Manfaat Tembakau Selain Untuk Rokok

Posted on
manfaat tembakau
manfaat tembakau

Mungkin belum banyak orang yang tahu mengenai manfaat tembakau. Hal tersebut disebabkan karena tembakau merupakan salah satu bahan utama pembuatan rokok, yang mana akibat yang ditimbulkan oleh rokok sangatlah buruk bagi kesehatan. Namun, jika tembakau dapat diolah dengan benar maka akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan bahkan bisa membantu dalam mengobati beberapa penyakit.

Tembakau merupakan salah satu tumbuhan yang masih sekerabat dengan terong. Tumbuhan yang satu ini biasanya hidup pada iklim yang hangat dan waktu panen tembakau biasanya terjadi tahunan. Pada awalnya, telah diperjual belikan di Asia tahun 1575 M lalu ke seluruh dunia 50 tahun kemudian.

Tembakau mempunyai berbagai macam jenis yang mana tergantung dimana tembakau tersebut tumbuh seperti di China terdapat tembakau jenis nicotiana fruticosa atau di Turki terdapat tembakau jenis nicotiana rustica dan yang lainnya. Seperti yang telah kita ketahui, tembakau merupakan salah satu bahan utama untuk membuat rokok cerutu maupun kretek.

Sehingga banyak masyarakat yang menganggap tembakau sebagai tanaman yang buruk untuk kesehatan seperti halnya rokok. Dan wajib anda ketahui, bahwa bahaya rokok bukan berasal dari kandungan tembakau melainkan dari berbagai macam zat berbahaya yang memang sengaja di tambahkan di dalamnya seperti semprotan nikotin, karbon monoksida, arsenik, tar dan zat lainnya.

Adapun bagian tembakau yang biasanya digunakan untuk bahan dasar pembuatan rokok adalah daunnya. Walaupun pada umumnya banyak masyarakat yang mengira bahwa tembakau hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan rokok, namun daun tembakau sendiri ternyata mempunyai khasiat untuk kesehatan yang dapat di eksplorasi lebih banyak lagi. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, tembakau kerap dimanfaatkan sebagai ramuan obat.

Manfaat tembakau untuk kesehatan

Tembakau mengandung beberapa senyawa berupa alkaloid, flavonoid, polifenol, saponin, minyak terbang dan lainnya. Dari kandungan senyawa inilah, tembakau memiliki jutaan khasiat yang dapat membantu tubuh untuk terhindar dari beberapa masalah kesehatan. Adapun beberapa manfaat tembakau selain digunakan untuk pembuatan rokok diantaranya :

  1. Obat Radang

Daun tembakau dapat dimanfaatkan untuk ramuan obat yang dapat membantu tubuh Anda pulih dari rasa nyeri yang cukup mengganggu dan menyakitkan.

  1. Menyembuhkan Luka

Daun tembakau juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka luar. Luka Anda akan cepat mengering sehingga bisa membantu proses pembentukan kulit yang baru dengan cepat.

  1. Mencegah HIV/AIDS

Daun tembakau ternyata dapat menjadi obat herbal yang efektif untuk mencegah penyakit HIV/AIDS. Dengan pola hidup yang jauh dari sex bebas dan dosis yang tepat akan membuat Anda mudah trhindar dari penyakit HIV/AIDS.

  1. Anti Diabetes

Daun tembakau dapat membantu tubuh Anda dalam mengontrol gula dalam darah. Hal tersebut akan membuat kadar gula menjadi seimbang dan tidak meningkat.

  1. Mengatasi Kanker

Siapa sangka jika daun yang kerap dianggap merusak tubuh melalui rokok ini dapat mencegah kanker. Daun tembakau dapat dimanfaatkan sebagai obat pencegah kanker jika kita menggunakannya dengan tepat. Para ilmuwan mengenalkan hampir semua gen asing ke dalam tembakau.

Vektor yang berasal dari bakteri atau virus tembakau yang umum merupakan gen pertama yang digabungkan dengan gen yang bermanfaat. Seperti salah satu yang mengatur produksi protein bagi manusia interleukin dua yang sedang dalam tahap pengobtaan kanker.

  1. Melancarkan Kencing

Daun tembakau memiliki manfaat yang sangat baik untuk melancarkan kencing. Disamping itu, saluran kandung kemih Anda juga dapat terhindar dari kotoran atau kuman penyebab penyakit. Anda juga dapat terbebas dari penyakit kencing manis dan penyakit yang lainnya.

  1. Mengatasi Kanker Paru-Paru

Apabila Anda dapat menggunakan manfaat tembakau sesuai dengan proporsinya, maka daun tembakau ini akan memberikan khasiat yang baik untuk paru-paru. Paru-paru juga akan terhindar dari penyakit kanker.

  1. Meningkatkan Kekuatan Imunitas

Imunitas yang kuat akan menimbulkan dampak yang baik pada tubuh anda, karena kerja daya tahan tubuh anda akan lebih optimal dalam melawan penyakit. Daun tembakau juga dapat mencegah beberapa jenis penyakit yang menular.

  1. Mengeluarkan racun Dalam Tubuh

Daun tembakau juga bermanfaat untuk dijadikan obat herbal yang akan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Daun ini akan menetralisir racun yang terdapat di dalam tubuh, termasuk di dalam beberapa organ tubuh.

  1. Obat Flu dan Pilek

Daun tembakau juga dapat dijadikan untuk obat influenza atau flu. Hal tersebut karena daun tembakau mengandung zat-zat alami yang merupakan kandungan zat anti virus yang akan menghilangkan virus penyebab flu.

  1. Mengurangi Racun Gigitan Ular

Masyarakat di India meyakini bahwa nikotin yang terkandung dalam tembakau akan mengurangi rasa sakit dan membantu mengeluarkan racun karena gigitan ular serta menyembuhkan lukanya. Setelah racun keluar, daun tembakau dapat dilumat lalu ditempelkan pada luka gigitan dengan menggunakan perban. Cara ini juga dapat digunakan untuk luka sengatan serangga.

  1. Mengobati Gigitan Lintah

Manfaat tembakau berikutnya adalah dapat mengobati gigitan lintah. Cara ini dapat dilakukan dengan cara membasahi daun tembakau lalu mengikatkannya di sekitar pergelangan kaki sehingga airnya akan menetes ke bawah kaki dan akan mengusir lintah. Metode lain adalah dengan merendam kaos kaki ke dalam air yang mana air tersebut sudah dicampur dengan daun tembakau selama satu malam. Cara ini terbukti cukup ampuh karena lintah tidak suka dengan aroma tembakau.

  1. Sebagai Obat Antiinflamasi dan autoimun

Para ilmuwan sudah berhasil memanfaatkan tembakau yang diatur secara genetik untuk membuat obat-obatan untuk mengobati beberapa jenis penyakitseperti antiinflamasi dan autoimun serta diabetes. Sebuah tim besar yang terdiri dari beberapa ilmuwan yang berasal dari organisasi penelitian Eropa ikut berpartisipasi dalam penelitian sebagai bagian dari proyek Pharma Planta.

Tim tersebut dipimpin oleh Prof. Mario Pezzoti di Universitas Verona. Mereka membuat tanaman tembakau menjadi transgenik yang akan dapat memproduksi zat biologis aktif interleukin-10 (IL-10), sitokin sendiri juga berperan sebagai antiinflamasi yang kuat. Mereka menggunakan 2 versi yang berbeda dari tanaman yang dihasilkan dan IL-10, yang mana protein tersebut akan ditargetkan pada 3 kompartemen yang berbeda dalam satu sel untuk melihat mana yang akan berfungsi paling efektif.

Menurut Pezzoti, transgenik adalah sistem yang menarik untuk menghasilkan protein terapeutik sebab menawarkan produksi dalam skala yang besar dengan biaya yang murah, namun persyaratan perawatan yang cukup rendah. Kenyataan bahwa dapat dimakan, dan dapat berguna untuk obat jika dibutuhkan sehingga terhindar dari prosedur pemurnian dalam jangka panjang.

  1. Tembakau Menjadi Obat Nyamuk

Tembakau dapat bermanfaat menjadi obat nyamuk. Caranya yaitu dengan merendam beberapa lembar daun tembakau dalam satu liter air lalu rendam selama satu malam, zat nikotin yang terkandung pada daun tembakau akan larut ke dalam air dan akan menjadi obat nyamuk.

  1. Mengusir Ulat pada Tanaman

Tanaman yang berwarna hijau kerap kali membuat larva menyukainya dan dijadikan tempat tinggal. Ketika telah menjadi ulat akan dapat merusak berbagai jenis tanaman dalam hitungan beberapa minggu. Cara untuk mengatasinya adalah dengan menyampurkan daun tembakau dengan bubuk pyrethrum yang kering lalu dihancurkan sehingga menjadi bubuk kemudian semprotkan pada tanaman yang terdapat ulat.