Mari Berkuliner Makanan Khas Bandung

Posted on

Hallo sobat jempoltangan.com, apa kabar kalian semua?saya harap kalian semua kabarnya baik-baik saja yah, saya disini akan berbagi info sekitar kuliner yang ada di negeri kita Indonesia ini, saya sudah memilih kota yang akan saya perkenalkan aneka makanan dan jajanan khas nya, yah saya memilih kota Kembang.

Sebelumnya ada yang tau kota apa yang di juluki dengan Kota Kembang? Yah betul sekali bagi anda yang menjawab kota Bandung, kota kembang atau Bandung ini tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang unik saja, melainkan hampir banyak icon dari kota Bandung yang khas karna budaya dan kebiasaannya.

Untuk anda yang rencana pergi ke kota Bandung bahkan anda sekarang sudah di kota Bandung entah dalam urusan pekerjaan ataukah dalam urusan traveling ataukah malah ada kepentingan yang lain, jangan lupa untuk mencicipi kuliner asal dari kota Bandung , dijamin rasanya dapat mengalihkan dunia anda, dan bahkan rasanya pun beda dengan masakan-masakan yang lainnya.

Salah satu icon dari kota Bandung ialah dari makanan khasnya, begitu banyak makanan yang berasal atau khas dari Bandung , dan berikut saya akan memberi tahu anda semua tentang apa saja makanan yang ada di kota kembang atau kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia tersebut:

Basreng atau Bakso Goreng

Basreng atau yang nama lainnya dari bakso goreng ialah salah satu dari makanan yang khas dari Bandung, mungkin saja hanya beberapa orang saja yang mengetahui makanan basreng ini, basreng adalah olahan dari bakso yang di goring dan pastinya tidak seperti bakso yang biasanya alias yang berkuah.

Adapun harga dari basreng ini biasanya Rp; 1000 – Rp; 3000 tergantung dari jumlah pembeliaannya, dan jika anda semua berniat untuk membeli salah satu makanan yang khas dari kota kembang ini jangan lupa untuk menambahkan bumbu yang biasanya sudah di sediakan oleh sang penjual, dan di bumbunya ada beragam jenis rasa bumbu termasuk rasa keju, pedas, jagung bakar, sapi panggang dan masih banyak lagi.

Tahu jablay

Nama makanan yang cukup unik untuk di dengar, dari segi namanya saja sudah cukup membuat kita semua penasaran, tahu jablai ialah tahu yang telah di potong hingga menyerupai seperti dadu kemudian tahu di goring dengan balutan tepung krispi, dan akan nikmat bila di santap disaat panas.

Dan asal usul dari nama tahu ini juga banyak yang tidak tahu maksut dari nama makanan ini, ada yang bilang yang memberi nama makanan ini ialah sekumpulan anak yang sedang asik menikmati hidangan tahu ini sembari guyon yang berlebihan katanya, tahu ini hanya ada di beberapa tempat, dan sekarang jarang yang masih menjualnya, dan adapun harga dari makanan ini berkisaran Rp; 3000/ porsi.

Piscok atau Pisang Coklat

Pisang ini beda dengan pisang yang lainnya, karena biasanya makanan yang unik dan yang banyak diketahui adalah yang namanya pisang goring, pisang keju, dll. Tapi makanan ini beda dengan makanan yang lain, yang membedakan pisang coklat dengan makanan dari pisang yang lainnya ialah cara pembuatannya.

Cara membuatnya cukup mudah, dengan pisang yang di lumeri dengan coklat dan di tutup dengan kulit lumpia kemudian digoreng. Memang rasanya nikmat untuk di makan selagi panas dengan lumernya coklat yang lembut yang mampu memanjakan lidah, harga dari masakan yang satu ini ialah berkisar Rp;3000/porsi.

Colenak

 

Colenak ialah singkatan dari kata dicocol enak, makanan ini berbahan dasar dari peyeum atau tape dengan cara dibakar dan diberi saus yang terbuat dari parutan kelapa dan didampingi dengan gula merah nan lembut, makanan yang satu ini sudah hampir lama menemani hidup warga kota bandung dan masih juga bertahan sampai saat ini.

Seblak basah

Berbahan dasar dari Aci kerupuk yang sudah di rebus dan juga diolah hingga menjadi seperti kripik, lalu diolah lagi dengan cara di tumis didalam wajan kemudian dicampur dengan bumbu halus dan ditambah sedikit air, rasanya yang gurih pedas, adapun harga dari seblak ialah berkisar Rp;5000.

Cimol

cimol ialah singkatan dari aci digemol yang terbuat dari bahan tepung kanji yang di bentuk dengan bulat kecil-kecil yang nantinya akan mengembang ketika di goring. Hampir mirip dengan basreng makanan ini juga di bumbui dengan bumpu tabur yang beragam rasa.harga kisaran dari makanan ini adalah Rp;3000, harganya cukup terjangkau kan.

Gehu hot jeletot

Maksud dari nama gehu ialah toge dan tahu, dan yang di maksut sebagai jeletot ialah pedas yang bisa membuat mata menjadi melotot, atau rasa pedas yang berlebihan. Makanan yang di buat dari tahu yang sudah dilumuri dengan tepung yang krispi dan juga di isi dengan gehu dan bahan lainnya, masakan ini dibandrol dengan harga Rp;1000 – 2000/ gehu, dan juga tergantung padanukuran gehu itu sendiri.

Siomay

Makanan ini sudah banyak yang mengenalnya, dan hampir di seluruh rakyat yang ada di Indonesia sudah mengenalnya, bahkan sampai sudah mencicipi nya, dan ada juga perusahan besar yang menjadikan siomay menjadi menu andalan mereka, sampai-sampai dikirim ke luar negeri dalam bentuk kemasan, adapun isi dari makanan siomay iini adalah adanya sayuran, tahu, pare, kentang,kol, dll harga dari siomay sendiri cukuplah terjangkau yakni Rp; 10.000 – 15.000.

Cilok

Cilok merupakan singkatan dari Aci di Colok, makanan cilok sesuai dengan namanya yang artinya berbahan dasar dari aci, cara pembuatannya cukuplah mudah, dengan cara aci yang di adoni dengan bahan lainnya dan di cetak dengan bentuk bulat-bulat, dan biasanya juga di isi dengan bahan tambahan, dan biasanya cilok berisi telur rebus, makanan cilok ini di hargai Rp;3000/butir, dan tergantung dengan ukuran cilok itu sendiri.

Bandros

Makanan bandros adalah makanan yang berasal dari kota Bandung, makanan yang terbuat dari bahan tepung terigu yang sudah diadoni dengan santan kelapa, kemudian di masak di atas cetakan yang berbentuk cekung dengan di taburkannya kelapa yang di parut, paling enak di santap dengan keadaan masih panas. Makanan ini di hargai dengan harga Rp;1000/bandros.

Combro

Combro adalh singkatan dari bahasa sundanya oncom yang di dalam, atau didalam bahasa sundanya adalah “Oncom di Jero” makanan ini terbuat dari bahan dasar ubi, dengan di kombinasikan oleh tepung acid an juga diisi dengan sambal yang kering tumis oncom.makanan ini biasa di hargai oleh penjualnya sebesar Rp;5000/porsi.

Cireng

Nama cireng adalah singkatan dari “Aci di Goreng”. Makanan ini sangat terkenal di kota Bandung dan juga banyak mengalami perubahan. Makanan cireng yang bahan dasar dari tepung aci yang juga dibuat menjadi adonan terlebih dahulu, dan dulunya cireng ini hanya berisi sambal oncom, namun sekarang zaman telah berbeda.

Cireng yang masa sekarang sudah banyak farina rasanya, yaitu beberapa dari rasa cireng ialah, rasa keju, rasa ayam pedas, rasa kornet, rasa sosis, dan masih banyak lagi. Dan cireng dulunya hanya berbentuk lonjong, namun beda dengan zaman sekarang yang sudah di cetak dengan berbagai bentuk cireng. Jadi sekarang cireng tidak hanya berbentuk lonjong, melainkan ada juga yang bentuk bintang, segi tiga, segi empat, bulat,bahkan bentuk love.

Dengan adanya bermacam bentuk cireng dan beragam macam rasa yang terdapat cireng, bisa membuat kita lebih selera untuk memakannya.dan harga dari cireng ini tidaklah mahal, bahkan sangatlah terjangkau yakni Rp;2000/cireng atau tergantung dari isi dan ukuran dari cireng itu sendiri, karna dengan bedanya bentuk dan rasa isi juga akan membuat harga yang berfariasi.

Setidaknya sampai disini dulu ya teman-teman info tentang kuliner yang ada di negeri kita tepat nya di kota Bandung, dan mohon maaf yang sebesarnya bila ada kata yang tidak mengenakkan hati anda semua dan jika ada kalimat yang salah, cukup sekian dan terima kasih.