Mengenalilah MACAM DAN CARA MOTIVASI

Posted on

Tentang motivasi yang kadang hadir dan hilang. Sebuah konsep yang menguatkan dalam sisi psikologi umum. Ini bisa kita sebut juga sebagai reiforcement, yang merupakan salah satu penguatan atau dorongan yang bersifat positif/negatif. Tidak sedikit orang menggunakan motivasi ini terutama untuk mendukung seseorang.

Kalian sendiri pasti pernahkan kayak gitu?

Sebuah dukungan untuk meyakinkan seseorang dan juga membangun kepercayaan dirinya. Supaya seseorang itu bisa bangkit dan pede.

Ada salah satu tokoh yang juga turut andil loh dalam pengembangan konsep adalah B. F. Skinner bersama dengan kawan kawannya skinner mengemukakan sebuah konsep penguatan bahwa perilaku ayang bersifat positif akan menjorok untuk diulang seebaliknya perilaku negatif tidak akan di ulangin kembali, untuk lebih memudahkan kita dalam mengenal dan memahami betul apa sih motivasi dan bagaimana cara nya?

  1. Dua macam motivasi/ penguatan

Hal yang paling dasar yang harus kita tau yaitu penguatan ini memiliki dua macam yaitu penguatan positif dan penguatan negatif. Keduanya itu sama sama bisa memberikan efek untuk mengubah atau mengatur pada perilaku seseorang. Ini juga tergantung pada kebutuhan dan suatu situasi yang tengah di hadapi.

 

  1. Motivasi positif bisa menggunakan hal hal yang primer

Motivasi positiif ini biasanya memiliki karakteristik tentang hal hal yang menyenangkan. Ini merupakan hal yang bersifat primer seperti kebutuhan kita akan makanan, fisiologis dan lain sebagainya. Mtivasi ini juga praktis dan akan memberikan seseorang makin yakin bahwa suatu langkah yang dia ambil benar.

 

  1. Motivasi buruk/ negatif membawa sesuatu yang tidak baik

Beda sekali dengan motivasi positif, motivasi negatif ini cenderung membawa kita pada hal yang kurang baik dan menyenangkan. Ini biasanya mirip dengan pemberian hukuman.  Pernah tidak mengerjakan PR dan akhirnya kamu kena hukuman? Itu adalah bentuk dari contoh motivasi negatif.

 

  1. Membangun sikap individu itu penting

Motivasi ini penting untuk membangun sikap individu. Skinner juga mejelaskan bahwa melalui motivasi ini, seseorang bisa merekam apa saja hal yang memang baik dan kurang baik.

 

  1. Sebuah konsekuensi atau hukuman

Seperti yang kita ketahui bahwa ada dua macam motivasi/ peguatan. Namun, ada satu hal yang juga bisa menjadi salah satu bentuk yaitu ya hukuman. Hukuman hampir mirip dengan motivasi negatif namun hanya bentuknya saja yang lebih nyata. Di lakukan dengan tindakan bukan perkataan saja.

 

  1. Hilangkan sifat secara menyeluruh

Pada psikolgi umum menjelaskan bahwa motivasi/ penguatan ini bisa menghilangkan sifat secara menyeluruh ketikas seseorang menyadari bahwa sesuatu yang dia lakukan selama ini tidak benar. Tentu saja membuutuhkan sebuah proses dan tergantung pada karakteristik seseorang

 

  1. Wajib diamati pemakainya

Menghilangkan reward atau hadia yang menurunkan kemungkinan perlaku atau sebuah sikap yang tidak diinginkan merupakan metode yang juga ada dalam konsep penguatan/ motivasi ini.