ulang yang diperbuat oleh manusia sendiri, hal yang menyebabkan hutan semakin berkurang karena manusia sering melakukan penebangan hutan secara liar dan pembakaran hutan.

Padahal hutan berperan sangat penting untuk kehidupn manusia dan makhluk hidup yang ada di bumi, sebab hutan adalah paru-paru bagi dunia.

Efek yang ditimbulkan dari hutan yang semakin berkurang adalah cuaca yang ada di bumi semakin buruk sebab tidak ada tempat untuk bertukarnya karbondioksida menjadi oksigen, akibat dari kurangnya oksigen adalah pencemaran udara. Hal ini dapat mengganggu pernafasan.

Sekarang lahan-lahan kosong sudah tidak ada, karena lahan kosong tersebut sudah diubah menjadi bangunan atau gedung-gedung tinggi. Dengan tidak adanya lahan kosong akhirnya kita menjadi sulit untuk menanam pepohonan di lingkungan rumah kalian.

  • Polusi yang dibuat kendaraan dari bahan bakar bensin

Kendaraan sangat berpengaruh besar terhadap terjadinya pemanasan global sebab kendaraan seperti mobil, motor, dan masih banyak lagi itu membutuhkan bahan bakar minyak agar dapat digunakan. Tetapi hasil yang dibuat dari kendaraan, pembuangannya akan menghasilkan karbondioksida yang terlalu berlebihan.

Gas karbondioksida sangat berpengaruh untuk pemanasan global, karena gas ini adalah gs yang menangkap cahaya panas  sehingga cahaya panas tidak dapat diteruskan menuju luar angkasa. Hal ini dapat memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan manusia karena terlalu banyak polusi yang dihasilkan.

  • Borosnya pemakaian listrik

Boros dalam penggunaan listrik juga bisa menyebabkan pemanasan global. Karena jika terlalu sering dalam menggunakan listrik akan ada penguapan yang dihasilkan oleh listrik.

Seharusnya dalam pemakaian listrik harus dipakai secara efisien dan disesuaikan dengan keperluan  sehinga tidak terjadi pemakaian yang berlebihan dan tidak menyebabkan pemanasan global, walaupun hal ini tidak begitu berpengaruh, tetapi ini bisa menambah gas karbondioksida sehingga dapat mempercepat terjadinga pemanasan global.

Jadi tidak usah bingung jika melihat ada kampanye yang menghimbau agarmenghemat listrik. Walaupun dampaknya sedikit tetapi jika penggunaannya semakin banyak maka akan merusak lingkungan dan akan merugikan diri sendiri karena membuat lingkungan tercemar.

  • Polusi metana yang disebabkan oleh pertanian, peternakan dan perkebunan

Gas metana adalah salah satu gas yang menyebabkan pemanasan global semakin cepat , gas ini ada didalam urutan kedua hal yang menyebabkan global warning. karena gas ini merupakan gas yang sangat berpengaruh dengan pemanasan global. Gas metana ini terbuat dari bahan organik  yang kekurangan  bakteri pemecah pada pertanian, peternakan dan perkebunan.

  • Konsep rumah yang modern

Membangun rumah dengan menggunakan konsep rumah modern dapat menyebabkan global warning. Disebabkan perkembangan dunia semakin berkembang. Manusia memilih untuk membangun rumah dengan menggunakan model rumah yang menggunakan banyak kaca.

Hal ini dapat menyebabkan pemanasan global secara cepat dikarenakan kaca memantulkan cahaya matahari ke udara lagi dan membuat bumi semakin panas.

  • Pencurian hutan yang merajalela
penebangan hutan secara liar
penebangan hutan secara liar

Pencurian hutan semakin banyak dan pencurian hutan akibat kelakuan manusia yang tidak bertanggung jawab dan tidak bisa menggunakannya dengan baik. Hal seperti ini sangat berpengaruh pada kejadian global warning, semakin banyak terjadinya penebangan hutan secara liar, penggunaan lahan secara sembarangan, pencurian hutan maka lingkungan jadi tercemar dan dapat menyebabkan sesak nafas.

  • Pembakaran sampah secara berlebihan

Pembakaran sampah yang dilakukan setiap harinya juga bisa membuat pemanasan global secara cepat. Pembakaran juga sering dilakukan oleh orang-orang yang tidak mau bertanggung jawab, karena biasanya sampah yang sudah dibakar itu ditinggal begitu saja, dengan pembakaran sampah bisa membuat gas metana yang bisa menangkap panas sehingga karbondioksida menjadi sulit menghasilkan oksigen.

  • Kekurangan pepohonan

Dengan kurangnya pepohonan juga bisa membuat pemanasan global, karena dengan adanya pohon bisa membantu mengatasi suhu yang panas yang bisa mempercepat terjadinya global warning. Karena pohon memiliki peranan yang sangat penting bagi lingkungan dan makhluk hidupyang ada di bumi , karena pohon bisa mengurangi polusi, membuat lingkungan menjadi sejuk, dan jauh dari pencemaran udara.

  • Polusi udara dari industri pabrik

Di Indonesia lebih banyak industri pabrik dibandingkan dengan bisnis usaha yang dikerjakan sendiri-sendiri orang. Dengan semakin bertambahnya industri yang berkembang dapat mengakibatkan asap yang berlebihan, dan gas tersebut bisa mengakibatkan polusi udara. Dengan begini akan mempercepat terjadinya pemanasan global.

Dampak Yang Dihasilkan Dari Pemanasan Global

Dampak-pemanasan-global-pada-lautan-kutub
Dampak-pemanasan-global-pada-lautan-kutub

Dampak yang diakibatkan dari pemanasan global

banyak sekali. contohnya adalah sebagai berikut:

  • Mencairnya es dapat mengakibatkan meningkatnya permukaan laut di utara.
  • Dapat membahayakan ekosistem terumbu karang.
  • Meningkatnya permukaan air laut.
  • semakin meningkatnya panas.
  • meningkatnya suhu pada laut.
  • perubahan cuaca dan iklim.
  • angina yang ada di udara akan lebih kencang.
  • akan sering terjadi badai.
  • air yang ada didalam tanah akan cepat menguap.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan manusia agar pemanasan global tidak terjadi. Berikut adalah cara agar tidak terjadi pemanasan global.

  • Mengurangi pemakaian motor
  • Mengubah perilaku pribadi
  • Melestarikan hutan
  • Menanam pepohonan
  • Mengurangi penggunaan listrik

Demikian artikel Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasi Pemanasan Global yang saya berikan. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian dan dapat memotivasi untuk kalian, agar kalian bisa mengatasi terjadinya pemanasan global.