Segitiga Bermuda
Segitiga Bermuda

Misteri Segitiga Bermuda

Posted on
Segitiga Bermuda
Segitiga Bermuda

Bermuda triangle atau biasa disebut dengan segitiga bermuda merupakan wilayah yang ada di Samudra Atlantik yang luasnya 1,5 juta mil2 atau 4 juta2 yang membentuk garis segitiga antar Bermuda. Diwilayah teritorial Britania Raya yang sebagai titik sebelah utara, Puerto Riko teritorial Amerika Serikat yang sebagai titik sebelah selatan dan Miami bagian Florida Amerika Serikat yang sebagai sebelah barat.

Sejarah segitiga Bermuda

Pada zaman dahulu di masa pelayaran Christoper Colombus ketika ia sedang melintasi di area segitiga Bermuda, salah satu awak kapalnya melihat bahawa ada “cahaya aneh berkilauan di cakrawala”. Beberapa orang sudah mengatakan bahwa sudah melakukan pengamatan sesuatu seperti Meteor. Pada catatannya dia menuliskan bahwa peralatan navigasi tdak bisa berfungsi dengan baik ketika selama berada di area segitiga Bermuda tersebut.

Piramid Segitiga Bermuda
Piramid Segitiga Bermuda

Setelah dilakukan pengamatan tersebut, berbagai peristiwa kehilangan pertama kali di area segitiga Bermuda didokumentasikan pada tahun 1951 oleh E.V.W.Jones. jones menuliskan artikel tentang peristiwa kehilangan yang misterius yang menimpa kapal terbang dan laut di area segitiga Bermuda dan menyebut sebagai “segitiga Setan”. Hal itu diungkit lagi oleh Fate Magazine ditahun berikutnya dan pada tahun 1964 Vincen Geddis Menyebutkan bahwa segitiga Bermuda sebagai segitiga Bermuda yang mematikan.

Kenapa bisa disebut segitiga Bermuda? Kerena segitiga Bermuda merupakan tempat yang mana tempat itu berada didasar laut  dan di dasar laut tersebut terdapat piramid besar yang mungkin lebih besar dari piramid yang ada di Kairo Mesir. Piramid itu memiliki jarak di antara ujung piramid dan permukaan laut sekitar 500m. pada bagian ujung piramid terdapat dua rongga lubang yang lebig besar.

Penjelasan menurut beberpa sumber

Beberapa penjelasan menurut narasumber menyatakan keanihan segitiga Bermuda bahwasannya di segitiga Bermuda terdapat gas methan yang diangap kapal yang hilang di area segitiga Bermuda melampaui batas kargo. Terdapat juga pangkalan UFO yang mana tempat berkumpulnya para setan-setan golongan jin, da nada juga yang mengatakan bahwa di area segitiga Bermuda terdapat telaga air kehidupan yang katanya bisa membuat awet mudah dan umur panjang.

Muatan berlebih

Perusahaan asuransi laut yaitu Lloyd’s London telah menyatakan bahwa segitiga Bermuda merupakan bukanlah lautan yang berbahaya dan sama halnya seperti lautan biasa yang ada diseluruh dunia. Perusahaan ini menyebutkan asalkan tidak membawa angkutan yang melebihi ketentuan ketika akan melewati wilayah tersebut. Dan penjaga pantai juga mengkonfirmasi keputusan tersebut di tambah lagi dengan sejumlah para pengamatan dan penyelidikan kasus tersebut.

Gas Methana dan pusaran air

Penjelasan lain yang dilakukan dari peristiwa lenyapnya pesawat terbang dan kapal laut yang secara misterius yaitu adanya gas methane yang ada di wilayah perairan tersebut. Teori ini dipublikasikan pertama kali pada tahun 1981 dan ini berhasil diuji coba pada laboratorium dan hasinya pun memuaskan untuk beberapa orang .

Pada area segitiga Bermuda terdapat air yang bercahaya putih. Ini serupa dengan yang pernah terjadi laut kaspia, hal yang terjadi dilaut kaspia ini sudah banyak menelan anjungan pengeboran minyak sebagai korban. Hal ini mungkin terjadi Karena alat dan manusianya yang menjadi korban tersedotnya pusaran air dan terjatuh kedalam lubang bekas retakan dasar laut.

Gempa laut dan gelombang yang besar

Teori lain mengatakan adanya gesekan dan goncangan ditanah pada dasar laut Atlantik yang menghasilkan gelombang dahsyat dan seketika itu kapal-kapal menjadi kehilangan kendali dan langsung menuju dasar laut dengan dalam beberapa detik. Karena goncangan dan gelombang yang kuat tersebut menyebabakan kehilangannya keseimbangan pesawat dan sampai pilot pun tidak mampu untuk menguasai pesawat.

Gravitasi

Gravitasi yang ada pada segitiga Bermuda ini adalah medan graviti terbalik ini membuat kompas dan alat navigasi elektronik yang ada di pesawat ketika melewati segitiga Bermuda ini akan goncang dan bergerak tidak stabil atau tidak normal, begitu juga dengan kompas yang ada pada kapal, hal ini menunjukan kuatnya daya magnet dan anehnya gravitsi yang terbalik.

Pangkalan UFO

para pemerintah dan Akademis Independen Amerika Serikat telah mengatakan bahwa segitiga Bermuda tersebut disebabkan karena pada tempat tersebut merupakan adanya pangkalan UFO yaitu sekelompok makhluk luar angkasa  yang tidak mau diusik oleh manusia, sehingga menyebabkan kendaraan apapun yang melewati area tersebut akan terhisap atau diculik. Akan tetapi hal tersebut tidak masuk akal karena sebenarnya UFO itu tidak ada. Ada juga yang menyatakan penyebabnya yaitu karena adanya sumber magnet yang terbesar dibumi yang tertanam dibawah segitiga Bermuda sehingga menyebabkan logam berton-ton dapat tertarik kedalamnya.

Adanya Lorong Waktu (worm holes)

Sepanjang sejarah orang, kapal, pesawat terbang, dll hilang secara misterius seperti apa yang sering kita ketahui dan kita dengar di perairan segitiga Bermuda ini, sebetulnya ialah masuk kedalam lorong waktu misterius.

Ilmuan yang ada di Amerika berpendapat bahwa mata manusia tidak bisa melihat keberadaan suatu benda yang ada dalam ruang lain.

Dan penyelidikan yang terjadi pada orong waktu ini dikemukakan oleh Jhon Buckally yaitu sebagai teori hipotesisnya:

  1. Objektifitas keberadaan lorong waktu inilah bersifat kematerialan, tidak dapat terlihat, tidak bisa disentuh untuk dunia fana kehidupan manusia, akan tetapi tidak mutlak, kenapa bisa begitu? Karena terkadang-kadang dia akan membukanya.
  2. Teori yang kedua yaitu menyebutkan lorong waktu dengan dunia manusia ini bukanlah suatu sistem waktu, sesudah memasuki seperangkat sistem waktu, kemungkinan ada yang kembali kemasa lalu yang sangatlah jauh atau juga memasuki masa depat. Dikarenakan pada lorong waktu ini waktu bisa bersifat searah ataupun berlawan arah. Bisa juga bergerak lurus bahkan bisa diam membeku.
  3. Teori yang ketiga menyebutkan pada dunia fana yang ada dibumi. Kalau kita memasuki lorong waktu berarti hilang secara misterius dan kalau keluar dari lorong waktu itu akan muncul lagi secara misterus juga.

Itulah kenapa lorong waktu dan bumi merupakan sebuah sistem waktu. Dan waktu bisa diam membeku. Nah, meskipun sudah hilang selama 3 tahun, 5 tahun, atau bahkan 30 tahun sampai 50 tahun waktunya tetap sama seperti dengan satu ataupun setengah hari.

Itulah tadi sekilas artikel tentang misteri segitiga Bermuda, meskipun ada beberapa teori yang dilontarkan tidak ada yang memaskan karena munculnya tambahan seperti benda-benda asing yang bersinar mengelilingi pesawat sebelum kontak menara pengawas terputus dan pesawat pun lenyap.