Khasiat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

 

Kunyit Putih
Kunyit Putih

Berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Kunyit putih tidak seperti kuning kunyit  yang biasanya kita jumpai, karena jarang tanaman seperti ini dijadikan untuk memasak. Karena kunit putih merupakan sejenis umbi yang berubah tahunan, dengan pimpang bulat dan berwarna putih mirip seperti kencur.

Tanaman ini adalah asli dari india dan indonesia, namunjuga telah dibudidayakan di Eropa, Amerika Serikat, dan wilayah Asia lainnya. Tanaman ini sering kali dijumpai di beberapa negara seperti Bangladesh, Sri Langka, India, , Nepal dan Thailand.Tanaman ini juga mengandung minyak esensial, pati dan curcumin. Minyak Esensial dari kunyit putih dipercaya dapat mengurangi radikal bebas tertentu. Selain itu pada penelitian yang banyak dilakukan, nyit putih mengandun sejumlah zat yang mampu mengendalikan gejala kanker karena mampu menahan peradangan dan pambekakan jaringan tubuh. Kunyit putih ini juga dapat mengatasi keputihan untuk menghindarkan terjadinya kanker serviks.Kunyit putih bisa digunakan sebagai obat berbagai jenis penyakit , berikut ini resep pengobatan  tih:

  • Mengobati penyakit maag

Gejala penyakit maag sebab pola makan tidak teratur dan memakan makanan yang tidak sehat yang memincu  bahan:  4 ruas  kunyit putih

1 liter air mineral

Madu sucukupnya

Caranya: Rebus kunyit putih dengan air mineral 1liter tersebut.

Saring rebusan tersebut laluy diamkan sebentar, lalu anda kasih madu secukubnya.

  • Mencegah kanker payudara

Selain bisa mengobati penyakit maag, gejala kanker payudara sangat ditakutkan olaeh kaum hawa, untuk mengurangi resiko kanker payudara ini dapat membuat ramuan dengan manfaat  kunyit putih.

Bahan- bahan: 3 ruas kunyit putih

1500 ml air mineral

Dan keladi putih

Madu secukupnya

Caranya:  Rebus kunyit putih hingga mendidih sampai setengah airnyaangkat, kemudiah diamkan sebentar, kemudian minum dengan campuran madu sebagai pemanis alami nya.

Efek samping Dari Kunyit Putih:

Meskipun kunyit putih merupakan tanaman herbal yang telah banyak dikonsumsi, namun setidaknya beberapa efek samping terhadap penggunanya:

  • Terlalu banyak mengkonsumsi kuyit putih dapat menyebabkan kerusaka pada sel darah putih dan sel merah, karna apa! Jika rejadi secar terus- nmenerus dapat merusak sel darah merah seperti anemia.
  • Hal ini harus diwaspadai karna jika mengkonsumsi secara berlebihan, gula bisa turun dengan drastis. Kondisi tubuh kekuranagn gula darah (hypoglycemia)
  • Bagi yang memiliki kulit yang sensitif karena kalau anda menggunakan secara terus- menerus akan terjadi infeksi kulit
  • Bagi ibu menyusui dan hamil perlu menghindari kunyit ptih secara langsung (di makan), karena kandungan zat dalam kunyit tersebut dapat membahayakan janin menyebabkan keguguran dan gangguan usus besar.

 

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan:

manfaat kunyit putih
  • Antimikroba Dan Antijamur

Kunyit putih menunjuk aktifitas antimikroba dan antijamur  yang ampuh, penelitian  telah membuktikan bahwa ekstrak kunyit putih dapat melawan beberapa spesies bakteri yang dapat menyebabkan penyakit seperti: gangguan pencernaan, penyebab bisul, keracunan makanan

  • Obat Alergi alami

Kunyit putih mengandung senyawa curcuminoids yang bermanfaat sebagai anti alergi dan terbukti dapat mengatasi gejala reaksi alegi pada kulit.

  • Anti Kanker

Kunyit putih diyakini menghambat penyebaran kanker atau metastasis kanker dari suatu organ ke organ tubuh lain.

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kunyit putih telah digunakan untuk mengobati masalah pencernaan. Minyak esensial kunyi putih bermafaat untuk pengobatan kejang  otot, penurunan nafsu makan, cacingan, lidah terasa pahit,jarang buang air besardan perut kembung.

  • Penawar gigitan ular

Kunyit putih ini bisa juga jadi penawar racun gigitan ular, karena ekstraknya bekerja menghambat aktivitas bisa ular.

  • Penghilang rasa sakit

Kunyit putih ini bisa juga digunakan untuk melindungi paru- paru pasien asma denagn menekan peradangan di bronkus yang dapat menyebabkan penyempitan saluran udara selama terapi jangka pendek, mengobati radang usus.

 

Khasiat Menyehatkan Dari Kunyit Putih:

Buah dari kunyit pitih

Walaupun ukurannya kecil, jangan remehkan kunyit putih . karena kunyit putih adalah salah satu tanaman berkhasiat yang sudah digunakan sebagai ramuan obat tradisional.kunyit putih adalah salah satu dari kelompok rimpang yang sudah dipergunakan orang yang dahulu.

Demikian artikel yang saya buat , Semoga bermanfaat bagi keluarga anda. Selamat mencoba di rumah.