11 Khasiat Daun Mint bagi Kesehatan Tubuh yang perlu Anda Ketahui

Posted on

Daun mint, Sobat apakah Anda sering mendengar nama tersebut? Ya, daun mint merupakan daun yang memiliki aroma segar, dan terasa tenang jika menciumnya. Jika tak heran banyak sekali yang minat dengan daun ini. Kita bisa menjumpai daun mint di wilayah Asia,Timur Tengah ataupun Eropa. Daun mint biasanya banyak digunakan sebagai bahan makanan atau minuman. Namun, kita juga sering sekali menjumpai daun mint ini dijadikan ekstrak dalam variasi pasta gigi ataupun permen karet karena dapat membunuh berbagai kuman yang terdapat di dalam mulut. Sehingga mulut terasa lebih segar,bersih dan tak berbau.

khasiat daun mint
khasiat daun mint

Kandungan daun mint juga banyak sekali diantaranya, terdapat antioksidan,kalsium,fosfor dan vitamin A,C,D,E sehingga sangat baik bagi kesehata tubuh Anda, kini daun mint dijadikan sebagai obat-obatan.

Daun mint selain digunakan sebagai obat-obatan ternyata sebagai alat kosmetik. Bahkan banyak khasiat lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, yang jarang orang menjumpainya. Bagaimana, Anda tertarik untuk membaca seputar khasiat daun mint? Mari simak artikel berikut ini!

  1. Sebagai Aromaterapi

Jika Anda membeli minyak angin di apotik pasti Anda menjumpai minyak angina yang berisi aroma daun mint, ya, karena daun mint juga memberikan aroma yang khas terhadap obat-obatan atau minyak angina, fungsinya adalah untuk menambah ketenangan dan kesegaran dalam tubuh. Dalam hal medis juga dapat digunakana biasanya untuk pasien yang membutuhkan ketenangan dan perasaan rileks tersendiri.

  1. Dapat mengatasi rasa nyeri

Jika Anda memiliki tanaman daun mint, Anda dapat meracik sendiri daun mint sebagai obat pereda rasa nyeri, karena daun mint memiliki zat antispasmodic yang bekerja sebagai mengendurkan otot yang menegang. Sehingga sangat bermanfaat dalam mengatasi nyeri.

  1. Menambah aroma makanan

Pasti Anda sering menjumpai permen rasa mint kan? Atau sebut saja permen mint, ya memang daun mint sangat cocok digunakan dalam penambah cita rasa aroma dan kesegaran. Ini salah satu bentuk daun mint digunakan sebagai bahan makanan.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Ternyata satu hal yang perlu Anda ketahui, kebanyakan daun mint dijadikan sebagai aroma dalam masakan agar lebih nyaman dan menambah selera makan. Selain itu, daun mint juga memberikan nafsu makan yang tinggi. Sehingga tak jarang jika masakan yang diberi cita rasa daun mint membuat orang semakin ketagihan dalam mencicipi makanan tersebut.

  1. Meredakan sakit kepala atau masuk angin

Daun mint mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dikenal sebagai obat anti-inflamasi yang dapat meredakan sakit kepala atau gejala masuk angin.

  1. Membantu melancarkan proses pencernaan

Daun mint diperkaya antiokasidan dan fitonutrien sehinga mampu mengaktifkan kelenjar ludah dan enzim yang terdapat di saluran pencernaan, sehingga membuat Anda proses pencernaannya menjadi lebih lancar. Daun mint ini tidak memilki kandungan berbahaya sedikitpun dan tidak terdapat efek samping sehingga sangat aman bagi ANda yang ingin mengonsumsinya.

  1. Baik untuk kesehatan mata

Ternyata daun mint sangat baik untuk merawat dan menjaga kesehatan mata Anda karena mengandung vitamin A dan beta-karoten, bahkan para lansia pu  dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, salah satunya adalah mengonsumsi daun mint atau wortel.

  1. Mampu menjaga kesehatan kulit

Daun mint mampu mengatasi sel-sel kerusakan dalam kulit dan dapat memperbaruinya kembali. Sehingga kulit pun nampak sehat alami dan terlihat segar karena daun mint memiliki kandungan vitamin E,D dan asam salisilat yang sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan kulit.

  1. Meningkatkan system kekebalan tubuh

Setiap harinya tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup agar dapat menjaga kekebalan tubuh slaah satunya dengan mengonsumsi daun mint. Daun mint ini diperkaya Vitamin C dan makronutrien yang dapat menambah imunitas tubuh. Jaid, dengan nutrisi yang cukup tubuh Anda terasa lebih sehat karena kebutuhan vitamin C Anda terpenuhi. Anda pun dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik.

  1. Dapat menurunkan berat badan

Daun mint yang dapat memperlancar proses pencernaan ternyata juga dapat menurunkan berat badan lho, karena terdapat kandungan rendah kalori, serat dan mineral yang tinggi lalu bekerja dalam penyerapan enzim pencernaan sehingga mampu menyerap nutrisi dan membakar lemak yang diubah menjadi energi secara optimal. Jika Anda ingin mempraktekkannya adalah dengan cara mencampur daun mint ke dalam makanan sehingga proses penurunan berat badan berjalan secara lancar.

  1. Dapat mengurangi resiko penyakit kanker

Baru-baru ini penelitian mengungkapkan, ternyata daun mint dapat mengurangi resiko penyakit kanker, terutama kanker usus karena mengandung anti-oksidan sehingga dapat menangkap radikal bebas yang terdapat dalam tubuh dan mampu menetralisir dengan daun mint.

Itulah 11 khasiat daun mint bagi kesehatan tubuh, agar tetap menjaga kesehatan dan semoga bermanfaat. Sekian…