green olives and oil
green olives and oil

Manfaat Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Manfaat minyak zaitun – Hai pembaca setia Jempoltangan.com.  Apakah Kalian sudah pernah mendengar kata minyak zaitun ? Yap bener banget, minyak zaitun merupakan tanaman obat yang biasanya sering digunakan untuk kaum hawa untuk kecantikan wajah, untuk memasak, untuk kesehatan, dll.

Begitu banyak manfaat yang ada didalam kandungan minyak zaitun. Walau ada banyak produk produk kecantikan, ini tak kalah saing dengan produk itu. Karena ini mengalami bahan yang alami sehingga tidak ada efek sampingnya dan memakai bahan yang alami. Tentunya, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk kecantikan.

Kali ini aku akan ngasih tau buat kalian dengan menggunakan minyak zaitun untuk kecantikan. Minyak zaitun terbuat dari buah zaitun, minyak ini dihasilkan dari buah yang sudah tua dan diperas lalu diambil ekstranya. Keberadaan buah zaitun ini sekarang langka karena tidak bisa kita temui di sekitar kita.

Berikut adalah manfaat minyak zaitun untuk kesehatan :

  1. Sebagai Pelembab Wajah

Minyak zaitun ini mempunyai khasiat yang ada di dalamnya yaitu melembapkan wajah, karena minyak zaitun ini mempunyai kandungan zat linoleic yang bisa menjaga penguapan air pada kulit yang keriput. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ke wajah sambil di pijat selama 10 menit, setelah itu bilas dengan air yang bersih.

  1. Pengangkat Sel Kulit Mati

Mengangkat sel kulit yang mati adalah manfaat dari minyak zaitun untuk kulit. Cara pengelupasan ini umumnya dengan minyak lalu campurkanlah 1 sendok makan minyak dengan garamm laut, lalu gosokkan campuran ini ke kulit. Ini mampu menghilangkan sel kulit yang mati dan membiarkan kulit epidermis terlihat segar dan bersinar.

  1. Sebagai Penyubur Rambut

Ini juga biasakan digunakan sebagai kondisioner yang dapat dipercaya bisa mengatasi rambut kering karena  pancaran sinar matahari, akibat ruangan yang berAC, memakai bahan kima seperti semir rambut, obat pelurus rambut, dll. Dengan memakai secara teratur akan merasakan rambut semakin lembut, elastis, berkilau, dan kuat.

Cara penggunaanya yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut yang kusut. Dan untuk mengatasi ketombe caranya mudah dengan mencampurkan minyak zaitun, perasaan jeruk lemon, minyak jarak, serta seduhan papermint. Oleskan pada kulit kepala sambil dipijat pijat lalu diamkan selama 15menit dan tutuplah dengan handuk yang baru dibilas.

  1. Menghilangkan kantung mata

Ini memiliki manfaat yang baik untuk kantung mata. Kantung mata sangat berpengaruh terhadap penampilan kecantikan anda, karena sulit untuk di kamuflase dengan make up. Tapi dengan sering mengoleskan minyak zaitun secara teratur, maka kantung mata akan dapat hilang dengan baik dan dapat mengembalikan kecantikan anda.

  1. Menjaga kelembaban kulit secara menyeluruh

Tidak pada kecantikan wajah saja, tapi ini juga berkhasiat untuk melembapkan kulit secara menyeluruh. Kondisi kulit yang semakin yang mengering akan sangat mengganggu penampilan anda, karena akan menimbulan kulit yang kasar dan cenderung bersisik. Dapat juga di oleskan dengan menggunakan minyak zaitun pada kulit agar kelembapan kulit anda saat terjaga dengan baik.

  1. Memperbaiki rambut bercabang

Antioksidan tinggi yang ada di dalam minyak zaitun adalah vitamin A dan E dan juga dapat memperbaiki rambut yang kering dan bercabang karena paparan sinar matahari dan polusi udara. Minyak zaitun ini juga mampu menyerap jauh ke dalam akar rambut dan kulit kepala untuk memberikan kelembapan dibutuhkan oleh rambut yang rusak dan menjadi perisai untuk melindungi batang rambut, dan bisa menjaga agar rambut bervolume, tetap lembut dan halus.

Dengan cara mengoleskan minyak ke kulit rambut dan ujung rambut yang agak basah, sehingga air dapat menghilangkan lepek berminyak. Selain bermanfaat untuk kecantikan, minyak zaitun ini juga banyak manfaat untuk kesehatan. Karena mengandung bahan bahan alami yang baik. Berikut adalah manfaat minyak zaitun untuk kesehatan :

  1. Memelihara Kesehatan Jantung

Lemak yang terkandung dalam minyak zaitun termasuk cukup tinggi. Tapi minyak termasuk golongan minyak yang sehat karena terdapat 14% lemak jenuh didalamnya. Sisanya adalah tidak jenuh yang menyehatkan bagi kesehatan manusia. Walaupun didalamnya ada lemak yang bersifat sehat. Anda tetap harus membatasi dan sering mengontrol asupan lemak anda.

Berdasarkan pembahasan sebelumnya bahwa lemak tidak jenuh adalah satu kandungan dari minyak zaitun sendiri. Manfaat yang ada didalamnya lemak tidak jenuh itu baik untuk kesehatan jantung. Terutama bisa mengontrol kolestrol jahat yang pastinya sangat bahaya untuk tubuh dan dapat mempertahankan kolestrol baik. Sehingga ini bermanfaat untuk kesehatan jantung.

  1. Mencegah Terjadinya Gejala Kanker

Selain kandungan lemak tidak jenuh, didalam minyak zaitun terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Di dalamnya kandungan antioksidan dapat mengurangi dan mencegah penyakit kanker. Tidak heran apabila manfaat minyak zaitun bisa mencegah kanker.

  1. Mencegah penyakit maag

Tanpa kalian sadari , minyak zaitun juga berfungsi mengobati maag. Karena riset yang telah di lakukan oleh romero bahwa dia menemukan minyak zaitun memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan helicobacter pylori. Memakai minyak zaitun teratur bisa mengurangi pembekakan pada bakteri H pylori yang bisa membunuh bakteri akibat penyakit maag. Dan ini termasuk penyebab radang lambung / maag yang bisa menimbulkan asam lambung.

  1. Membantu mengurangi berat badan

manfaat minyak zaitun ini mengandung senyawa antioksidan dan senyawa lainya yang dapat menekan sinyal rasa lapar diotak sehingga tubuh akan merasakan kenyang walau makan dalam porsi sedikit. Ini sangat cocok bagi orang yang mempunyai keinginan menurunkan berat badan dan menjaga bentuk tubuh.

  1. Menghilangkan jerawat

Terlihat asing di dengar jika minyak zaitun ini bisa digunakan untuk mengurangi jerawat karena biasanya muncul jerawat pada kulit yang sering berminyak. Ini mengandung antibakteri yang dapat mengurangi infeksi bakteri p. Acne pada kulit dan bisa menghilangkan bekas jerawat. Dengan cara mengoleskan minyak zaitun pada jerawat secara rutin dan teratur sebelum tidur. Dengan demikian jerawat akan hilang.

  1. Mempertahankan kekuatan tulang

Sudah banyak penelitian, minyak zaitun ini bisa dikonsumsi bersama makanan dan dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tulang dan dapat mempertahankan kepadatan tulang. Ini juga bisa di percaya dapat mencegah terjadinya keropos pada tulang atau penyakit pada usia lansia.

  1. Mencegah diabetes

Diabetes adalah penyebab tingginya angka kematian di dunia dan ini mendapat peringkat ke-6 setelah penyakit jantung dan kanker. Diabetes atau yang dikenal dengan kencing manis ini adalah penyakit yang timbul akibat tidak dapat mengendalikan kadar gula dan menyebabkan  kerusakan organ tubuh yang lain.

Banyak riset yang membuktikan bahwa minyak zaitun bisa menjadi obat untuk diabetes dan membuktikan bahwa bisa meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar gula dalam darah dan mencegah diabetes.

Berikut diatas adalah manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan kesehatan , semoga bermaanfaat dan terimakasih.