youtubers
youtubers

Menjadi Youtuber yang Handal dan Profesional

Posted on

Berbagai macam pekerjaan zaman sekarang sangat mudah dan cepat dilakukan, sebab teknologi informasi saat ini telah mendukung segala sesuatu berjalan dengan praktis dan efisien. Tak hanya sekedar bertukar informasi saja, internet juga memungkinkan kamu untuk mengakses berbagai layanan yang kamu butuhkan.

youtube
youtube

Youtube merupakan situs pemutar video yang paling popular di dunia, tak mengherankan jika pengguna layanan ini menjadi luar biasa besar, dan mungkin kamu merupakan salah satu diantaranya. Tak hanya menonton video saja, youtube juga bisa mengunggah dan dapat berbagi video.

Kamu bisa berbagi macam hobi dan juga minat kamu melalui video unik yang kamu buat sendiri, barangkali video kamu menjadi viral dan ditonton oleh banyak orang. Telah banyak Youtube menjadi sumber pendapatan mereka, dan pastinya dengan jumlah yang tak sedikit. Besar kecilnya tegantung pada jumlah pengunjung dan jumlah klik pada iklan yang terdapat dalam video tersebut.

Pada umumnya para youtuber memiliki kreativitas yang tinggi dan mampu membuat video yang viral di dunia maya, sehingga mereka bisa mendapatkan jumlah yang banyak sesuai klik pada iklan mereka. Anda termasuk salah satu orang yang tertarik pada youtuber? Simak beberapa tips di bawah ini, yang dapat membuat kamu sukses menjadi seorang youtuber.

  1. Buat akun youtube yang sesuai

Salah satu cara yang penting untuk menjadi youtuber, tentu harus membuat sebuah akun youtube terlebih dahulu. Dan kamu juga wajib mengaktifkan fitur monetization di akun tersebut,  ini merupakan hal yang sangat penting untuk menjadi youtuber karena dengan mengaktifkan fitur ini kamu bisa memberitahu kepada Youtube bahwa kamu menginginkan sejumlah kompensasi atas akun tersebut. Karna dengan cara ini, Youtube akan mengurus hal tersebut sesuai dengan ketentuan yang mereka miliki. Tentunya Youtube akan memiliki sejumlah kebijakan dan juga aturan yang terkait dengan kompensasi yang mereka berikan kepada para youtuber.

  1. Buat akun adsense

Pendapatan yang akan kamu peroleh dari Youtube, dihitung berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh para penonton video. Semua iklan dan juga perhitungan pembayaran atas akun Youtube, akan dilakukan oleh Google Adsense. Kamu wajib untuk membuat akun adsense terlebih dahulu, agar kamu bisa mendapat uang dari akun Youtube.

  1. Meningkatkan jumlah views dan subscriber

Tidak semua Youtube membayar pada akunmu, Youtube hanya akan membayar jika akunmu memiliki subscribers dan views yang cukup besar. Kamu perlu menambah jumlah subscribers hingga maksimal, sebab ini secara langsung akan berbanding lurus dengan jumlah klik yang bisa kamu miliki pada iklan terpasang.

  1. Membuat konten yang positif

Youtube memutuskan syarat sebuah akun bisa mendapatkan uang dari platform adalah dengan memiliki minimal 4000 jam waktu tonton pada kurun waktu 12 jam dan minimal memiliki 1000 pelanggan, yang di sebut dengan subscriber.

  1. Membuat video berkualitas

Salah satu hal yang wajib untuk menjadi Youtuber adalah membuat video yang berkualitas. Video yang berkualitas bukanlah pekerjaan yang mudah namun juga bukan suatu pekerjaan yang sulit. Anda hanya perlu mengetahui atribut untuk membuat video Youtube yang kamu miliki menjadi sangat berkualitas dan menarik.

  1. Rutin membuat video baru

Jika Anda memang sangat ingin menjadi seorang Youtuber, maka Anda harus selalu mengupdate video terbaru yang Anda buat. Karena dengan demikian, Subscriber akan selalu setia menunggu karya terbaru dari Anda. Selain itu, Anda juga akan semakin terasah untuk membuat sebuah video yang lebih menarik lagi.

sukses menjadi youtuber
sukses menjadi youtuber

Selain itu, menjadi seorang Youtuber memiliki banyak manfaatnya, antara lain :

  • Tidak perlu menulis artikel yang panjang, cukup video saja
  • Optimasi video lebih mudah daripada blog
  • Mendaftar adsense di Youtube lebih mudah dan tak perlu repot-repot memasang kode iklan
  • Iklan di awal video jika pengunjung tertarik dan klik iklan tersebut, menjadi nilai plus bagi kita
  • Iklan di dalam video, berpeluang untuk memberikan penghasilan lebih, karena memilih iklan yang di sediakan serta menempatkan iklan pada durasi tertentu.
  • Berpotensi dilihat pemirsa dari segala penjuru dunia, dengan memberikan judul bahasa inggris untuk video tersebut.

Inilah beberapa tips dan manfaat menjadi Youtuber. Semoga apa yang kita cita-citakan terwujud. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.