sejarah komputer dahulu
sejarah komputer dahulu

Manfaat dan Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi

Posted on

Sejarah Komputer – Hai pembaca setia jempoltangan.com, zaman sekarang masih tidak mengenal tentang teknologi  itu hal yang tidak wajar terutama dikalangan anak muda zaman sekarang. Banyak alat yang canggih bermunculan dari model biasa hingga yang luar biasa. Itulah yang dinamakan perkembangan zaman. Mungkin dikatakan ketinggalan zaman jika seseorang tidak menggunakan laptop / komputer.

Karena seringkali orang mengerjakan tugas atau hal menggunakan leptop atau komputer dan orang banyak dituntut untuk bisa menggunakan komputer. Karena dengan menggunakan komputer bisa membuat seseorang semakin cepat dan mudah dalam mengerjakan sesuatu. Bagaimana kah awal lahirnya komputer? Apa kalian sudah tau? Mari kita simak artikel ini bersama sama.

Apalagi di era sekarang komputer dapat kita ambil manfaatnya. Komputer adalah alat bantu yang bisa mempermudah pekerjaan seseorang baik dalam hal pendidikan atau hal lainya. Tidak itu saja tapi bisa mengakses informasi dari seluruh dunia, dan komputer juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita.

Komputer ini sudah ada dari generasi ke generesi dari generasi pertama hingga generasi keempat sekarang ini. Komputer adalah mesin yang dapat membantu mempermudah mengolah data dalam bentuk aritmatika.

sejarah komputer dulu
sejarah komputer dulu

Awal Mula Sejarah Komputer

Komputer ini sudah berkembang dari zaman ke zaman. Komputer secara luas merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari komponen yang bisa menghasilkan informasi seperti sesuai inputan pengguna. Komputer terdiri komponen CPU, Monitor, Mouse, Keyboard. Komputer sudah berkembang dari segi fitur, desain, model, fungsinya. Dan komputer menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat apalagi yang bekerja di perkantoran.

Komputer sudah ada 4 generasi dalam sejarah terciptanya

Generasi pertama

pada tahun 1941, pada saat perang dunia komputer ini dibuat. Seorang insyinyur jerman yang bernama Konard Zuse membuat komputer Z3. Ini digunakan sebagai alat desain pesawat terbang dan peluru kendali. Pada tahun 1943 negara Inggris membuat komputer untuk memecah kode rahasia yang diberi nama colossus.

Dan pada tahun 1900-1973. Seorang insyinyur yang bernama Harvard, Howard H.Aiken mempunyai ide untuk membuat kalkulator elektronik untuk US Navy, dia bekerja di perusahaan IBM. Kalkulator tersebut mempunyai 50meter dengan panjang 500mil. Lalu komputer tersebut diberi nama MARKI. Cara bekerja komputer tersebut adalah mengunakan sinyal elektronik sebagai penggerak mesin dan ini membutuhkan waktu 3 sampai 5 detik untuk cara bekerja perhitunganya.

Asal usul komputer ini dimulai dengan terciptanya ENIAC (Electronik Numerical Integrator and Computer) ini terdiri dari 18ribu tabung vakum, 5 juta titik soldir, dan 70resitor. Dan ini merupakan mesin beesar yang mempunyai daya 160Kw. EDVAC ini lahir pada tahun 1945, dan sudah dilengkapi dengan memori yang digunakan untuk menampung data. Pembuat edvac ini adalah Von Neuman. Pada saat tahun 1951, UNIVAC1 diciptakan dan dibuat oleh Remington Rand.

sejarah komputer
sejarah komputer

Generasi kedua

Sejarah komputer pada generasi kedua ini, ditemukan transistor untuk menggantikan tabung vakum. Ini digunakan mulai tahun 1956. Pada saat itu juga IBM membuat komputer super lalu diberi nama Skretch dan Sperry Rand  membuat komputer yang diberi nama LARC.

jenis komputer generasi kedua
jenis komputer generasi kedua

Generasi ketiga

sejarah komputer dulu
sejarah komputer dulu

Pada komputer generasi ketiga ini munculah perkembangan IC( Integrated Circuits). IC ini merupakan prestasi terbesar yang dilakukan pada periode. Ic ini diciptakan oleh Robert Noyce danjack Kilby pada tahun 1958-1959. IC merupakan komponen tunggal yang memiliki jumlah transistor.

Ukuran transistor dibuat lebih kecil dan ditempatkan pada chipsilikon. Ini biasanya disebut semikonduktor yang secara meningkat dan efisiensi komputer. Pada gereasi ketiga ini mengembangkan Keyboard dan monitor.

Komputer-Generasi-ketiga
Komputer-Generasi-ketiga

Generasi keempat

Sejarah komputer pada generasi keempat membuat komponen komponen yang dipasang dalam chip. Dan pada tahun 1970 produk komputer ini mulai di perjual belikan ke masyarakat. Komputer pada saat itu disebut dengan mini komputer. Semakin tahun semakin berkembang lagi yaitu video game Atari 2600 sekitar tahun 1980. Pada tahun 1981 IBM memperkenalkan PC atau yang biasa kita kenal dengan personal komputer. Generasi ini mulai muncul arsitektur komputer berupa desktop dan leptop. Persaingan di pasaran dan teknologi juga terjadi pada IBM dan Apple Macintosh. Keunggulan Apple adalah design grafisnya.

generasi keempat sejarah komputer
generasi keempat sejarah komputer

Berikut diatas adalah macam macam jenis komputer dari generasi ke generasi. Lalu apakah kalian mengerti fungsi dan manfaat dari komputer ini? Keseringan setiap orang jika ditanya tentang fungsi dan manfaat komputer mereka menjawab untuk mempermudah pekerjaan, sebagai alat komunikasi, dan sebagai hiburan saja.

Seringkali orang menjawab dengan alasan itu, tapi banyak orang zaman dahulu tidak mengerti tentang manfaat komputer, sehingga mereka beranggapan bahwa komputer itu tidak penting dan alhasil generasi mereka tidak menerapkan atau mendidik anak anaknya dibidang komputer.

Dalam bidang komputer terdapat banyak hal, dari bidang mata pelajaran, usaha, perbisnisan, dan perkuliahan semua ada didalam komputer. Dan pendidikan serta ilmu pengetahuan lebih lengkap kita dapatkan dari komputer. Dengan media internet daripada pelajaran atau ilmu yang kita peroleh dari sekolah.

manfaat komputer
manfaat komputer

1. Komputer sebagai sarana mempermudah kerja

Komputer digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Orang kebanyakan pada zaman dahulu menggunakan mesin tik untuk mempermudah pekerjaan. Namun apabila melakukan kesalahan maka kertas tersebut harus disobek dan diketik ulang. Tidak itu juga mesin tik dokumen yang sudah di ketik tidak dapat di edit kembali. Dengan menggunakan komputer kita bisa mengedik dokumen.

2.Komputer Sebagai Sarana Komunikasi

Berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh pada zaman dahulu biasanya menggunakan fasilitas telepon. Namun dengan itu kita hanya bisa mendengar suaranya saja. Dengan komputer kita bisa berbicara dengan teman atau saudara kita, bicara sambil melihat webcam, dapat chattingan, menulis email untuk mereka, dan juga menggirim gambar atau file kepada mereka, dan lain sebagainya.

3. Komputer Sebagai Alat Pendidikan

Ilmu yang kita peroleh selain dari sekolah. Biasanya dari media Radio, Televisi, Koran, dan tempat kursus. Namun dengan menggunakan komputer kita bisa terhubung menggunakan internet atau tidak. Kita dapat memperoleh ilmu dari aplikasi yang telakh kita install. Setiap installan pasti ada bantuan yaitu tutorial dengan menggunakan program dan pelatihan, aplikasi yang telah di install contohnya seperti Adobe photoshop, power point dan autocad. Dan setiap aplikasi mempunyai fungsi masing masing. Selain dari aplikasi yang di instaall jika kita menggunakan internet kita bisa dapat ilmu pendidikan yang lainya seperti Sejarah, Kebudayaan, Biologi, Sosial, Ekonomi, dan masih banyak lainya yang kita peroleh dari komputer.

4.Komputer Sebagai Sarana Usaha

Tidak untuk komunikasi, sebagai alat hiburan, komputer juga digunakan untuk melakukan banyak usaha dan dapat mendatangkan penghasilan bagi kita, seperti membuat rental komputer, membuat warnet,  membuat usaha percetakan, usaha sablon, usaha desain grafis, dan masih banyak lainya.

5.Komputer Sebagai Sarana Informasi

Dengan komputer kita bisa mendapat informasi yang kita butuhkan, antara lain informasi tentang produk, tentang cuaca, kesehatan, Travel, hiburan, pendidikan, berita, lalulintas, dan masih banyak lainya.

6.Komputer sebagai Alat Hiburan

Pada zaman dahulu sebelum ada komputer, untuk sebagai hiburan menggunakan Radio, tape, televisi untuk mengetahui situasi dan kabar terbaru dari suatu wilayah. Dengan menggunakan komputer kita dapat menghibur dirikita dengan fasilitasnya, seperti menonton video lewat kaset, bermain game, mendengar lagu lagu melalui CD/DVD melalui internet, berhubungan dengan teman melalui Chating atau webcam, dan masih banyak fungsi lainya.

Berikut diatas adalah macam komputer dari generasi ke generasi, semoga bisa menambah wawasan anda dan terima kasih.