rambut indah menawan
rambut indah menawan

Memiliki Rambut yang Indah, Menjadikan Dirimu Lebih Menawan

Posted on

Memiliki rambut yang indah, lembut, dan subur menjadi impian bagi setiap orang. Rambut merupakan mahkota dari diri seseorang. Namun, mahkota tersebut tidak di dapat dengan cara instan, pasti ada beberapa tahapnya. Setiap orang yang ingin mahkotanya selalu terjaga, di perlukan cara untuk merawat rambut.

rambut perlu telaten
rambut perlu telaten

Kunci dari cara merawat mahkota, yaitu rambut. Dengan menjadikan rambut yang terbaik, hanya diperlukan ketelatenan. Meskipun banyak produk yang diklaim mampu memberikan khasiat hair repairing dalam waktu singkat pun, tidak akan manjur jika digunakannya secara tidak teratur.

Banyak sekali orang yang ingin menjadikan rambutnya menjadi indah, dan sehat, mereka rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan perawatan rambut rawan rusak dan rontok. Merawat rambut tidak harus mengeluarkan banyak uang atau pergi ke salon. Kamu pun dapat melakukan perawatan sendiri di rumah dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Tapi bagaimana caranya ya? Sangat mudah sekali, disini kami akan menampilkan aneka cara merawat rambut :

perawatan rambut
perawatan rambut

Cara merawat rambut rontok dan gugur

Buat kamu yang sedang mengalami gejala penipisan rambut atau kerontokan, perawatan hanya dari luar saja tak cukup. Sebaiknya kamu juga mengimbangi dengan nutrisi penyubur rambut. Berikut ini cara-cara merawat rambut rontok dan gugur agar tetap subur dan lebat.

  • Tonik daun jambu

Tonik daun jambu kaya dengan vitamin B, dan C. dan juga terdapat zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Serta memiliki kandungan anti-inflamasi, anti-mikroba, analgesic, dan antioksidan. Caranya, buatlah tonik dari segenggam daun jambu biji direbus dengan air. Semprotkan pada kulit kepala yang telah dikeramas dan lakukan pemijatan pada kepala.

  • Masker bawang merah dan bawang putih

Buatlah masker rambut dari sari bawang merah dan bawang putih. Bawang merah kaya dengan vitamin A,C, dan E, dan juga mengandung sulfur. Bawang putih mengandung zat besi dan tembaga yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Cara merawat rambut kering

Memiliki rambut kering sangat mudah rusak. Disebabkan karena kurangnya kelembapan pada batang rambut. Beberapa orang yang memiliki jenis rambut seperti ini biasanya sejak lahir. Lalu bagaimanakah caranya agar merawat rambut yang kering?

  • Kondisioner

Memiliki rambut kering, kondisioner adalah produk yang wajib digunakan setelah keramas.

  • Hair mask

Merawat rambut dengan masker instan atau dengan mengunakan bahan alami secara teratur, setidaknya digunakan hanya seminggu sekali. Pilih dan gunakanlah yang mengandung pelembap ekstra, misalnya madu, minyak zaitun, dan yogurt.

  • Gunakan vitamin rambut

Gunakanlah sebutir vitamin rambut  setelah keramas, dan sebelum sebelum hair dryer. Vitamin dapat membantu melemaskan rambut yang kering dan kasar.

Cara merawat rambut panjang

Jika kamu merupakan orang yang memiliki rambut panjang, perlu perawatan ekstra. Semakin panjang rambut, semakin juga bermasalah kondisinya. Terutama pada bagian ujung rambut. Untuk mencegah hal yang seperti ini, ada beberapa hal yang bisa diterapkan.

  • Jus lidah buaya

Rawatlah rambut Anda yang panjang dengan masker lidah buaya yang di blender.

  • Gunakan vitamin rambut di ujung

Gunakanlah vitamin rambut, dan fokuslah pada ujung rambut yang sangat mudah rusak.

  • Menggunakan minyak almond

Minyak almond mengandung berbagai macam nutrisi yang sehat untuk rambut, seperti asam lemak, Omega-3, vitamin E, dan magnesium yang penting untuk kesehatan rambut.

Cara merawat rambut rontok dan berketombe

Memiliki rambut berketombe tak hanya mendatangkan rasa gatal, namun juga berakibat dengan kerontokan. Jika Anda merupakan orang yang sudah bermasalah dengan kes=dua hal ini, maka Anda diperlukan merawat rambut yang dapat mengatasinya.

  • Pijat dengan minyak pohon teh

Minyak pohon teh obat yang sangat ampuh untuk mengatasi rambut berketombe, dan jerawat dikulit kepala yang terkadang terjadi. Dan minyak pohon teh juga dapat melancarkan peredaran darah untuk kesuburan rambut.

  • Masker pepaya dan madu

Pepaya dapat melemahkan dinding sel jamur penyebab ketombe, karena kandungannya yaitu chitinase. Dan madu dapat menyuburkan, dengan dikombinasikan khasiat antiseptic.

  • Masker aloe vera dan jeruk nipis

Aloe vera bersifat menyuburkan dan anti-septik. Padukanlah dengan sari lemon, agar kulit kepala yang kamu miliki tetap sehat.

Dan juga, ada beberapa tips cara merawat rambut tanpa pergi ke salon dan tanpa mengeluarkan uang banyak :

  1. Keramas dengan air dingin

Ternyata keramas dengan air dingin dapat mencegah rambut dari kerontokan. Air dingin mampu membuat peredaran darah menjadi lancar. Selain itu, air dingin mampu menjaga kekuatan akar rambut. Dan air dingin juga sangat bermanfaat untuk menjaga rambut agar tetap berkilau dan lembut.

  1. Menggunakan baking soda

Baking soda dapat membantu untuk mengurangi zat kimia yang terkandung dari sisa produk styling. Caranya sangat mudah, kamu hanya menuangkan 3 sendok makan baking soda ke dalam air yang akan kamu pakai untuk membilas rambut. Kemudian bilaslah rambut dengan campuran tersebut secara merata.

  1. Menggunakan masker yang dibuat sendiri

Kamu bisa melakukan sendiri untuk membuat masker rambut di rumah. Bahannya pun juga mudah untuk di dapat. Kamu hanya tinggal memilih entah masker telur, alpukat, santan, buah-buahan, atau lidah buaya.

Demikianlah artikel yang saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memiliki rambut indah dan sehat. Jika ada saran dan kritik, Anda dapat menghubungi kontak saya :-facebook : Intan Ayu MIranti, -instagram : @intan.a.m_25, -gmail : intanayumiranti272@gmail.com