Mari Bersama Mengenal Macam-Macam Bunga

Posted on

Apa kabar teman-teman penggemar jempoltangan.com , saya harap baik-baik ya. Disini saya akan berbagi ilmu tentang macam-macam bunga yang ada dari dalam negeri kita bahkan macam-macam bunga yang dari luar negeri.

Kalian semua jangan mengaku pecinta bunga kalau tidak tau macam-macam bunga , apa lagi di negeri kita Indonesia ini , pastinya begitu banyak bahkan melimpah luah macam-macam bunga. Hampir dari Sabang hingga Merauke rata-rata sudah mempunyai bunga yang akan menjadi ciri khas tersendiri dari kota mereka.

Berikut ini saya akan membantu anda supaya lebih tau apa saja macam-macam bunga, adapun macam-macam bunga adalah seperti berikut:

  • Bunga Mawar

Bunga Mawar adalah bunga yang sering dikenal dengan baunnya yang lumayan harum dan dari segi bentuknya nan cantik. Mahkota bunga mawar ini terdiri atas lima helai daun mahkota dan pada batangnya terdapat duri-duri yang lumayan tajam.

  • ­Bunga Kamboja

Bunga kamboja ini biasannya terdapat 5 kelopak. Bunga kamboja ini merupakan bunga nan indah, dan bunga kamboja ini juga sering kita temui di sekitar area kuburan.

  • Bunga Melati

Bunga Melati ini memiliki beberapa ciri-ciri yaitu : bunganya berukuran lumayan kecil, pada umumnya bunga ini berwarna putih, dan berbau lumayan harum dengan mahkota bunga selapis atau juga menumpuk.

  • Bunga Anggrek

Bunga Anggrek ini memiliki ciri-ciri yang sesuai dengan jenisnya. Tapi, pada umumnya, bunga angrek ini memiliki ciri-ciri daun yang lumayan panjang, dan memiliki bentuk bunga yang cukup unik.

 

  • Bunga Cempaka

Bunga Cempaka ini dikenal akan baunya yang menyengat dan harum, serta berbunga warna kuning atau bisa berwarna putih.

  • Bunga Matahari

Bunga matahari ini, kenapa kok bisa dinamai bunga matahari, karena alasannya adalah bentuknya yang menyerupai seperti matahari. Adapun bunga matahari ini akan bergerak dengan mengikuti arah matahari.

  • Bunga Sepatu

Bunga kembang sepatu ini memiliki ciri daunnya yang berwarna hijau gelap, dengan bagian daun permukaan yang mengkilat dan di tepi daun yang bergerigi. Adapun  warna mahkota bunga ini berwarna warni, yaitu putih,merah dan oranye.

 

  • Bunga Teratai

Tanaman bunga teratai ini tumbuhnya di permukaan air yang lumayan tenang. Bunga dan daun terdapat ngambang di permukaan air.

  • Bunga Tulip Afrika

Pohon bunga tulip Afrika ini mampu tumbuh antara 7 sampai 25m dan merupakan tanaman yang asli dari daerah tropis Afrika. Akhir-akhir ini, pohon bunga tulip Afrika yang sangat indah ini sangatlah populer di berbagai belahan kebun bunga yang ada di dunia. Bunga dari tanaman ini warnanya cukup sangat mencolok, setelah menkar dan berbentuk cangkir, kelopak bunga tulip Afrika biasanya berwarna oranye kemerah-merahan dengan garis warna kuning di sepanjang tepi dan di bagian kelopak berkerut.

  • Bunga Anemone

Bunga Anemone genus dari rata-rata 120 spesies tanaman yang berbunga keluarga dengan Ranunculaceae, tanaman bunga anemone ini asli dari daerah beriklim yang sedang. Genus ini termasuk masih bersaudara dengan Pulsatilla atau sering di sebut dengan bunga Pasque dan bunga Hepatica.

  • Bunga Azalea

Tidak ada yang mampu melebihi indahnya bunga azalea ini setelah mekar. Bunga azalea ini mudah dalam perawatannya dan juga begitu banyak warna yang dimiliki oleh jenis tanaman ini. Bunga Azalea ini dapat tumbuh di hampir setiap tempat.

  • Bunga Aster

Bunga Aster ini tumbuh dengan cukup baik di tanah yang lapang, tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari cukup penuh. Jika mekar tanaman bunga ini memiliki diameter sekitaran 2 inci. Warna dari bunga asteradalah ini ungu, biru dan pink. Dan pada bagian tengah bunga aster ini berwarna kuning.

  • Apple Blossom

Tanaman ini terdapat lebih dari 7.500 varietas Apple Blossom yang ditanam di seluruh belahan dunia. Bunga apple blossom ini cukup indah, bagi anda yang hidup di daerah pegunungan dengan cuaca yang cukup sejuk dan tidak ada salahnya apabila mencoba menanam bunga ini.

 

  • Bunga Almanda

Bunga almanda ini cukup mudah untuk di pelihara. Tanaman bunga almanda ini tumbuh secara bergerombol dan juga berkembangnya dengan sangat cepat. Tanaman hias bunga almanda ini biasanya ditanam di pot agar lebih mudah untuk di pindahkannya.

Spesies bunga ini paling banyak di minati adalah yang bernama Allamanda cathartica. Bunga almanda ini juga biasa disebut dengan julukan bunga terompet emas, dan adapula yang menyebutnya bunga lonceng kuning atau biasanya di sebut dengan golden trompet.Bunga almanda ini aslinya dari negara Amerika Tengah dan di Amerika selatan, bunga almanda ini cukup mempesona dengan di dampingi warna kuning yang indah.

  • Bunga Asoka

Dan meskipun sebenarnya bukan ini bukan bunga asli dari Indonesia tapi bunga asoka ini cukup populer dikalangan masyarakat. Bunga asoka ini sangat mudah dalam masa perawatannya sehingga akan sangat lebih mudah dalam proses penanamannya. Bunga asoka ini senang dengan cahaya sehingga jika anda ingin menanam bunga asoka dan meletakkannya didalam rumah maka setidaknya anda harus mengeurkannya kurang lebih seminggu 3 kali agar tanaman ini mampu bertahan hidup.Penanaman bunga asoka ini tidak membutuhkan tehnik yang khusus dan caranya sangatlah mudah, dan anda juga dapat mengambil tanaman ashoka beserta akarnya lalu anda bisa memindahkannya pada media yang anda kehendaki, oh iya jangan lupa juga untuk rajin-rajin menyiraminya.

Jika anda ingin bunga asoka ini bunganya awet untuk berbunga jangan lupa untuk melakukan pemangkasan pada daun bunga tersebut. Setelah bunga asoka ini gugur sebaiknya anda memotongnya agar muncul tunas baru dan agar berbunga lebih cepat. Jangan lupa juga untuk menjaga kesuburan tanahnya dengan memberikannya pupuk dan melakukan penyiraman secara rutin pada taman ini.

  • Bunga kenanga

Bunga kenanga ini adalah bunga yang asli dari negara indonesia, tanaman bunga kenanga ini memiliki kelopak dengan berwarna kuning, dan disaat masih muda kelopak bunganya berwarna hijau. Bunga kenanga ini memiliki bau yang harum sehingga banyak orang yang suka dengan tanaman hias yang bernama bunga kenanga ini.

  • Bunga Bougainvillea

Bunga kembang kertas atau sering disebut dengan bunga Bougenville. Adalah jawabannya. bunga kembang kertas yang sangat mudah dalam perawatannya. Jika anda memeliharanya dengan baik, bunga kembang kertas atau bunga bougainvillea ini akan tumbuh dengan warna warna yang sangat indah. Berikut ini gambar kembang kertas

 

  • Bunga Kateliya (Cattleya)

Bunga Kamboja ini dibawa dari Amerika Tengah dan bunga ini sangat banyak dijumpai dan tumbuh di daerah Meksiko dan Venezuela. Bunga kateliya ini lebih popular dengan julukan Plumeria, yang dapat dari nama seorang dari ahli botani yang datangnya dari negeri Perancis dan sangat popular di abad ke ketujuh belas,”Charles Plumier”. Sebelum popular dengan nama Plumeria tersebut, tanaman bunga Kamboja ini biasa disebut juga dengan nama Frangipani. Nama ini berasal dari nama seseorang kewarganegaraan dari Itali founder dan membuat minyak wanginya dari tanaman bunga Kamboja di pada abad keenam belas.

Sekiranya itu dulu ya teman-teman info tentang macam-macam bunga yang bisa saya bagikan, apa bila ada salah kata maupun ada yang tersinggung dari kata saya , saya haturkan maaf yang sebesar-besarnya, dari saya cukup sekian dan terima kasih , semoga bermanfaat.