Bunga Anggrek
Bunga Anggrek

Macam-Macam Jenis dan Cara Merawatnya Bunga Anggrek

Posted on

Hai sobat jempoltangan.com, di artikel ini saya akan menjelaskan tentang tanaman bunga anggrek dan bermacam-macam jenisnya. Siapa yang tidak mengetahui tanaman anggrek ini? Tidak dikatakan pecinta tanaman hias jika kalian tidak mengetahui tanaman ini.

Bunga anggrek adalah salah satu jenis dari tanaman hias, bunga yang satu ini mempunyai bentuk yang unik dan mempiunyai pesona yang sangat indah. Banyak masyarakat yang menginginkan bunga anggrek untuk dijadikan tanaman hias di halaman rumahnya.

Untuk merawat tanaman yang satu ini juga tidak mudah, karena lingkungan adalah faktor yang pertama dalam hal merawat tanaman bunga anggrek.agar kalian bisa menanam tanaman ini tentu kalian memperlukan sebuah pengetahuan tentang tanaman bunga anggrek ini. Berikut ini saya akan membahas tentang tenaman ini dengan lebih detail

Pengertian Bunga Anggrek

Bunga anggrek ini merupakan jenis tanaman hias dan binga ini adalah salah satu tanaman bunga yang mempunyai banyak sekali jenisnya. Habitat tanaman ini tersebar di wilayah tropika basah. Memang tanaman ini hidupnya dengan cara menempel pada pohon lain, tetapi tanaman yang satu ini bukanlah tanaman parasit.

Meski hidupnya tanaman anggrek ini menempel pada pohon lain, tetapi jenis bunga yang satu ini bisa hidup sendiri dan tidak tergantung pada tanaman lain. Tanaman bunga anggrek ini dapat hidup melalui udara yang lembab dan embun.

Organ yang dimiliki oleh tanaman ini sangatlah tebal dan sekulen. Dengan organ yang dimilikinya tanman ini bisa tahan terhadap tekanan dari kesediaan air. Tetapi tanaman ini tetap memerlukan air, tanaman ini memperoleh kebutuhan air didapatkan dari hujan, tetesan embun, dan uap air yang ada di udara.

Tetapi tanaman bunga anggrek ini tetap saja mengganggu keseimbangan tanman inang. Walaupun tanaman anggrek tidak akan mengambil sari makanan dari tanaman inang, dikarenakan akar dari tanaman anggrek sering merusk kulit pada tanaman inang.

Ciri-ciri Yang Dimiliki Bunga Anggrek

Pastinya semua jenis tumbuhan yanga ada di dunia mempunyai ciri-ciri tersendiri,begitu juga dngan tanaman bunga anggrek. Dengan kalian mengetahui bagaimana ciri-ciri tanaman ini kalian bisa dengan mudah membedakan jenis bunga anggrek dengan bunga yang lainnya.

  1. Bunga Anggrek Memiliki Warna Yang Cerah dan Bentuknya Yang Mirip Dengan Serangga

Anggrek memiliki bentuk yang bermacam-macam dan bentuk yang unik. Bentuk tanaman ini bisa menarik perhatian serangga penyerbuk. Karena bunga yang satu ini memiliki bentuk yang unik karena bentuknya hampir mirip dengan bentuk serangga penyerbuk, dan fungsi dari bentuk yang dimiliki ini agar menarik serangga penyerbuk hinggap dan membatu proses penyerbukannya.

Contohnya tanman anggrek yang mirip bentuknya dengan bentuk serangga adalah jenis anggrek ngengat. Ciri yang dimiliki jenis bunga yang satu ini adalah memiliki kelopak bunga yang lebar, serta bagian atas bunganya yang sangat mirip dengan serangga ngegat.

  1. Memiliki Akar Yang Serbaguna

Bentuk akar tanaman anggrek sendir telah beganti-ganti agar bisa melakukan berbagai fungsi untuk kebutuhan hidup tanaman ini yang menempel pada pohon lain.

Selain mempunyai fungsi untuk menyalurkan air ke semua bagian pada tanaman anggrek, akar tanaman ini junga mempunyai fungsi untuk jangkar, dengan fungsi seperti ini tanaman ini bisa menempel atau menumpang pada pohon atau media tanaman lain denga sangat kuat.

Ciri lain yang dimiliki tanman ini adalah mempunyai lapisan velamen yang berongga. Fungsi dari lapisan tersebut agar memudahkan akar tanaman anggrek untuk menyerap airhujan yang jatuh pada lukit pohon atau tanman yang lainnya. Hal ini menyatakan bahwa tanaman anggrek bisa menyimpan air seperti tanman yang lainnya.

Akar pada tanaman anggrek menggandung klorofil di dalamnya, kandungan klorofil yang dipunya tanaman ini terdapat pada lapisan valemen. Dengan kandungan yang dimiliki tanaman ini menyatakan bahwa tanaman ini melakukan fotosintesis seperti yang dilakukan tanaman lain pada daunnya.

Akar pada tanaman ini memiliki beberapa ramput yang pendek bahkan sebagian jenis anggrek ada yang tidak mempunyai rambut pendek. Tetapi untuk jenis tanaman bunga anggrek tanak mempunyai rambut akar yang sangat panjang dan sangat banyak, dengan mempunyai akar yang seperti ini tanaman anggrek ini dapat menyerap air dan zat organic yang ada di dalam tanah dengan sangat maksimal.

Cara Merawat Bunga Anggrek

Untuk merapat tanaman anggre ini tidak lah mudah. Untuk merawat tanaman ini butuh sebuah perawatan dan kondisi iklim yang baik untuk tanman ini, sehingga tanman anggrek ini dapat tumbuh dengan baik. Bunga anggrek juga dapat di tanam di ruangan tertutup yanitu dengan cara menggunakan pot sebagai medianya. Jadi kalian bisa meletakkan pot di bagian sudut ruangan kalian agar menambah keindahan ruangan.

Biasanya masyarakat selain menanam sendiri tanaman ini masyarakat membeli tanaman anggrek ini ditoko penjual tanaman hias. Agar tanaman anggrek yang kalian  beli di toko tanaman hias tetap segar dan bisa tumbuh dengan baik. kalian bisa merawatnya, berikut adalah cara untuk merawat tanaman anggrek:

  • Agar tanaman anggrek bisa tumbuh dengan maksimal kalian letakkan tanaman anggrek pada tempat yang bisa terkena sinar dari matahari secara langsung, tetapi jangan letakkan tanaman anggrek terlalu lama di sinar matahari dan jangan terlalu panas.
  • Memberikan cahaya lampu pada tanaman anggrek, hal seperti ini bisa dilakukan ketika kalian meletakan tanaman Bungan anggrek di dalam ruangan, dengan adanya lampu diruangan tersebut bisa menjaga bunga anggrek dari kekurangan sinar matahari atau cahaya.
  • Memberikan pupuk. Tanman yang dibudidayakan pastinya memerluan pupuk, begitu juga dengan tanaman anggrek. Tanman ini memerlukan pupuk untuk kebutuhan nutrisinya. Jadi kalian harus memberikan pupuk pada tanaman anggrek dengan jenis pupuk untuk tanman tropis.
  • Menjaga kelembapan tanaman bunga anggrek. Bunga anggrek adalah salah satu jenis tanaman tropis tentu untuk menjaga kelembapan pada tanaman ini sangat penting dilakukan.

Cara-cara yang sudah diberikan adalah cara yang paling sederhana untuk merawat tanamna ini agar bisa tetap tumbuh dengan subur dan berkembang dengan baik.

Jenis-jenis Bunga Anggrek

Bunga anggrek mempunyai berbagai macam jenisnya. Setiap taman bunga anggre memiliki ciri tersendiri. Di Indonesia juga sangat banyak memiliki jenis bunga ini bahkan sebagian lainnya ada yang tanman dilindungi karena sudah mulai langka.

  1. Anggrek Bulan Kalimantan Selatan
Anggrek Bulan Kalimantan Selatan
Anggrek Bulan Kalimantan Selatan

Ciri-ciri yang dimiliki tanaman anggrek bulan Kalimantan ini adalah bunganya yang berwarna putih dan memiliki corak berwarna merah dan kuning.

Dengan bentuk dan warna yang lucu juga menawan ini membuat orang yang melihat tanaman anggrek ini akan terpesona dengan keindahannya. Bunga ini adalah salah satu jenis bunga anggrek yang dilindungi.

  1. Anggrek Tebu
Anggrek Tebu
Anggrek Tebu

Bunga anggrek yang satu ini adalah jenis bunga yang paling besar. Dikarenakan bunga ini memiliki berat bisa mencapai 1 ton dan memiliki tinggi 3 meter. Bunga ini mempunyai warna yang sangat indah yaitu warna kuning dan memiliki bintik yang berwarna coklat merah atau ke hitam-hitaman.

Tetapi bunga ini memiliki keunikan tersendiri karena bunga ini tidak mudah layu meskipun tanaman ini sudah dipotong batangnya, bahkan tanaman ini bisa bertahan hidup sampai 2 bulan.

  1. Anggrek Kantung Kolopaking
Anggrek Kantung Kolopaking
Anggrek Kantung Kolopaking

Tanaman yang satu ini merupakan salah satu tanaman yang sangat langka. Bunga ini adalah salah satu tanaman yang berasal dari tanaman Kalimantan tengah, tanaman ini tumbuh di bebatuan yang berlumut. Anggrek ini hanya dapat ditemukan di Kalimantan tengah.

Tanaman yang satu ini memiliki ciri daun yang berwarna hijau tua, dan berbentuk seperti pita, ujung pada tanaman ini berbentuk buklat dan panjang tanaman ini sekitar 20-80 cm.

  1. Anggrek Hitam
Anggrek Hitam
Anggrek Hitam

Tanaman anggrek hitam ini adalah salah satu tanaman yang digunakan oleh provinsi Kalimantan timur sebagai lambang. Tanaman ini tumbuh di tempat teduh seperti pohon yang sudah tua, di daerah yang dekat dengan rawa,pantai, atau di daerah dekat dengan sungai di hutan basah.

Ciri khas yang dimiliki tanaman anggrek hitam terleta pada bunganya yaitu bunganya yang berbentuk lidah dan berwarna hitam dengan sedikit garis yang berwarna hijau dan berbulu. Dalam setiap tandan memiliki sekitar 12 sampai 14 kuntum atau juga bisa lebih.

  1. Anggrek Larat
anggrek-larat
anggrek-larat

Anggrek yang satu ini memiliki warna yang sangat indah yaitu berwarna ungu tua.

  1. Anggrek Bulan
anggrek bulan
anggrek bulan

Ciri-ciri yang dimiliki tanaman anggrek dengan jenis ini adalah kelopak bunga ini yang berwarna putih dan ukutan kelopak bunganya sagat lebar. Anggrek ini hidup ditempat yang memperoleh sediki cahaya dari matahari. Bentuk daun dari tanaman anggrek ini memanjang dan berwarna hijau. Sedangkan akar anggrek ini berwarna putih dan berbentuk bulat panjang.

Masih banyak lagi jenis tanaman bunga anggrek yang ada Indonesia. Demikian adalah artikel tentang Macam-Macam Jenis dan Cara Merawatnya Bunga Anggrek. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian tentang tanaman hias.