Cara Yang Cukup Ampuh Untuk Mengatasi Pemanasan Global

Posted on

Mengatasi Pemanasan Global – Halo apa kabar semua para pembaca setia artikel yang ada di jempoltangan.com? saya harap kalian semua baik-baik saja.kali ini saya akan berbagi ilmu khususnya untuk kalian yang ingin tau tentang cara mengatasi pemansan global, ini cocok buat kalian yang nilai sejarah nya kepingin bagus, ya semoga saja nilai nya bagus semua, udah ngga usah panjang kali lebar kali tinggi langsung saja saya akan berbagi sedikit ilmu saya , saya disini akan menjelaskan tentang :

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Sebelumnya disini ada yang belum tau apa itu pemanasan global? Pemanasan global ialah satu buah proses meningkatnya suhu biasanya atmonsfir, daratan, laut, dan bumi. Kebanyakan suhu global kepada permukaan bumi kini meningkat 0,74 + 0,180C atau (1,33 + nol,320F).

Dan pernahkah kalian semua mengetahui apa saja penyebab dari pemanasan global? Penanasan global dan yang sering di sebut dengan global warming ialah munculnya sinar matahari yang memancarkan cahaya sampai-sampai cahayanya menembus di lapisan atmosfer sehingga menyebabkannya sebuah radiasi yang gelombangnya itu akan diserap oleh gas rumah kaca , kemudian menyebabkan suatu gelombang yang terperangkap di dalam sebuah atmosfer yang ada di bumi.

Kemudian apa saja penyebab pemanasan global atau global warming? Berikut ini adalah sedikit penjelasannya.

Dan adapun penyebab pemanasan global ialah dikarenakannya oleh ulah perbuatan manusia sendiri, dengan tumbuhnya populasi teknologi, industry dan penambahan populasi penduduk di dunia ini yang semakin banyak,bertambah,bahkan semakin melimpah luah, dan sebab hal ini lah yang akan menyebabkannya pemanasan global yang ada di seluruh dunia ini.

Sebelum kita mengulas lebih dalam bagaimana cara mengatasi pemanasan global kita akan membahas tentang penyebab kenapa pemanasan global dapat terjadi. Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya pemanasan global:

1). Meningkatnya gas karbon monoksida penyebab dari kendaraan bermotor

Adapun penyebab terjadinya pemanasan global atau global warming ini adalah yang tidak kita sadari atau dari pebuatan umat manusia sendiri, dan makin bertambahnya penduduk yang ada di bumi ini dan adanya populasi manusia yang terus bertambah maka dari itu jumlah kendaraan yang di gunakan manusia juga ikut bertambah, termasuk adalah kendaraan bermotor.

Efek dari kendaraan bermotor ialah adanya gas yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor itu sendiri, dan gas yang di keluarkan oleh kendaraan bermotor ialah gas karbon yang jenis monksida dan juga penyebab dari efek rumah kaca.

2). Efek dari rumah kaca

Dan adanya efek dari adanya rumah kaca ialah akibat efek dari panas yang berhasil di pantulkannya di permukaan bumi ini, dan yang telah berhasil tertangkap oleh gas-gas yang terdapat di lapisan atmosfer, lalu mengalami pemberhentiannya dan tidak dapat di teruskan untuk keluar angkasa , lalu akibatnya akan menimbulkan panas dari cahaya matahari itu akan berhasil dipantulkan kembali ke permukaan bumi ini.

Tapi efek rumah kaca juga memberikan manfaat bagi bumi dan untuk seluruh makluk hidup yang ada di dunia ini , tapi jika pemanasan global yang terlalu berlebihan akan juga mengakibatkan efek yang juga tidak baik bagi kehidupan makluk hidup yang ada di muka bumi ini.

3). Gas buangan dari industry

Gas pembuangan dari hasil industri ialah penyebab dari efek rumah kaca yang juga berpengaruh dengan kehidupan mahluk hidup yang ada di muka bumi ini, dikarenakan dapat menyebabkannya pencemaran udara yang berhasil disebabkan oleh asap pabrik yang keluar secara berlebihan, karna asap pabrik dapat mengeluarkan gas berupa karbondioksida, gas metana dan lain sebagainya.

4). Penggunaan CFC yang tidak terkontrol

Jika kalian semua belum tau apa itu CFC saya akan memberi tau, CFC adalah singkatan dari Cloro Four Carbon, ialah penyebab dari pemanasan global yang sifatnya itu masih bisa diganti, disini CFC ialah merupakan bahan kimia yang berjasil di gabungkan sehingga menjadi sebuah bahan, kemudian digunakan untuk memproduksi sebuah peralatan rumah tangga. Didalam alat rumah tangga CFC biasanya terdapat didalam barang yang berupa AC dan kulkas yang juga berhasil menimbulkan nya pemanasan global.

5). Luas hutan yang juga semakin menurun

Di zaman sekarang ini yang mana keberadaan hutan yang semakin menipis atau menurun juga dapat menyebabkan pemanasan global, dikarenakan seringnya terjadi pembakaran hutan yang bersifat liar, membuat lahan pada hutan semakin berkurang. Karena hutan yang juga berperan sangat penting untuk kehidupan makluk hidup yang ada di bumi ini.

Hutan merupakan paru-paru dunia. Dan efek dari hutan yang semakin berkurang ialah cuaca yang semakin memburuk di karenakan tidak adanya yang membantu karbondioksida hingga menjadi oksigen. Adanya pernafasan pun juga menjadi terganggu dikarenakan cuaca yang akan kurangnya masukan oksigen, sehingga berhasil menyebabkanya pencemaran udara.

6). Borosnya pemakaian listrik

Adanya boros menggunakan listrik juga dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global. Dikarenakan berhasil adanya penguapan pada listrik, dan jika listrik itu terlalu sering digunakan. Maka seharusnya penggunaan listrik di pergunakan secara efisien dan bahkan yang sesuai dengan keperluan yang di butuhkan, sehingga tidak berhasil menyebabkan pemanasan global.

Tidak heran hampir di sepanjang jalan pernah kita semua lihat ada kampanye di stasiun tv atau di jalanan yang juga menghimbau untuk gerakan menghemat listrik. Karena walaupun sedikit pengaruhnya dan jika semakin banyak justru akan merusak lingkungan yang ada di sekitar dan juga bisa merugikan diri sendiri, dan menjadi lingkungan yang ada di sekitar semakin tercemar.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Cara mengatasi pemanasan global dapat dilakukan dan dimulai dari yang ada di sekitar kita. berbagai cara mengatasi pemanasan global tersebut tentunya tidak harus mengeluarkan biaya yang besar untuk dilakukan.

Dan berikut saya akan memberi tahu kepada anda semua bagaimana cara mengatasi pemanasan global:

Budayakan menanam pepohonan

Tumbuhan dan pohon yang berklorofil ialah sebuah mahluk hidup yang ajaib dan yang bisa merubah zat-zat polutan hingga menjadi zat-zat yang berguna. Salah satu contohnya ialah karbon dioksida. Adapun gas karbondioksida yang ada di atmosfer termasuk dalam kelompokgas yang berhasil menyebabkannya terjadi pemanasan global..

Dan adapun dampak terjadinya pemanasan global adalah salah satunya dari perubahan cuaca dan iklim, dan hilangnya keseimbangan alam yang ada di bumi ini. Adapun perubahan cuaca dan iklim tersebut akan menyebabkan air yang ada di bumi ini menjadi cepat menghilang dikarenakan oleh panas matahari. Dan akibatnya, bumi akan menjadi rawan mengalami yang namanya kekeringan. Padahal air merupakan salah satu element yang sangat di butuhkan oleh mahluk hidup maupun untuk kelangsungannya hidup mereka.

Tanpa adanya air, suatu mahluk tidak akan mampu bertahan hidup. Dan juga adanya pohon yang ada di dunia ini juga semakin berkurang maka dari itu kemampuan bumi dalam menyimpan air juga akan semakin berkurang, dan juga bumi akan semakin rawan untuk mengalami kekeringan.

Selain itu juga, pohon dapat juga mengelolah gas karbondioksida yang notabennya juga merupakan salah satu dari polutan yang menjadi gas oksigen untuk bernafas kita di setiap harinya. Adanya semakin banyaknya pohon di tanam, maka semakin banyak pula kualitas udara dan kemampuan bumi dalam menyiram air juga akan semakin banyak.

Kurangi bangunan yang terbuat dari kaca

Dengan maraknya pembangunan yang terdiri dari bahan baku kaca seperti rumah kaca yang bisa berkontribusi di dalam memperparah dampak dari pemanasan global.banguanna yang terbuat dari kaca bisa meningkatkan suhu atmosfer dan juga meningkatkan suhu permukaan bumi.adapun prinsipnya hampir sama dengan gas-gas yang menyebabkan timbulnya efek rumah kaca. Tapi, sayang sekali karena di bumi kita ini yang masih banyak bangunan gedung pencakar langit yang terbuat dari kaca. Dan karena itulah dengan cara ini dapat menjadi jawaban tentang bagaimana cara mengatasi dari dampak terjadinya pemanasan global.

Selalu berpikir cerdas didalam memilih kendaraan

Kendaraan memang salah satu betuhan yang selalu dibutuhkan oleh mahluk hidup khususnya manusia, untuk menunjang akses manusia dari suatu tempat lalu menuju ke tempat yang lainnya, dikarenakan itulah kendaraan yang bermesin ialah kendaraan yang mampu menjadi suatu barang yang favorit.

Tapi, sayangnya sebagian dari besar kendaraan yang bermesin adalah kendaraan yang menggunakan bahan bakar dari bensin. Hasil dari pembakaran bensin juga akan menghasilkan asap kendaraan, didalam asap kendaraan tersebut terdapat beragam zat polutan yang dapat mencemari lingkungan yang ada di sekitar dan juga akan memperparah dampak dari pemanasan global.

Jangan menebang pohon sembarangan

 

Jadi, seperti yang sudah di jelaskan sebelumya, pohon ialah asset yang sangat berharga yang harus dipertahankan keberadaannya di muka bumi ini. Pohon jika masih berada dalam satu kesatuan yaitu disebut hutan, juga bisa menjadi salah satu dari factor yang mampu mengatasi dari dampak terjadinya pemanasan global.

Dan untuk memperjelas pohon juga mampu memproduksi oksigen sehingga pohon akan mampu memberikan sebuah kesejukan dan juga dapat menghindarkan manusia dan mahluk hidup lainnya dari kekurangan oksigen bahkan sampai merasakan kepanasan. Dengan begitu adanya, gangguan yang akan mengganggu kesehatan pada mahluk hidup akibat dari kepanasan dan stress karena perubahan iklim yang bisa di kurangi.

Sekiranya cukup sekian dulu ya artikel tentang cara mengatasi pemanasan global, harapan saya sih semoga bermanfaat untuk anda semua, mohon maaf apabila ada salah kata ataupun salah dalam pengetikan, saya haturkan maaf yang sebesar-besarnya.cukup sekian dan terima kasih.