pengusaha muda sukses

Menarik! Cerita Dibalik Pengusaha Sukses

Posted on

Pengusaha Sukses – hai pembaca setia Jempoltangan.com, kali ini kita akan membahas tentang pengusaha sukses yang ada di Indonesia, apa sih pengusaha itu?apa kalian pernah mendengarnya? Banyak sekarang masyarakat Indonesia lebih menjurus pekerjaan menjadi pengusaha Indonesia contohnya membuka usaha kue, baju online, transportasi online, dan lain sebagainya. Bukan karena menjadi pegawai atau karyawan itu susah tapi pekerjaan menjadi pengusaha ini bisa dimulai dari hobi yang dikembangan sehingga menjadi pekerjaan yang sukses.

Banyak cerita dari pengusaha yang mulai dari nol dan harus melewati jalan yang penuh liku liku dan tantangan sehingga mereka mampu meraih kesuksesan. Ini bisa menjadi inspirasi untuk anda yang ingin menggeluti dunia wiraausaha. Apakah kita bisa menjadi wirausaha yang sukses? Ya tentunya bisa saja asalkan mempunyai tekad kerja yang kuat, karena tidak semua usaha berjalan dengan lancar dan baik.

Orang  yang mampu memanfaatkan dan mencari peluang usaha dan dapat sumber dana dan sumberdaya yang dibutuhkan dalam usaha dan berani mengambil resiko disebut Wirausaha. Dan orang yang mampu menjalankan kegiatan usaha baik jual beli atau pun produksi yang mempunyai tujuan mendapat keuntungan dan bisa menerima resiko dalam usaha nya disebut Pengusaha.

Seorang pengusaha dalam melakukan usahanya pastinya tidak dapat berjalan sendiri, pastinya membutuhkan tenaga kerjayang akan membantu menjalankan usahanya. Apalagi perusahaan besar banyak tenaga kerja yang dipakai. Namun ada jugapengusaha yang mampu bekerja sendiri tanpa menggunakan tenaga kerja (bisa dikendalikan sendiri).

Menjadi seorang pengusaha pastinya ada saja teman, kerabat, saudara yang tidak mendukung dengan usaha kita dan mencegah dan bisa saja mengurungkan niat kita untuk membuka usaha. Ah bagaimana nanti kalo kamu gagal? Masa yakin kamu bisa? Susah loh menjadi pengusaha? modal dari mana? Tapi untuk mendapatkan jalan kesuksesan. Anda harus fokus pada hal yang positif dan mendukung dari pada  reaksi negatif dari sekitar kita.

Contohnya kamu bisa melihat cerita sukses dan inspiratif sehingga bisa memotivasi diri kita. Belajar dari pengalaman dan cerita dari seorang pengusaha dalam menjalankan bisnis kamu juga harus percaya diri untuk memulai bisnis.

8 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia

1. Bob Sadino

pengusaha sukses
pengusaha sukses

Kelahiran 9 Maret 1939  berasal dari Lampung ini. Yang mempunyai nama lengkap Bambang Mustari Sadino atau yang terkenal dengan namana Bob Sadino ini adalah seorang penguasaha sukses yang juga pernah mengalami jatuh bangun dalam usahanya. Akhirnya mendapatkan kesuksesan yang besar. Berjalan sembilan tahun menjadi pegawai, akhirnya Bob memutuskan untuk berhenti dan memilih menjadi pengusaha. Pada saat usaha yang pertama dirintis yaitu penyewaan mobil dengan modal satu mobil marcedes dan dia yang menyupiri sendiri.

Tapi usaha itu tidak berjalan dengan lancar, karena musibah yang menimpanya saat mengendalikan mobil yang disewakan. Akhirnya Bob Sadino tidak meneruskan usaha itu. Tapi walaupun seperti itu Bob Sadino tidak pantang menyerah, dia kemudian memilih berganti profesi menjadi buruh bangunan yang dibayar harian.

Saat menjadi buruh bangunan dia melihat adanya peluang bisnis lainya, dengan ternak ayam dan telur ayam negeri. Pertama nya Bob berjualan keliling sendiri daganganya dari rumah ke rumah di daerah wilayah tempat tinggalnya. Tepatnya di daerah Jakarta Selatan.

Bisnis nya membuah kan hasil manis dan Bob mengembangkan sayap dengan berjualan daging dan sayuran hidroponik. Karena tekadnya yang tinggi bisnis tersebut sukses dan dia juga mendirikan supermarket yang menjual macam macam produk peternakan dan pertanian yang diberi nama KemChicks. Walaupun sudah sukses, Bob tetap tampil sederhana dan melayani sendiri seperti keluarganya.

2. Susi Pudjiastuti

pengusaha sukses 1
pengusaha sukses indonesia

Sering kita mendengarnya, siapa yang tidak kenal dengan perempuan ini. Perempuan kelahiran 1965 yang sekarang menjabat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan RI. Dia adalah sosok perempuan yang tegas dan disiplin. Ibu Susi ini memulai usaha nya di bidang perikanan dan kemudian menjadi maskapai penerbangan dari Nol. Setelah memilih untuk berhenti sekolah sebelum lulus SMA. Ibu Susi memilih usaha sebagai pedagang pakaian dan badcover (selimut). Setelah dia melihat ada potensi di daerahnya sebagai penghasil ikan. Ibu Susi memanfaatkanya sebagai peluang usaha. Dengan bermodalkan Rp750ribu dari hasil penjualan perhiasanya. Dia mulai membeli ikan dari pelelangan dan memasarkanya ke beberapa restoran. Tapi bisnis ini juga sempat mengalami  jatuh bangun. Tetapi akhirnya Ibu Susi ini berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di daerahnya dan dia juga merambat mengekspor ikan dan lobster.

Bisnis maskapai penerbangan ini juga berawal dari bisnis perikanan. Untuk mengatasi masalah pengiriman ikan yang lambat apabila lewat darat dan laut. Ibu Susi akhirnya membeli pesawat dari dana pinjaman bank untuk mengangkut produk lautnya. Dan kemudian berkembang menjadi armada maskapai penerbangan Susi Air melayani rute pedalaman.

3. Reza Nurhilman

pengusaha sukses indonesia
pengusaha sukses indonesia

Mungkin anda lebih mengenalnya dengan sebutan “keripik setan” Maicih. Reza Nurhilman adalah pemuda yang mempunyai usaha keripik setan atau biasa disebut Maicih atau produk keripik singkong yang ekstra pedas dan terkenal itu. Bisnis ini dimulai pada pertengahan 2010 saat Reza berumur 23tahun dengan modal awal 15 juta rupiah. Namun dia tidak menjalankan bisnisnya sendirian dia juga menggandeng produsen kripik lokal di Bandung.

Bisnis ini berjalan dengan pemasaran yang yang sederhana. Yaitu melalui media sosial seperti Twitter. Sebelum mengembangkan sayap dengan menerapkan sistem agen yang menggunakan istilah Jenderal agar produknya bisa disukai konsumen yang lebih luas. Para Jenderal ini memasarkan produknya dengan menjualkan keliling.

Pemuda kelahiran Bandung ini mengaku bahwa kunci kesuksesanya ada pada cara berfikirnya yaitu out the box dengan melalui Twitter, para jenderal memberi informasi lokasi penjualan setiap harinya. Dengan menerapkan cara pemasaran yang unik ini terbukti bisa mengangkat nama Maicih di dunia maya. Baru setengah tahun omzet penjualan Maicih bisa mencapai Rp7miliar perbulan.

4. Gibran Rakabuming

pengusaha sukses .
pengusaha sukses .

Siapa yang tidak kenal dengan sosok pemuda ini. Hampir seluruh masyarakat Indonesia tau dan kenal dengan pemuda ini. Gibran mempunyai usaha dibidang catering dan wedding organizer dengan nama Chili Pari. Sebelum menjabat menjadi Walikota Solo, lalu Gubernur DKI Jakarta dan akhirnya menjadi Presiden Ri. Ayahnya Joko Widodo adalah pengusaha mebel.

Tapi Gibran malah memilih untuk merintis usaha sendiri tanpa campur tangan ayahnya. Gibran memulai usahanya dengan mengajukan  pinjaman ke bank untuk modal. Usaha itu tidak berjalan mulus Gibran sempat ditolak beberapa kali. Akhirnya dia mendapat persetujuan dari satu bank.

Dengan modal pinjaman itu dia memulai Chili Pari dengan melayani pesenan partai kecil. Berkat usaha dan kemaunya sendiri. Sekarang Chili Pari sudah banyak mendapat order dalam jumlah besar dengan tamu hingga ribuan orang dan usaha Gibran semakin berkembang.

5. Nicholas Kurniawan

pengusaha sukses di indonesia
pengusaha sukses di indonesia

Mungkin belum familiar namanya ditelinga anda, tapi saat ini usianya masih sangat muda, 20 tahun. Dia sudah sukses menjadi eksportir ikan hias di Indonesia. Ini berawal dari kondisi keluarga yang jatuh terpuruk dan terbelit hutang. Tapi dengan tekad yang kuat Nicholas berniat merubah nasibnya.

Pernah mencoba berbagai jenis bisnis mulai dari  makanan, asuransi, mainan. Ini semua tidak berjalan dengan mulus Nicholas mengalami jatuh bangun bahkan sempat tidak naik kelas 2 SMA. Akhirnya dia mulai mencoba bangkit dengan menjual ikan hias online melalui situs Kaskus. Walaupun sering terkena tipu oleh calon pembeli. Tapi ikan hias ini sekarang sudah menjangkau ke luar negeri dan dalam negeri. Dan mempunyai omzet bisa mencapai 100juta.

6. Hamzah Izzulhaq

pengusaha sukses muda
pengusaha sukses muda

Sejak kecil dia memiliki bakat berbisnis yaitu berjualan kelereng, petasan, dan koran. Pemuda kelahiran 1993 ini juga pernah menjadi tukang parkir dan ojek payung. Saat tengah mengikuti seminar bisnis pelajar ketika masih duduk di bangku SMA. Hamzah sudah ditawari usaha waralaba bimbingan belajar oleh pemuda yang masih muda. Tapi sudah memiliki bimbingan belajar dengan 44 cabang. Dengan bermodalkan Rp5juta dan pinjaman Rp 70juta dari ayahnya. Dia membeli salah satu cabang yang diambilalih senilai Rp 175juta. Sisa uangnya sebesar Rp100juta dibayar dengan mencicil dari keuntungan setiap semester. Usaha yang digeluti semakin berkembang dan sekarang Hamzah sudah memiliki 3 lisensi waralaba bimbel dengan jumlah siswa sekitar 200 orang setiap semester. Bisnis Hamzah telah resmi sejak 2011 dan telah berbadan hukum dengan CV Hamasa Indonesia. Dan pemuda ini menjabat sebagai direktur utamanya.

7. Sunny Kamengmau

pengusaha
pengusaha

Tas Robita adalah brand yang terkenal di Jepang bahkan kabarnya ini menjadi idaman oleh kalangan sosialita di negara Jepang itu. Dibalik tas merek Robita ini adalah Sunny Kamengmau. Pemuda yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ini tidak lulus pada saat bangku SMA dan akhirnya memilih untuk menjadi pengusaha yang sukses dan bisa memberikan inspirasi kepada siapapun.

Dengan modal yang nekat sunny memulai bisnisnya. Setelah merantau dari kampung halamanya dan pergi menuju Bali. Dia berkerja sebagai tukang sapu di hotel. Setelah beberapa lama dia diangkat menjadi satpam karena dianggap memiliki kerja yang bagus. Selama itu sunny juga memanfaatkan waktunya untuk belajar bahasa inggris dan bahasa Jepang.

pada saat dia pertama mendapat gaji dia sisihkan untuk membeli kamus dua bahasa asing dan dia belajari dengan tekun. Keberuntungan berada ditanganya sejak awal dia dipekerjakan hotel tersebut, karena berkenalan dengan pengusaha asal jepang yang memintanya untuk memasok tas kulit ke negaranya. Walaupun sempat mengalami jatuh bangun tapi sunny perlahan bisa bangkit dan bisnis tas Robita ini mampu memiliki 100 orang karyawan.

Di dalam Memulai Usaha anda harus memperhatikan, sebagai berikut :

1. Mempunyai tujuan

2. Menentukan Target Mengujinya, Kemudian Memperbaiki Peluang

3. Membuat Rencana Bisnis

4. Mencari Sumber Daya Manusia (SDM)

5. Membeli Bahan Baku

6. Bekerja Keras dan Cerdas

7. Mengumpulkan Modal

8. Berani Mengambil Risiko

9. Belajar dari Orang Lain

10. Luangkan Waktu untuk Berpikir Kreatif

11. Jadilah Sosok yang Proaktif

12. Menilai dan Mengevaluasi Diri

13. Kembangkan Bisnis Anda

14. Terus Berinvestasi

15. Mempersiapkan Masa Depan

Berikut diatas adalah 7 pengusaha sukses di Indonesia, semoga menginspirasi dan memotivasi. Dan terimakasih.