perangkat lunak komputer
perangkat lunak komputer

Macam-macam Perangkat Lunak Beserta Contohnya

Posted on
Perangkat Lunak
Perangkat Lunak

Hay gusy! Kali ini saya akan membawakan artikel tentang macam-macam perangkat lunak beserta contohnya atau yang biasa disebut dengan software.  Perangkat lunak merupakan barang yang bisa dilhat akan tetapi tidak bisa disentuh dalam bentuk fisik. Kenapa begitu? Karena perangkat lunak ialah suatu program yang berjalan di platform komputer anda dan disimpan dengan secara digital. Untuk anda yang kesehariannya berhadapan dengan laptop atau pc terus anda tentunya sudah tak asing lagu dong dengan namanya perangkat lunak ini. Perangkat lunak merupakan perangkat yang sejak anda mulai membuka atau menghidupkan laptop atau pc hingga anda bermain atau beraktivitas pun software tersebut sudah berjalan dan melakukan tugasnya masing-masing sesuai dengan instruksi yang anda lakukan melalui keyboard atau mouse.

software komputer
software komputer

Pastinya ada pertanyaan diantara kalian yang baru saja belajar komputer atau perangkat lunak “kenapa harus ada perangkat lunak atau software pada komputer?” ini merupakan pertanyaan yang sangat bagus. Anggap saja anda telah mengenal dengan istilah hardwer atau biasa disebut dengan perangkat keras seperti mouse, keyboard, printer, dsb. Disini software atau perangkat lunak berperan sebagai layaknya nyawa dari hardware itu, yang mana perangkat keras tidak akan berfungsi atau berguna jika tidak adaprogram atau perangkat lunak. Lah, maka dari itu perangkat lunak sangat penting sekali.

Jika berbicara tentang perangkat lunak dan fungsinya saya rasa kalau dibahas semua tidak aka nada selesainya karena itu sangatlah banyak sekali jumlahnya tidak hanya ratusan atau bahkan ribuan, melainkan bisa sampai jutaan guys. Akan tetapi saya disini akan membahas yang sekiranya penting atau yanh sering digunakan oleh para user komputer itu sendiri, seperti untuk membuat tugas sekolah, browsing, pemutar musik, dsb.

Oke setelah membaca pembahasan diatas tadi langsung saja mulai ke pembahsan intinya yaitu software dan juga contohnya.

Contoh perangkat lunak beserta fungsinya

1.Software System (perangkat Lunak Sistem Komputer)

Software Sistem
Software Sistem

Pada urutan pertama yaitu inti dari software komputer atau perangkat utamanya yang emang harus ada di setiap komputer. Sistem operasi ini peranannya sangat penting sekali karena menjadi penanggung jawab untuk komputer itu sendiri, dalam kata lain adalah induk dari software yang nanti akan menjadi penghubung antara perangkat lunak yang lainnya dengan perangkat keras pada komputer, laptop, atau pc.

Dalam perangkat utama ini ada beberapa macam perangkat lunak sistem operasi komputer ini yaitu, Windows, Mac, dan Linux. Dari beberapa operasi sitem tadi di Indonesia sendiri banyak pengguna yang menggunakan Windows. Mungkin karena lebih mudah digunakan dan dari sisi platform (laptop atau pc) harganya mungkin cenderung lebih terjangkau  dari pada Mac yang mungkin bisa dibilang haraganya cukup fantastis mahal, untuk Linux sendiri pengunanya lebih sedikit dari pada Windows, karena jika dibandingkan dengan windows anda bisa mengilustrasikan dari skala nilai 100 mungkin saja kita hanya bisa mengasumsikan 30 untuk Linux dan nilai 70 dipegang oleh Windows nya, kenapa begitu? Karena dari sisi pengguna Windows cenderung lebih mudah dan untuk Linuxnya bisa dilbilang juga cukup sulit. Namun dari sisi baiknya Linux ini merupakan dimana sistem operasi tersebut Open source atau Gratis sehinga untuk bisa menginstalnya  aja anda tak perlu melakukan pembelian, anda cukup mendownload dan menginstal melalui website resminya.

2.Software Browser (Perangkat Lunak Internet)

Software Browser
Software Browser

Urutan yang kedua yaitu software browser, bagi anda jika mengunakan laptop atau pc agak-agaknya tidak akan lengkap jika tidak terjun di internet. Bisa dibilang pada setiap computer pasti akan memasang software Web Browser, karena disinilah saraa yang terbaik untuk mencari informasi melalui media internet karena sifatnya yang sangat luas, seperti google, yahoo, bing, dll.  Tidak hanya itu anda juga bisa loh melakukan chatting bersama teman anda di media social semacam facebook, twitter, instagram, dan medsos lainnya.

Akan tetapi yang dimaksud perangkat lunak bukan dari google atau yahoo loh ya, melainkan software yang seperti Chrome, Mozila, internet Explore, Opera Mini, dsb. Akan tetapi dilihat dari sisi penggunanya sendiri akan sangat lebih banyak yaitu menggunakan chrome, kenapa? Karena software ini sangat mudah untuk digunakan dan tidak itu juga dari segi penampilannya bisa dibilang cukup rapid an buat anda pengguna komputer ini sangat direkomendasikan untuk menggunakan Chrome, tapi jika anda tertarik dengan yang lainnya anda bisa mencobanya.

3.Microsoft Office (Software Kantor Maupun Anak Sekolah)

Microsoft Office
Microsoft Office

Perangkat lunak yang satu ini mungkin lebih lekat dengan perkantoran, di ambil dari namanya saja yaitu “Office” yang artinya kantor. Akan tetapi sekarang tidak hanya digunakan di kantoran saja, anak sekolah sekarang juga banyak sekali yang mengunakan untuk mengerjakan tugas atau membuat tugas seperti presentasi dan lainya. Disini Microsoft tidak hanya Microsoft office saja, diantara: Microsoft Word yang kegunaannya untuk membuat dokumen dalam bentuk tulisan, Microsoft Exel yang berguna sebagai pengolah angka, dan terakhir yaitu Microsoft  Power Pint yang kegunaannya  untuk melakukan presentasi.

4.Software Pengolah Gambar (Paint Software)

Software Pengolah Gambar
Software Pengolah Gambar

Pada nomor 4 ini juga bisa dikatakan cukup penting karena berperan sebagai pengolah gambar, seperti jika anda melakukan pengeditan gambar, misalnya menambahkan background, tulisan, mengganti warna, dsb. Macam-macam perangkat yang digunakan dalam mengedit gambar yaitu

  • Adobe Photoshop
  • CorelDraw
  • Paint

5.perangkat Media Audio Musik atau Video

Perangkat Media Audio Video
Perangkat Media Audio Video

Perangkat lunak yang satu ini paling sering digunakan dikeseharian, entah itu sedang bekerja menggunakan computer atau pun bersantai. Terdapat beberapa perangkat lunak Media pemutar music ataupun video ini yang terbilang sangat popular. Akan tetapi kalau anda pengguna windows anda bakal lebih mengenal  dengan windows media player dan juga diantaranya VLC dan GOM player, perangkat tersebut telah banyak computer yang menggunakan aplikasi tersebut.

6.Software Anti Virus

Software Anti Virus
Software Anti Virus

Nah, perangkat yang satu ini sangat berguna banget buat kalian. Seperti yang kita tau terkadang computer kita banyak sekali serangan-serangan virus yang ada di computer kita sebabnya seperti ketika kita mengunduh aplikasi yang illegal yang mana kita tidak mengetahui tentang keamanannya. Software ini berperan sebagai pembersih dari virus. Yang paling popular yaitu Smadav, Avast, dan AVG.

7.Software Text Editor

Software Anti Virus
Software Anti Virus

Perangkat lunak urutan yang ke tujuh yaitu Software untuk anda yang mempunyai cita-cita ingin menjadi programmer atau developer tentu sangat berguna, yang mana anda nantinya tidak hanya menggunakan software akan tetapi kalau anda mau belajar pemrograman anda bisa membuat software ataupun aplikasi web lainnya.

8.DriverPack

DriverPack
DriverPack

Software ini sangat berguna  sekali terutama untuk anda yang baru menginstal Windows. Dengan anda menggunakan DriverPack ini anda tidak usah menginstal driver satu-persatu seperti Sound Card, Lan Card, printer, dll. DriverPack ini sudah dirancang untuk keperluan yang ada pada Windows anda, jadi bisa lebih mudah dan juga cepat.

9.Perangkat Lunak Maintance

Perangkat Lunak Maintance
Perangkat Lunak Maintance

Software yang kesembilan ini berfungsi bagi anda yang khususnya yang ingin merawat computer kalian dengan cukup baik. Terutama dalam merawat sisi Internal. Fungsi perangkat ini yaitu sebasgai pembersih file sampah ataupun untuk melihat aplikasi yang eror. Terdapat cukup banyak aplikasi Maintance atau Pemelihara yang gunanya untuk merawat komputer yaitu Ccleaner, tuneUp, dsb.

10.Software Emulator

Software Emulator
Software Emulator

Software emulator ini bisa dibilang software yang tidak terlalu penting atau bahkan sama sekali tidak penting. Akan tetapi saya sendiri Cuma menginformasikannya saja, bahwasannya sekarang memasukipada era jaman yang semakin modern tentunya anda pun juga banyak yang suka dengan bermain game. Apalagi sekarang ini banyaknya game online android. Nah, dengan Emulator ini amda bisa bermain game yang ada di android menggunakan komputer. Ada beberapa macam Emulator yang bisa anda gunakan yaitu: Nox, Memu, BluesTacks, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baiklah, itu tadi beberapa daftar software yang dapat saya bahas dalam artikel ini. Semoga bisa bermanfaat buat anda semuanya. Terima kasih.