manfaat daun mint
manfaat daun mint

Manfaat dan Khasiat Daun Mint Yang Sangat Luar Biasa

Posted on

Hai sobat jempoltangan.com, kalian tau apa itu daun mint? Mungkin bagi sebagian kalian ada yang merasa asing saat mendengar kalimat “daun mint“. kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian tentang daun mint.

Belakangan ini daun mint menjadi sangat popular dikarenakan banyak sekali permen dan pasta gigi yang dibuat menggunakan daun mint. Daun mint adalah salah satu daun yang mempunyai khasiat dan manfaat sangat banyak. Dengan aromanya yang khas ini daun mint mempunyai banyak sekali peminatnya.

Daun mint masih tergolong dalam kategri rempah-rempah, daun ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk macam-macam masakan karena aroma yang dimilikinya. Sekarang daun mint banyak digunakan untuk beberapa alat kosmetik dan dan berbagai tempat kecantikan karena daun ini bisa digunakan untuk merawat kulit dan merawat rambut.

Kandungan Yang Ada Pada Daun Mint

daun mint
daun mint

Kandungan pada daun ini sangat banyak sehingga daun ini sangat baik untuk tubuh, berikut ada beberapa kandungan yang ada didalam daun mint:

  • Vitamin E
  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Asam aspartate
  • Serat
  • Kalsium
  • Sluttamico
  • Fosfor
  • Alanine
  • Minyak atsiri
  • Dan senyawa lainnya

Kandungan daun mint sangat banyak, jadi ketika daun ini dipakai untuk obat herbal bisa menyembuhkan atau mengobati berbagai macam penyakit. Untuk mengelola daun ini menjadi obat dapat memakai berbagai macam cara. Kalian bisa mengolah daun mint dengan mencampur daun ini ke masakan yang akan dimakan, atau kalian bisa mengelola daun ini dengan merebusnya.

Manfaat dan Khaiat Daun Mint

  1. Menangkal Radikal Bebas

Kalian pasti sering beraktivitas di luar ruangan. Maka sebaiknya kalian mengkonsumsi daun mint setiap hari. Karena  daun ini bisa melindungi kalian dari bahayanya radikal bebas yang disebabkan oleh polusi udara.

  1. Meningkatkan Fungsi pencernaan

Daun ini bisa membantu proses pencernaan dan bisa menghilangkan rasa sakit pada perut. Mint mempunyai aromayang sangat lembut, aroma tersebut bisa memicu mulut agar menghasilkan enzim pencernaan dan banyak air liur, jadi mint bisa meningkatkan fungsi pencernaan.

  1. Membantu Menangani Rasa Mual dan Sakit Kepala

Aroma menyegarkan yang dihasilkan dari mint ini bisa dijadikan obat yang sangat efektif dalam mengatasi rasa mual. Balsam yang menggunakan bahan dasar mint ketika digosokan pada hidung atau dahi, bisa mengatasi rasa pusing pada kepala.

  1. Kesehatan Mulut dan Gigi

Manfaat yang lainnya dari mint adalah membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Mint bisa membuat nafas kalian menjadi segar, mint bisa membersihkan gigi serta lidan dan mint juga menghambat pertumbuhan bakteri yang ada didalam mulut kita.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Mint mempunyai kandungan nutrisi yang sangat banyak, jadi daun ini bisa bermanfaat untuk meningakatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan sistem imun.jika kita mengonsumsi mint secara rutin bisa mencegah berbagai firus yang akan masuk kedalam tubuh kita, hal ini terjadi Karena daya tahan yang ada ditubuh kita kuat untuk menghadapinya.

  1. Menurunkan Demam

Min bisa bermanfaat untuk menurunkan penyakit demam yang terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Dan sudah banyak sirup pereda demam menggunakan campuran mint didalamnya.

  1. Pereda Nyeri

Mint mempunyai banyak sekali kandungan yang ada di dalamnya contohnya seperti antispasmodic. Antispasmodic bisa menghilangkan rasa nyeri yang timbul akibat berbagai macam penyakit. Jika daun mint dibandingkan dengan obat medis, mint akan setara dengan asam mefenamat yang digunakan sebagai obat pereda nyeri.

  1. Membantu Pertumbuhan Tulang

Daun mint bisa membantu pertumbuhan pada tulang dan menjaga kesehatan tulang. Bukan hanya orang dewasa saja yang bisa mengonsumsi mint untuk menjaga kesehatan tulangnya, tetapi anak- anak juga bisa mengonsumsinya untuk membantu peryumbuhan tulang sejak dini. Kalian bisa mencampurkan mint pada minuman yang biasa diminum anak kalian.

  1. Mencegah Kanker

Salah satu khasiat yang diberikan daun mint adalah penangkal radikal bebas, jadi mint melindungi tubuh kita dari tumbuhnya sel kanker. Jadi dengan kalian mengonsumsi mint secara teratur dalam bentuk olahan apapun itu akan memperkecil tubuh kita terkena kanker.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Efek yang diberika oleh tanaman mint ini sangat bagus bagi anak-anak yang susah makan. Kalian bisa berikan mint pada minuman atau makan mereka setidaknya sehari sekali agar menambah nafsu makan padaa anak-anak.

  1. Menyehatkan Mata

Vitamin A tidak terdapat pada tanaman wortel saja tetapi mint juga memilikinya. Kandungan Vitamin A yang dimiliki tanaman mint ini cukup tinggi. Sehingga mint sangat baik untuk dikonsumsi orang tua yang kejelian pada matanya mulai menurun.

  1. Mengobati Batuk

Sering kita jumpai sirup obat batuk mengandung campuran mint di dalamnya. Salah satu manfaat yang diberikan daun mint adalah menyembuhkan penyakit batuk secara cepat. Baik itu batuk kering atau batuk berdahak.

  1. Melegakan Pernafasan

Ketika kalian terkena penyakit fli atau demam pasti disertai dengan pernafasan yang terganggu. Mint dapat membantu melegakan pernafasan, karena mint memiliki kandungan yang bisa melonggarkan system pernafasan.

  1. Mengobati Tenggorakan Yang Gatal

Biasanya batuk diakibatkan oleh tenggorokan yang gatal atau lainnya. Untuk mengobatinya kalian bisa mengonsumsi mint dengan cara meminum air rebusan daun mint agar membantu rasa gatal pada  tenggotokan.

  1. Mengobati Sakit Maag

Banyak sekali obat untuk menyembuhkan penyakit maag yang diolah dengan campuran mint. Lebih baik kalian mengonsumsinya secara langsung, karena dengan cara mengonsumsi secara langsung  bisa menyembuhkan penyakit maag lebih cepat. Caranya kalian bisa meminum air dari rebusan daun mint atau kalian bisa mencampurnya ke dalam makanan.

  1. Mengobati Alergi

Bagi kalian yang alergi dengan bulu binatang atau alergi dengan debu, kalian bisa mengonsumsi daun mint untuk mengobati alergi. Karena mint mempunyai manfaat memperkuat atau membangun system kekebalan dalam tubuh kalian, jadi kalian tidak akan rentan terhadap macam-macam penyakit.

  1. Menghilangkan Rasa Mual

Kalian pasti pernah mengalami mual akibat dari sakit pusing atau bisa karena asam lambung kalian naik. Ketika kalian merasakan seperti itu kalian bisa mengonsumsi air rebusan daun mint untuk mengurngi ras mual yang kalian alami. Untuk ibu yang sedang hamil dan sering ngidam atau mual kalian bisa mengonsumsi seduhan mint tersebut.

Atau kalian bisa menghilangkan rasa mual dengan cara mencium aroma dari rebusan mint tadi.

  1. Mengobati Sakit Flu

Kalian pernah mengalami yang namanya sakit flu , ketika kalian sakit flu pasti kalian merasa tidak enak badan  seperti suhu badan yang menjadi naik dan hidung juga tersumbat dan membuat pernafasan kalian tidak lancer. Kalian bisa mengembalikan daya tahan tubuh kalian dengan mengonsumsi rebusan air min saat masih hangat.

  1. Mengobati Rasa Sakit Pada Kepala

Jika kalian merasa sakit pada kepala, kalian bisa merebus mint dengan air lalku kalian minum air remusan mint yang sudah kalian buat untuk mengurangi rasa sakit pada kepala kalian. Karena efek yang diberikan selah meminum air rebusan mint tadi klian merasa lebih tenang dan lebih nyaman.

Cara Mengolah Daun Mint Dengan Menyeduh:

daun mint
daun mint
  • Kalian bisa menyeduhnya secara langsung ketika daun masih basah, atau bisa kalian mengeringkannya terlebih dahulu
  • Ambil mint yang masih segar lalu kalian cuci sampai bersih.
  • Kalian masukkan daun yang sudah kalian cuci hingga bersih tadi kedalam gelas lalu berikan air pana
  • Kalian juga bisa mencampurkannya kedalam teh hangat atau jeruk hangat

Daun mint memiliki banyak manfaat dan khasiatnya, mint dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.  Sangat luat biasakan? Jadi kalian tidak perlu heran mengapa daun mint banyak yang mencari. Demikian artikel tentang Manfaat Daun Mint Yang Sangat Luar Biasa. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga artikel ini untuk kalian.