Mindset Menjadi Orang Sukses dengan Melakukan 7 Langkah Berikut

Posted on

Menjadi sukses – Banyak sekali orang bahkan disekeliling kita menginginkan untuk menjadi sukses. Senang membaca buku, browsing-browsing tentang arti dari sebuah kesuksesan dan membaca kata-kata motivasi tetapi tetap saja belum sukses? Jadi, apa permasalahannya?

Banyak artikel yang menuliskan tentang cara ingin menjadi sukses, jika Anda browsing ke internet pasti Anda temukan ratusan bahkan ribuan artikel yang Anda jumpai. Tetapi apakah semua itu akan terbenak dalam hati Anda untuk menjadi sukses? Jika tidak ada keyakinan dalam diri Anda sendiri dan motivasi khusus yang Anda dapatkan. Sebenarnya semua bisa saja Anda wujudkan asal memiliki hard skill and soft skill. Karena tidak banyak artikel yang menjelaskan tentang pengertian tersebut. Nah, disini saya akan mengulas semuanya tentang kunci-kunci dari sebuah kesuksesan mulai dari penegrtian sukses,modal dasar utnuk meraih kesuksesan,gard skill,soft skill dan apa saja yang harus diperjuangkan untyuk meraih kesuksesan. Mungkin jika ANda membaca hal tersebut sangat mudah tetapi jika Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari tentu butuh perjuangan dan pengorbanan.

Nah, apakah Anda tertarik untuk membaca artikel saya selanjutnya? Penasaran kan, apa saja hal-hal yang dilakukannya, mari simak penjelasan berikut!

menjadi sukses
menjadi sukses

Pengertian Kesuksesan

Sebenarnya sukses memiliki arti yang begitu luas, tergantung dari seseorang memahami arti dari segi apa? Seperti kerja,usaha,belajar dll. Namun, kebanyakan orang memahami kesuskesan adalah orang hyang memiliki banyak harta, menjadi etos kerja yang baik bahkan pejabat atau orang yang terkenal. Padahal sukses tidak semuanya dari hal tersebut, sebenarnya orang mengatakan juga tidak salah, mereka mengartikan kesuksesan berdasarkan penanda masing-masing.

  • Sebenarnya kata sukses menurut KBBI berhasil;beruntung.
  • Berdasarkan Wikipedia
    Sukses atau success dalam Bahasa inggris memiliki 3 artian yaitu :
  1. Meraih status sosial lebih tinggi
  2. Meraih tujuan atau disebut achievement seperti berhasil memasuki univesitas yang didambakannya, atau lulus dengan nilai terbaik atau berdasarkan cumlaude
  3. Lawan kata dari kegaagalan
  • Berdasarkan kamus CAMBRIDGE
  1. Sukses adalah meraih hasil sesuai harapan atau cita-citanya
  2. Meraih hal positif
  • Berdasarkan kamus BISNIS

Bahwa sukses telah meraih tujuan hidup,pribadi bahkan kariernya. Sukses juga menggambarkan orang yang memiliki kekayaan melimpah terutama dalam hasil kerja kerasnya sendiri.

Itulah definisi tentang sukses atau kesuksesan. Orang yang menagnngap orang lain sukses tidak salah karena mereka mengartikan berdasarkan indikasinya.

Tapi perlu diketahui bahwa sukses bukanlah sebuah akhir dari cita-cita tetapi permulaan agar bisa meraih keberhasilan yang lain.

Modal Utama Menuju Kesuksesan

Perlu diketahui ternyata modal dasar atau modal utama yang Anda akan raih untuk meuju kesuksesan adalah Hard skill dan Soft skill (attitude).

Tahukah Anda tentang pengertian hard skill dan soft skill ?

Hard skill adalah kompetensi secara teknis atau teori yang dapat diraih dengan hasil belajar sendiri atau melalui pelatihan.

Soft skill adalah kompetensi dalam mengelola diri sendiri dan orang lain.

Apakah Anda paham dengan maksud di atas?

Jika belum, cermati contoh berikut ini!

Mengendarai sepeda motor merupakan contoh dari hard skill sedangkan reaksi Anda ketika ada seseorang yang sedang menyebrang di jalan raya bahkan Anda melihat kecelakaan itulah yang dimaksud soft skill.

Contoh lainnya, jika Anda ingin menjadi blogger sukses maka hard skill yang dilakukannya dengan menulis,menulis berdasarkan search engine optimization (SEO), membangun email list,pemasaran dll.

Lalu, soft skill yang Anda miliki seperti percaya diri,optimis,melakukan adaptasi,tidak takut kegagalan,tikda takut bersaing,berpikir positif dan lain-lain.

2 modal dasar inilah yang menentukan Anda dalam kesuksesan. Kira-kira yang paling berperan yang mana?

Berdasarkan riset penelitian Universitas Harvard bahwa yang menentukan 80 % kesuksesan orang adalah dari soft skill nya.

Maka Anda perlu mengetahui secara betul mana yang harus lebih diutamakan.

Lalu, ada seorang pakar spiritual mind motivation bernama Asep Ridrid Karana telah mengungkapkan bahwa ada 5 kesuksesan yang harus diperjuangkan dan butuh pengorbanan yaitu :

  1. Sukses Secara Spiritualitas

Sukses ini berdasarkan Anda dalam ketaatan agama yang dipeluknya masing-masing. APakah Anda rajin dalam menjalankan kegiatan agamanya seperti orang yang beragama islam tertib sholat 5 waktu, ketika di bulan ramadhan berpuasa dll. Namun, Anda tidak hanya menunaikan ibadah wajib saja, tetapi harus dilandasi dengan ibadah sunah lainnya.

  1. Sukses Secara Finansial

Kesuksesan ini merupakan kaitannya dengan keuangan. Uang memang bukanlah hal segalanya tetapi Anda butuh uang utnuk mencukupi keprluan sehari-hari.

  1. Sukses Secara Sosial

Maka kesuksesan ini harus Anda perjuangkan seperti bekerja sama dengan rekan, harus punya banyak teman, rajin bersedekah, menaati peraturan dll. Karena manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain.

  1. Sukses Secara Keluarga

Orang sukses tidak hanya dari harta saja tetapi berdasarkan keluarga juga. Pati Anda sering melihat bahwa banyak artis yang kaya tetapi cerai dalam hubungan pernikahan, bahkan rumah tangganya hancur. Makah al yang satu ini perlu Anda perhatikan agar kehidupan dan kesuksesan ANda juyga menjadi berkah.

  1. Sukses Secara Kesehatan

JIka Anda banyak harta dll, tetapi jika Anda sering sakit-sakitan maka semua harta tersebut tidaklah berguna. Karena kesehatan merupakan salah satu nikmat yang paling berharga yang diberikan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Maka kesehatan ANda perlu diperhatikan dan dijaga. Berupayalah agar rutin berolahraga, memiliki pola makan yang sehat dll.

Baca : hindari 7 kebiasaan buruk yang dilakukan pengusaha sukses sehari-hari

Tahap-Tahap agar Menjadi Orang Sukses :

orang sukses
orang sukses

Setelah Anda mengetahui penjelasan di atas, maka saatnya sekarang Anda untuk mengetahui tahapan menjadi orang sukses, berikut ini!

  1.  Harus Yakin dan Positif Thinking bahwa bisa Menjadi Orang Sukses

Jika Anda telah berpikir dan yakin untuk menjadi orang yang sukses, maka sebagian tujuan Anda telah menuju kesuksesan hanya membutuhkan waktu saja, kapan saatnya Anda bisa menjadi sukses. Cara agar Anda bisa meyakinkan diri Anda sendiri dengan cara tatap wajah dan diri Anda lalu berkatalah bahwa aku pasti bisa sukses.

Selain itu, Anda bisa memprogramkan pikiran bawah sadar dan menanamkan diri agar bisa sukses seperti orang lain bahkan lebih.

  1. Membuat Sasaran yang Tepat

Setelah memiliki keyakinan dan pikiran positif yang mantap, kini saatnya Anda harus bisa membuat sasaran yang tepat. Maksudnya buatlah planning baik dalam jangka panjang atau pendek. Sasaran selanjutnya, dari 5 kesukesean yanbg telah saya jelaskan di atas, maka ambil 1 saja sebagai prioritas utama Anda. Seperrti sukses spiritual. Namun, sasaran tersebut bisa jadi seperti khayalan jika Anda tidak memiliki kriteria SMART Spesific (Spesifik), Measurable (dapat diukur), Achievable (dapat dicapai), Relevant (relevan), Time-bound (memiliki tenggat waktu).

Masih bingung? Cermati contoh ini!

Misal, Anda adalah seornag blogger junior namun, bisa menguasai SEO lalu ingin membuat buku tentang SEO maka buatlah sasaran berikut ini!

  1. Sasaran pertama : Menulis buku
  2. Sasaran kedua : menulis draft pada tahap pertama seperti tentang SEO sebanyak 12.000 kata mulai dari 31 Mei hingga 8 Juni 2017.
  3. Maka sasaran itulah yang tepat dan memenuhi kriteria SMART maka alasannya adalah :

Specific : Yaitu menulis draf pertamanya tentang SEO

Measurable : 12.000 kata

Achievable : menulis 1500 kata perhari

Relevant : Relevan sesuai dengan profesi seornag blogger

Time-bound : 31 Mei sampai 8 Juni 2017

  1. Membuat Rencana Sesuai Tindakan

Dengan Anda membuat sasaran SMART maka itu yang akan memberikan gambaran kepada Anda hasil apa yang akan diraih. Sasaran Anda akan semakin jelas jika diringi dengan mind map (peta konsep).

Caranya Anda harus mengidentifikasi dan menulis langkah tersebut berdasarkan tanggal yang sesuai dengan kemampuan Anda.

  1. Melakukan Tindakan

Sasaran apapun akan menjadi omong kosong jika tidak melakukan dengan tindakan. Maka jika Anda bertindak maka sesuaikan dengan rencana. Maka Anda jika melakukan tindakan masukkan dalam list harian Anda. Jadikanlah sebagai prioritas utama. Kerjakanlah setelah itu coret dalam to do list atau memberi tanda silang di kalender.

Mungkin dengan berjalan waktu pasti Anda akan terasa malas itu adalah hal biasa tetapi bagaimana cara Anda untuk mengalahkan rasa malas itu.

  1. Melakukan Pengkajian Ulang

Maka langkah selanjutnya  adalah dengan melakukan review hasil semua tindakan yang Anda lakukan. Karena agar mengetahui jalur Anda benar atau tidak. Dilakukan secara mingguan,bulanan atau beberapa bulan. Agar mengetahui perkembangan Anda untuk hari kedepannya.

  1. Melakukan Tindak Lanjut

Setelah Anda melakukan dan mengetahui akar masalahnya maka tindak selanjutnya adalah menhilangkan penyebabnya. Mungkin permasalahannya Anda kurang tidur maka sebaiknya Anda lebih menjaga kesehatan dan tidur yang cukup karena itu juga penting.

  1. Mensyukuri Kesuksesan

Setelah melakukan tindakan yang baik dan kerja keras maka Anda juga harus berpikir cerdas dan tidak lupa untuk selalu bersyukur. Maka syukuri kesuksesan yang telah Anda raih.

Itulah 7 cara sederhana agar Anda bisa menjadi sukses. Sebenarnya menjadi orang sukses itu bagi siapa saja bisa termasuk Anda. Jika Anda memiliki keyakinan dan tekad yang kuat serta dilandasi doa maka cita-cita Anda akan terwujud. Semoga apa yang And inginkan akan tercapai. Semoga sukses selalu..

Sekian, sampai jumpa pada artikel selanjutnya ya…