mata sehat
mata sehat

Miliki Mata Sehat nan Jeli itu Perlu

Posted on

Menjaga mata itu merupakan hal yang penting untuk tetap sehat, karena penglihatan yang baik untuk setiap aktivitas yang Anda pilih dan tetap ingin memiliki penglihatan 20/20 tahun mendatang. Di saat Anda melihat baik, Anda pun juga akan lebih baik pada saat olahraga, di kendaraan, di meja, dan lain sebagainya. Sehingga sangatlah penting untuk mengambil langkah-langkah yang mudah untuk memastikan bahwa Anda tetap menjaga penglihatan tetap baik.

berkacamata
berkacamata

Apa yang saya lakukan untuk membantu mata saya?

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah mata cedera dan menjaga mata agar tetap sehat di masa remaja, misalnya makan makanan yang sehat, tidak merokok, batasi pemakaian computer, dan lain sebagainya.

Jika Anda memiliki tugas computer yang melihat ke layar berjam-jam, maka Anda harus menjaga jarak antara 50-60 cm dari mata Anda, sesuaikan cahaya lampu untuk meminimalisasi silau pada layar, berkedip sesering mungkin, berhenti setiap 15 menit dan fokus pada jarak objek, pakailah pelumas mata untuk menghilangkan iritasi mata atau mata kering, dan lain sebagainya.

Makanan yang paling dikenal untuk menjaga kesehatan mata adalah wortel, namun tidak hanya wortel atau vitamin A saja yang dapat menjaga kesehatan mata Anda. Makanan dengan mengandung zat gizi juga bermanfaat untuk kesehatan mata Anda, seperti makanan yang mengandung vitamin C dan E, zeaxanthin, dan asam lemak omega-3, juga berperan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Semua zat gizi juga dapat membantu mencegah dari katarak dan degerasi macula yang disebabkan oleh faktor usia.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan zeaxanthin dan lutein, dan ini merupakan karotenoid pada retina.  Zeaxinthin dan lutein dapat meningkatkan kepadatan pigmen dalam macula yang menyerap kelebihan cahaya biru dan ultraviolet serta menetralkan radikal bebas. Zeaxinthin dan lutein dalam makanan dapat melindungi mata dari kerusakan.

  • Telur

Telur mengandung lutein, zeaxinthin, vitamin A, dan seng yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Vitamin A dan lutein dapat melindungi mata dari kebutaan di malam hari dan kekeringan pada mata.

  • Buah berry dan buah sitrus

Buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali, sedangkan buah berry seperti strawberry, blueberry, dan raspberry. Buah berry dan buah sitrus memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C juga mengandung antioksidan yang tinggi. Makanan dengan kandungan vitamin C menguragi resiko katarak dan degenerasi macula.

  • Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung vitamin E dan bisa menjaga kesehatan mata dengan cara memperlambat degenerasi macula. Vitamin E dan C bekerja sama dalam menjaga kesehatan jaringan pada mata.

  • Gandum

Gandum mengandung vitamin E, seng, dan niasin yang dapat mengurangi risiko degenerasi macula yang di sebabkan oleh faktor usia.

Inilah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata, semoga dapat di coba. Samapi jumpa pada artikel selanjutnya..

Kritik dan saran dapat menghubungi pada kontak saya : -facebook : Intan Ayu Miranti, -instagram : @intan.a.m_25, -gmail : intanayumiranti272@gmail.com.