manfaat belimbing wuluh
manfaat belimbing wuluh

10 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Posted on

Apasih manfaat belimbing wuluh itu? Belimbing wuluh atau yang biasa disebut belimbing sayur merupakan tanaman asli Indonesia yang juga merupakan tanaman obat yang berasal dari kepulauan Maluku. Belimbing wuluh dikenal dengan rasa buahnya yang asam. Namun, buah ini memberi penyegaran pada tubuh kita. Dengan kesegaranmya buah ini sering dimanfaatkan sembagai bumbu untuk menambah rasa pada masakan.

Belimbing wuluh tidak seperti buah belimbing yang biasa kita makan. Memang mereka masih satu keluarga. Tetapi, sifat dari kedua belimbing ini sangatlah berbeda. Kalau belimbing yang biasanya kita makan itu berbentuk segi lima seperti bentuk bintang, buahnya lebih besar dan rasanya manis. Sedangkan belimbing wuluh itu besarnya sebesar ibu jari orang dewasa, warnanya pun lebih hijau.

Sebagian masyarakat sudah menggunakan belimbing ini sebagai obat flu dan obat batuk. Sebelum kita membahas manfaat belimbing wuluh ini lebih baik kita mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada belimbing wuluh.

Kandungan Belimbing Wuluh:

Setiap tumbuhan dan buah-buahan memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda dan manfaat yang bermacam-macam. Siapa sangka bahwa manfaat belimbing wuluh luar biasa. Buah asam ini sebagai penghasil vitamin C yang sangat tinggi. Buah ini juga digunakan sebagai obat herbal sama seperti manfaat kencur atau manfaat temulawak.

Manfaat belimbing wuluh terdapat pada khasiatnya untuk mengobati macam-macam penyakit seperti batuk, sakit gigi dan gejala penyakit diabetes. Hal tersebut terjadi karena banyak sekali kandungan unsur alami pada buah ini, antara lain:

  • Asam format.
  • vitamin A
  • flavonoid,
  • vitamin B1,
  • kabohidrat,
  • protein,
  • fosfor,
  • zat besi
  • kalium
  • Kalsium oksalat.
  • Kalsium sitrat.
  • Dan sulfur.

Belimbing wuluh adalah tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan dikarenakan setiap bagian dari tanaman ini seperti pada bagian daun, batang, buah, dan bunganya dapat dijadikan berbagai ramuan obat untuk menyembuhkan bermacam-macam penyakit.

Manfaat Belimbing Wuluh:

Setelah kita mengetahui bermacam-macam kandungan nutrisi didalamnya. Jadi kalian jangan meragukannya lagi manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan. Untuk mempersingkat waktu, berikut adalah manfaat belimbing wuluh ini yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

  1. Menurunkan Tensi Darah

Gejala yang diakibatkan hipertensi pada setiap orang berbeda-beda. Namun,gejala yang umum terjadi pada setiap orang yaitu sakit kepala yang berlebihan, detak jantung yang berdetak kencang, rasa pegal pada tengkuk, dan telinga berdenging.

Untuk menurunkan tensi darah kalian bisa menggunakan buah ini sebagai obatnya. Cara mengonsumsinya yaitu:

pertama-tama kalian siapkan 3 belimbing wuluh yang berukuran sedang. Kemudian cuci buah tadi hingga bersih, setelah dicuci kalian potong buah menjadi beberapa bagian. Rebus buah yang sudah dipotong dengan 3 gelas berisi air, biarkan hingga air tersisa satu gelas. Kemudian tunggu air yang udah direbus dengan belimbing wuluh agak mendingin. Setelah air agak mendingin kalian saring air tersebut. Kalian bisa mengonsumsinya besok hari ketika sarapan.

Catatan: bagi penderita penyakit darah tinggi yang air kencingnya mengandung Kristal oksalat,sebaiknya jangan mengonsumsi ramuan ini dikarenakan ramuan ini mengandung asam oksalat. Demikian bagi penderita sakit lambung atau mag, maka jangan mengonsumsi ramuan ini dikarenakan kadar asamnya. Sebagai alternative kalian bisa menggunakan belimbing manis.

  1. Obat Batuk
manfaat belimbing wuluh
manfaat belimbing wuluh

Anak-anak sangatlah rentan dengan penyakit batuk. Untuk mencegahnya atau mengobati batuk tersebut kalian bisa menggunakan belimbing wuluh. Caranya :

Kalian siapkan tiga buah belimbing wuluh, beberapa butir adas dan gula secukupnya lalu ditambah dengan secangkir yang berisi air. Campurkan semua kedalam tim lalu diamkan selama beberapa jam. Setalah didiamkan sampai dingin disaring menggunakan kain dan dibagi untuk dua kali minum, diminumnya pagi dan malam saat kondisi perut kosong.

  1. Mengobati Penyakit Rematik

Penyakit rematik ditandai dengan rasa nyeri pada tulang dan persendian. Kebanyakan yang mengalami penyakit rematik ini adalah orang-orang lanjut usia. Untuk mencegah atau mengobati penyakit rematik ini kalian bisa menggunakan belimbing wuluh sebagai obatnya.

Caranya adalah kalian sediakan 5 belimbing wuluh yang sudah dicuci, 8 lembar daun kantil, 15 biji cengkeh, dan 15 biji lada hitam. Haluskan semua bahan yang sudah kalian siapkan tadi, lalu kalian tambahkan dengan 2 sendok makan perasan jeruk nipis, dan 1 sendok makan minyak. Setelah semua tercampur dengan rata, oleskan ramuan ini ke daerah yang kalian terasa nyeri.

  1. Untuk Diet

Belimbing wuluh juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Itu dikarenakan belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin C dan serat. Dengan kandungan yang dimiliki dapat membantu memperlancar diet kalian.

Kandungan vitamin C yang ada di belimbing wuluh memiliki fungsi untuk meningkatkan metabolism tubuh. Dengan lancarnya metabolism pada tubuh, berarti itu juga akan membakar lemak yang ada didalam tubuh kita secara optimal.

Kandungan serat yang dikandung belimbing wuluh itu membantu mencegah penumpukan lemak didalam tubuh. Tetapi selain mencegah penumpukan lemak didalam tubuh kandungan serat ini juga bermanfaat untuk menekan nafsu makan, sehingga kalian yang ingin diet bisa menghidari dari mengonsumsi makanan yang berlebihan.

  1. Mengatasi Sariawan
manfaat belimbing wuluh
manfaat belimbing wuluh

Karena belimbing wuluh mengandung vitamin C, belimbing wuluh dapat mengobati sariawan. Memang cukup ekstrim jika belimbing wuluh digunakan sebagai obat sariawan karena rasanya sangat perih jika diolesi dengan buah ini. Namun banyak yang menggunakan dan percaya bahwa dengan cara ini untuk menghilangkan sariawan sangatlah cepat.

  1. Menghilangkan Panu

Bagi kalian yang memiliki masalah pada kulit seperti contohnya panu. Dari pada kalian menggunakan salep dan mengeluarkan uang banyak, lebih baik kalian memanfaatkan belimbing wuluh. Sebenarnya panu adalah masalah yang sepeleh tetapi jika dibiarkan itu akan jadi masalah pada penampilan dan rasa percaya diri.

Caranya kalian siapkan 10 buah belimbing wuluh dan air kapur sirih secukupnya. Pertama-tama haluskan terlebih dahulu belimbing wuluh, jika sudah halus kalian campurkan dengan air kapur sirih. Jika semua sudah tercampur kalian bisa oleskan ke bagian kulit yang terkena panu lakukan perawatan tersebut dua kalia sehari. Dalam beberapa hari kemudia panu yang ada di badan kalian akan hilang.

  1. Mengatasi Sakit Gigi

Sakit gigi adalah penyakit yang benar-benar menyiksa kita karena dapat merusak aktivitas yang akan kita lakukan dan membuat kepala kita jadi pusing. Kita tidak bisa makan makanan yang kita suka, kita jadi tidak bisa berbicara dengan bebas. Banyak cara tradisional untuk menyembuhkan rasa sakit gigi, salah satunya adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Caranya adalah kalian ambil satu buah belimbing wuluh, lalu cuci belimbing itu sampai bersih. Kemudian buah yang tadi sudah dicuci kalian kunyah bersama dengan garam pada gigi yang terasa sakit. Kalian bisa rasakan denyut pada gigi yang terasa sakit perlahan-lahan denyut itu akan menghilang.

  1. Untuk Kulit

Kalian tahu tidak bahwa belimbing wuluh yang dicampur dengan sambal dapat membuat putih pada kulit kita? Karena kandungan vitamin C dan zat antioksida yang ada didalam belimbing wuluh mampu memutihkan wajah. Zat antioksida yang dikandungnya mampu menanggal serangan radikal bebas sedangkan vitamin C bisa membantu meregenerasikan sel-sel kulit pada wajah, agar wajah tampak lebih cerah.

Oleh karena itu kalian bisa menggunakan belimbing wuluh sebagai masker dengan cara siapkan 10 buah belimbing wuluh dan air yang sudah dihangatkan. Langkah-langkahnya cuci belimbing wuluh hingga bersih, lalu haluskan belimbing yang tadi sudah dibersihkan, jika sudah halus campurkan dengan air hangat secukupnya. Oleskan pada wajah kalian selama 10 menit. Gosok masker agar kulit mati pada wajah terangkat. Untuk hasil yang maksimal gunakan masker ini setiap akan tidur.

  1. Menghilangkan Jerawat
manfaat belimbing wuluh
manfaat belimbing wuluh

Kandungan yang ada didalam belimbing wuluh sangat bermanfaat untuk menghilangkan noda jerawat yang membandel pada wajah. Tetapi kandungan asam yang dimiliki belimbing wuluh akan memberikan effek yang sedikit sakit pada jerawat yang masih aktif.

Kandungan antioksida yang dimiliki buah ini, dapat mengerutkan atau menyamarkan pada noda jerawat yang membandel dikulit wajah, hingga bisa menghilangkan noda jerawat tersebut.

Dengan cara kalian ambil 3 buah belimbing wuluh yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih. Setelah dicuci belimbih diparut dan dibri sedikit garam. Kemudian pakai ramuan ini pada jerawat. Kalau mau hasil maksimal Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali sehari

  1. Sakit Gondongan

Untuk mengobati penyakit gondongan kalian cukup siapkan segenggam daun buah belimbing wuluh dan 3 siung bawang putih. Tumbuk daun buah belimbing wuluh dengan wang putih secara bersamaan setelah ditumbuk sampai halus oleskan ramuan itu ke bagian yang terkena gondongan.

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada kalian. Terima kasuh untuk kalian yang sudah membaca artikel ini sampai habis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan menambah wawasan untuk kalian. Selamat