Khasiat-Daun-Sirsak
Khasiat-Daun-Sirsak

13 Manfaat Daun Sirsak Yang Perlu Kalian Ketahui

Posted on

Pasti kalian sudah tidak asing lagi jika mendengar kata “sirsak” ! kalian tahu tidak, bahwa daun sirsak juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Di artikel ini Kali saya akan menjelaskan kepada kalian tentang manfaat dari daun sirsak yang termasuk ke dalam tanaman obat.

Sekarang manfaat dari daun sirsak sangat populer sekali di Indonesia karena daun sirsak dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit terutama penyakit yang sangat mengerikan dan berbahaya yaitu kanker. Memang daun sirsak dapat menjaga kesehatan tubuh kita dan lebih hebatnya daun sirsak ini juga dapat mengobati berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Ekstrak dari daun sirsak sendiri dapat memperlambat proses pertumbuhan penyakit kanker, sekrang banyak sekali dokter menyarankan pengobatan menggunakan daun sirsak. Daun sirsak sendiri banyak sekali mengandung senyawa anonol, annoctalin, muricapentocin, annomuricin, linoleic acid, annohexocin, acetogenins, dan senyawa lainnya.

Daun sirsak di olah oleh masyarakat dengan berbagai macam olahan. cara mengolahnya bisa dengan cara manual atau bisa juga dengan cara tradisional atau bahkan masyarakat juga bisa  mengolahnya dalam bentuk seperti kapsul atau sejenis.

Manfaat Dari Daun Sirsak

Manfaat-Daun-Sirsak
Manfaat-Daun-Sirsak
  1. Mengobati Penyakit Kanker

Manfaat daun ini yang pertama dapat mengobati penyakit kanker. Hal ini yang menyebabkan daun sirsak menjadi sangat terkenal. Daun sirsak sendiri bisa memperlambat proses tumbuhnya penyakit kanker dan efek yang diberikan oleh daun ini sangat effektif dari pada kemoterapi. Hal ini disebabkan acetogenin yang ada pada daun ini. Kandungan pada sirsak ini sangatlah kuat, dan acetogenin dapat melawan sek kanker 10 ribu kali lebih kuat dari Adriamycin.

Untuk kalian yang ingin merasakan manfaatnya, kalian bisa merasakannya dengan cara meminum air rebusan daun sirsak. Caranya kalian hanya dengan merebus 10 lembar daun sirsak dengan dengan tiga gelas air. Rebus camperan tadi hingga air yang direbus tersisa 1/3 saja. Air rebusan tadi kalian bisa meminumnya dalam keadaan dingin atau hangat.

  1. Mengobati Asam Urat

Manfaat dari daun ini tidak hanya untuk mengobati kanker saja, tetapi daun ini juga bisa dipakai sebgai obat penyakit asam urat. Kandungan yang terdapat pada daun ini seperti , asam gentisic, annocatalin, acetogeninannomuricin, caclourin, dan asam linoleat dapat dimanfaatkan sebagai obat bagi alian yang mengalami penyakit asam urat.

  1. Mengobati Kista Ovarium

Penyakit seperti ini di alami oleh beberawa wanita. Kista ovarium biasanya di sebut oleh masyarakat sebagai tumor jinak yang bisa muncul di ovarium. Jika penyakit seperti ini tidak segera diobati, kista bisa berkembang dan menjadi kanker. Untuk mencegh atau mengobati penyakit kista ini kalian bisa menggunakan daun sirsak sebagai obatnya.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Bagi kalian yang belum mendapatkan keturunan. Untuk solusinya kalian bisa mengonsumsi air rebusan dari daun buah sirsak. Efek yang diberikan pada pria jika mengonsumsi air rebusan ini dapat meningkatkan jumlh sperma. Sementara bagi perempuan yang mengonsumsi air rebusan ini dipercaya oleh mayarakat dapat memperkuat Rahim.

  1. Pengobatan Sakit Punggung

Rasa skit pada punggung sering sekali dialami oleh masyarakat ketika saat bertambahnya usia atau berolahraga. Dengan kita mengonsumsi obat kimia untuk menghilangkan rasa sakit pada punggung dapam memberikan efek samping. Kalian yang mengalami rasa sakit pada punggung,kalian bisa mengonsumsi daun buah sirsak sebagai obat herbal, karena daun ini sangat efektif untuk mengobati rasa nyeri pda punggun kalian dan tidak memberikan efek negatif.

  1. Mengobati Penyakit Diabetes

Daun sirsak ini bisa dijadikan sebagai obat herbal dalam menyembuhkan penyakit diabetes. Karena nutrisi yang terdapat didalam ekstrak daun ini mampu untuk menstabilkan kadar gula darah yang ada pada tubuh manusia.

  1. Mengobati Bisul

Bisul merupakan penyakit yang tidak begitu parah, tetapi penyakit bisul ini sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Untuk menghilangkan bisul, kalian bisa menggunakan beberapa lembar daun ini yang masih muda, kemudian kalian tempelkan daun ini ke bagian tubuh yang ada bisulnya. Tempelkan daun sampai mengering.

  1. Mengatasi Penyakit Sesak Nafas

Daun ini dipercya oleh masyarakat memiliki banyak kandungan dan dapat digunakan sebagai obat untuk sesak nafa. Caranya kalian hanya perlu mengonsumsi ramuan yang terbuat dari daun ini.

  1. Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Penyakit ini bisa terjadi pada orang yang kelebihan berat badan karena penyakit ini disebabkan oleh penumpukan lemak yang terjadi pada dinding pembulu darah di jantung dan menyebabkan penyumbatan.

Sifat vasodilator yang terdapat pada daun ini dapat memaksimalkan manfaat dari daun sirsak untuk membantu menjaga kesehatan pada jantung dan membantu dalam proses memperbesar saluran pembuluh darah yang tersumbatoleh lemak yang menumpuk.

  1. Mengobati Penyakit Batuk Ringan

Selain bisa mengobati penyakit yang berat atau berbahaya, daun ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit batuk. Tetapi, batuk yang bisa diobati hanyala batuk yang masih ringan. Jika seseorang sudah mengalami batuk yang sangat parah, maka kalian segera pergi ke dokter untuk segera ditangani.

  1. Mengatasi Penyakit Rematik

Penyakit seperti ini biasanya dialami oleh orang yang sudah tua, penyakit ini dapat mengakibatkan rasa sakit yang sangat hebat. Untuk mengobati penyakit ini kalian bisa menggunakan daun sirsak sebagai obat. Karena dan ini dapat menghilangkan rasa nyeri.

  1. Mengatasi Komedo
Manfaat Daun Sirsak
Manfaat Daun Sirsak

Dan sirsak juga bisa digunakan untuk mencegah adanya komedo  dan masalah yang terjaadi pada kulit kita. caranya kalian hanya perlu menghaluskan dan sirsak, lalu daun yang sudah dihaluskan tadi kalian oleskan ke wajah kalian.

  1. Menghilangkan Kutu Pada Rambut

Daun ini mempunyaki kemampuan untu mencegah pertumbuhan hewan atau parasit yang berkembangbiak di kulit kepala yang dapat mengganggu aktivitas kalian. Cara untuk menghilangkannya cukup mudah. kalian cukup dengan merebus daun selama 10 sampai 20 menit, lalu kalian gunakan air rebusan tadi untuk keramas. Dengan begini dapat membantu mengilangkan hewan dan parasit yang ada di kulit kepala.

Tips Untuk Memanfaatkan Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak
Manfaat Daun Sirsak

Jika kalian memakai daun ini untuk berbagai obat herbal untuk kesehatan, ada baiknya jika kalian mengikuti beberapa tips yang saya berikan.

  • Bersihkan daun terlebih dahulu. Jangan lupa bersihkan daun dengan menggunakan air yang mengalir karena di daun itu akan terdapat banyak sekali kuman dan bakteri, termasuk juga kuman dan bakteri yang terdapat pada buahnya.
  • Jangan konsumsi ramuan yang terbuat dari daun sirsak terlalu berlebihan, pastikan kalian mengikuti saran atau anjuran yang diberikan kepada kalian agar tidak menggurangi khasiat yang dimilki dari rebusan daun tersebut.
  • Konsultasikan ke para ahli herbal. Pastikan kalian melakukan konsultasi dengan para ahli herbal untuk mendapatkan informasi yang benar mengenai manfaat dari daun sirsak, bagaimana cara menggunakannya, dan apa saja gizi yang dikandungnya

Effek Samping Dari Daun Sirsak

Jika kalian mengonsumsi ramuan ini secara berlebihan akan menimbulkan effek  samping.

  • Membahayakan ibu yang sedang menyusui anaknya
  • Kekurangan cairan atau tubuh mengalami dehidrasi
  • Asam lambung yang meningkat
  • Susah buang air besar
  • Tubuh merasa kepanasan
  • Nyeri otot dan juga sendi
  • Ginjal dipaksa untuk kerja lebih keras
  • Menurunkan fungsi kerja pada hati
  • Dapat memperparah komplikasi penyakit

Demikian artikel tentang 13 Manfaat Daun Sirsak Yang Perlu Kalian Ketahui. Terima kasih untuk kalian yang sudah menyimak artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian. Selamat mencoba!.