mengetahui kepribadian seseorang
mengetahui kepribadian seseorang

Ketahui Karakter Seseorang dengan 6 Teknik

Posted on

Menebak karakteristik seseorang merupakan hal yang menyenangkan dan penuh dengan tantangan. Pasti kamu juga pernah tebak-tebakan dengan temanmu tentang karakteristik entah itu di sekolah, di rumah, atau di lingkungan sekitar. Terkadang hanya pertama kali bertemu sudah bisa menebak sifat orang tersebut.

Ketika lawan bicara mempertahankan kontak mata di saat berbincang berarti dia adalah sosok yang agresif dan sedikit menyeramkan. Namun ketika hanya mempertahankan kontak mata sekitar 60% berarti karakternya menyenangkan, ramah, mudah percaya, dan menarik. Namun jika kurangnya kontak mata di saat berkomunikasi berarti dia mencerminkan bahwa kurangnya kemampuan dan kontrol diri.

Faktor yang kedua adalah mengetahui dengan cara dia menulis. Tulisan yang besar lebih cenderung extrovert, sedangkan tulisan kecil lebih cenderung kea rah introvert. Introvert adalah kepribadian yang pendiam, tertutup, dan kemampuan sosialnya kurang, dan sejenisnya. Sedangkan extrovert adalah kaum dengan kemampuan sosial tinggi, mudah bergaul, dan terbuka.

Meski pertama kali berkenalan atau bertemu dengan orang baru, berjabat tangan mempunyai pengaruh karir. Jika orang yang berjabat tangan lemah, berarti dia memiliki sifat yang kurang percaya diri, pemalu, dan kurang suka menerima tantangan. Begitu juga sebaliknya, berarti dia adalah orang yang percaya diri dan ekspresif.

Warna pun juga mempengaruhi pada karakteristik yang dimiliki seseorang. Jika dia suka dengan warna hitam, berarti dia mewakili karakter yang penuh detail, sensitive, dan artistik. Sedangkan warna putih bagi mereka yang bersifat logis, dan terorganisir. Merah berarti kepribadian dia adalah seseorang yang berani dan akan mendorong seseorang untuk bersifat proaktif. Hijau melambangkan rasa kasih sayang dan kesetiaan. Biru digambarkan sebagai warna yang stabil, dia memiliki kepribadian yang sensitive, dan suka mencari perhatian orang lain. Dan masih banyak lagi.

Kemampuan untuk membaca karakter seseorang diperlukan oleh setiap saat. Dengan mengetahui karakter seseorang, kita dapat memprediksikan apa yang akan dilakukan oleh orang dalam kondisi tertentu pula. Beberapa cara membaca karakter seseorang :

  1. Pengaturan waktu

Jika dirinya adalah orang yang tidak tepat waktu, selalu telat,  dan lain sebagainya berarti dia mendapat image yang negative. Orang yang aktif akan selalu tepat waktu, karena mereka selalu menghargai waktu. Namun, sebenarnya karena dia sering terlambat bukan berarti dia orang yang tidak menghargai orang lain, bisa saja dia memiliki karakter yang santai.

  1. Berjalan

berjalan
berjalan

Membaca karakter seseorang yang dapat dilakukan melalui pengamatan terhadap cara berjalan seseorang. Jika gaya berjalan cepat, cenderung menumpukan berat badan ke depan. Orang ini bersifat produktif dan berfikir logis. Namun cenderung dingin dan suka bersaing. Gaya jalannya berjinjit dengan mats mengarah ke bawah, menunjukkan orang yang cenderung sopan dan introvert. Cara jalan yang menumpukkan berat pada kaki, menunjukkan bahwa dia orang yang lebih tertarik dengan orang lain daripada pekerjaannya. Lebih memfokuskan kehidupan pribadi daripada karir. Apabila menjadi bagian dari satu kelompok, dia akan sangat mudah untuk teralihkan. Berjalan dengan dada ke depan, bahu ke belakang dan kepala yang tegak menunjukkan seseorang yang memiliki kepribadian yang menyenangkan, berkarisma dan supel. Walaupun cenderung untuk merebut perhatian yang tidak ditujukan kepadanya.

  1. Makan

Mengamati seseorang dengan cara makan juga menjadi cara membaca karakter yang dapat diandalkan dalam beberapa kesempatan. Amatilah cara makan seseorang sebagai berikut :

  • Makan dengan lambat biasanya orang ini senang berada di bawah control dan tahu bagaimana cara menghargai hidup
  • Orang yang suka mencoba berbagai macam makanan adalah orang yang senang pada tantangan dan berani mengambil resiko
  • Orang yang pilih-pilih makanan, orang yang seperti ini cenderung mudah cemas dan bermasalah dengan emosinya.
  1. Gaya berbelanja

Gaya belanja seseorang juga dapat menjadi cara yang cocok untuk melihat atau menilai karakter dan kepribadian seseorang. Orang yang teliti akan memeriksa setiap produk yang dibelinya sebelum dia memilih salah satu. Hal ini menunjukkan orang tersebut mampu untuk menganalisa setiap informasi yang diterima dan menaruh perhatian pada detail. Ada juga orang yang tidak perlu waktu lama untuk memutuskan. Berarti orang tersebut menaruh perhatian dengan detail dan lebih memperhatikan informasi umum saja.

  1. Waktu tidur

Seseorang yang tidurnya lebih awal berarti dia merupakan orang yang introvert dan fokus pada logika yang didukung oleh informasi yang konkret. Mereka juga menjadi orang yang selalu menyenangkan bagi orang lain. Sedangkan orang yang tidur larut malam, berarti dia merupakan orang yang lebih siap untuk mengambil resiko, kreatif, impulsive, dan lebih sulit untuk menyesuaikan diri.

  1. Ekspresi wajah

kepribadian seseorang melalui ekspresi wajah
kepribadian seseorang melalui ekspresi wajah

Sangat sering emosi mudah dibaca di wajah dan menjadi cara membaca karakter seseorang dengan mudah. Jika terdapat garis-garis dalam dahi mengisyaratkan orang tersebut sering berfikir berlebih atau khawatir berlebihan. Garis kerut di sudut mata menandakan seseorang yang sering tersenyum.

Jika Anda ingin memahami seseorang, Anda dapat melakukan cara membaca karakter seseorang dengan mengamati berbagai hal yang telah di informasikan. Memahami karakter seseorang merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan dan bersosialisasi.

Sekian dari artikel saya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Kritik dan saran dapat menghubungi kontak saya : -facebook : Intan Ayu Miranti, -instagram : @intan.a.m_25, -gmail : intanayumiranti272@gmail.com. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, dadah..