kota bandung
kota bandung

Makanan Khas Kota Bandung yang Paling Hits dan Terpopuler

Posted on

Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar kedua setelah jakarta. Dan berbagai macam tempat wisata yang ada dan ada banyak juga berbagai macam tempat yang menarik yang ada di Kota Bandung. Sehingga tak heran jika banyak orang kalau banyak turis lokal ataupun turis macanegara untuk menghabiskan waktu bersama orang orang terdekat ataupun teman.

Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang menarik banyak orang, Kota Bandung tidak hanya terkenal dengan tempat wisata yang unik, kota bandung di juluki kota kembang. Kota bandung ini menyimpan keanekaragaman kuliner yang enak dan harus kalian coba. Sehingga sayang sekali jika kalian lewatkan jika kalian berkunjung ke Kota Bandung.

Mari kita cek satu persatu, apa saja makanan khas Kota Bandung yang paling hits dan terpopuler. Berikut ini beberapa makanan khas Kota Bandung:

1. Surabi atau Serabi

serabi
serabi

Surabi atau serabi merupakan makanan khsa Kota Bandung yang terbuat dari tepung yang mirip sekalli dengan pancake. Hanya saja bedanya surabi ini di bakar di atas tungku dengan adonan yang tebal. Peralatan yang digunakan untuk membakar adalah dengan menggunakan alat sederhana, yaitu dengan tungku, tungku itu terbuat dari cetakan tanah liat. Tungku ini yang membuat serabi atau surabi menjadi enak dan terasa keasliannya.

Untuk lebih nikmatnya lagi biasanya ditambahkan toping seperti toping campuran, tpoing keju, toping coklat, toping nangka, toping selai duren atau buahnya, toping sosis, toping pisang dll.

2. Pisang Coklat (PisCok)

piscok
piscok

Makanan khas Kota Bandungyang satu ini sedikit unik tidak seperti pisang lainnya, biasanya yang kalian ketahui adlah pisang keju , pisang goreng , pisang rebus dll. Beda dengan in, yaitu pisang ditaburi coklat lalu ditutupi dengan kulit lumpia lalu di goreng

Ini sangat enak dimakan saat panas, coklatnya akan sangat memanjakan lidah kalian karna coklatnya sangat lembut. Dan juga piscok ini memiliki rasa yang sangat gurih.

3. Cimol (Acil Digemul)

cimol
cimol

Singkatannya dari makanan ini adalah acil digemul (tepung kanji) yang bahan dasarnya tepung kanji, di buat bulat bulat kecil ketika digoreng akan mengembang sendiri. Sama seperti bakso goreng, yang dibumbui seperti basreng. Namun rasa yang satu ini rasanya kenyal, gurih dan sangat enak. Apalagi dimakannya saat masih hangat dan bersamaan dengan kopi atau teh.

4. Siomay Bandung

 

Siomay
Siomay

Makanan  khas Kota Bandung yang satu ini sering sekali di jumpai dimana mana seperti disekolah, dipingir jalan,diperumahan, namun yang paling enak adalah di Bandung. Siomay Bandung ini tebuat dari daging ikan, dicapurkan dengan sagu dan dibumbui bumbu kacang.

5. Bandros

bandros
bandros

Makanan ini berbahan dasar dari tepung terigu yang di campur dengan santan kelapa. Kemudian, dimasak di percetakan cekung, setelah itu saat diatas percetakan ditaburi dengan gula pasir. Makanan ini biasanya harganya 5000 9 bandros.

6. Nasi Tutug Oncom

 

nasi tutug oncom
nasi tutug oncom

Makanan yang satu ini sangat di idolakan, karna nasinya diolah dengan cara dibakar dan di bumbui dengan bumbu oncom ditambahkan dengan tepug tapioka atau tepung kerupuk. Dan lebih enak lagi ditambahkan sambal , kerupuk dan sedikit sayuran.

7. Peuyeum

peuyeum
peuyeum

Peuyeum ini adalah salah satu oleh oleh khas Kota Bandung yang sering dijadikan bawaan oleh oleh dari Bandung. Peuyuem adalah makanan khas Kota Bandung yang sangat mirip dengan tape, tapi bedanya ini lebih kering. Cara pembuatannya saja sangat berbeda. Dalam menghidangkannya bida dicoba dengan toping keju atau coklat dan bisa dengan toping lainnya.

8. Mie Kocok

mie kocok
mie kocok

Mie kocok bentuknya lebih sedikit datar, di hidangkan dengan diberikan sayuran seperti touge dan diberi sedikit kikil yang sudah direbus hingga empuk. Kenapa diberikan nama mie kocok? Karena mengelolah mie ini dengan cara diaduk atau dikocok, sebelum disajikan kepada pembelinya.

9. Gepuk

gepuk
gepuk

Makanan ini khas Jawa Barat yang bahan dasarnya dari daging sapi, rasanya ada sedikit manisnya dan ada rasa gurihnya juga. Cara pembuatannya daging sapi dipotong searah dengan serat daging sapi, direbus ½ matang, lalu dipukul pukul hingga halus.

Daging yang sudah halus, lalu diredam dengan bumbu yang sudah dicampurkan dengan santan, setelah itu direbus kembali hingga air santannya habis sampai 1 gelas. Sebelum disajikan digoreng dulu dengan sedikit minyak hingga warnannya kecoklatan lalu angkatlah

10. Cireng

cireng
cireng

Makanan ini sudah tidak asing terdengan di telinga kalian yaitu cireng. Makanan yang satu sangat populer didaerah daerah dengan berbagai varasi dan bentuk yang berbeda beda.

Makanan yang terkenal ditahun 90-an disajikan dengan bumbu berbagai rasa seperi balado, sapi panggang dll. Cireng ini terbuat dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica, kedelai, garam, daun bawang serta minya goreng.

11. Colenak

colenak
colenak

Nama ini sangat lucu yang diberikan penjual makanan ini pada tahun 1940-an. Kepanjangan dari colenak adalah “cocol enak”. Colenak adalah peuyeum yang dibakar diatas arang, lalu ditambahkan dengan air gula merah yang begitu kental lalu diberi parutan kelapa.

Makanan ini hampir sama seperti pecel yang ada di Jawa Timur, yaitu berupa sayuran yang ditambahkan dengan bumbu kacang. Hanya saja bedanya bahan sampingnya kacang seringkali ditambahkan dengan tempe dan dibumbunya ada juga terasi, bawang putih dan gula merah

Mungkin itu tadi berita yang kami beritahukan. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian. Saya ucapkan terima kasih bagi kalian yang sudah membaca informasi dari kami.