kandungan rokok
kandungan rokok

Rokok, Kecil Barangnya Mematikan Bahannya

Posted on

Kandungan Rokok – Rokok, kata yang sudah tidak asing lagi bagi kalian ? si kecil yang sering kalian jumpai dimanapun ini ternyata sangatlah mematikan. Merokok bagi sebagian orang mungkin merupakan suatu hobi atau kebiasaan. Namun hobi ini bisa berbahaya bagi keselamatan.

Pernahkah terlintas dalam benak kalian berapakah kandungan zat berbahaya kandungan rokok dalam sebatang rokok ? menurut terry dan horn lebih dari tiga ribu yang terkandung dalma kandungan rokok saja sebelum dibakar. Ketika sudah dibakar rokok bisa menghasilakan lebih dari tujuh ribu zat-zat kimia. Tetapi hanya saja macam-macam zat yang ada dan dikenali hanya ada beberapa.

kandungan rokok
kandungan rokok

Pada zaman yang semakin rusak ini peminat rokok bukan hanya dari kalangan dewasa, bahkan sekarang semakin meningkat mulai dari kalangan anak-anak sampai manula. Apalagi didukung dengan tersedianya rokok dimana-mana, mulai dari warung kecil sampai restoran banyak yang menyediakan rokok.

Buat kalian perokok aktif sangat cocok apabila kalian membaca artikel ini. Kalian perlu menyadari bahwa rokok itu sangat berbahaya, bahayanya lebih dari yang anda tahu.

Tidak disangka ternyata banyak dari bahan-bahan yang terkandung dalam rokok yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari, mau tahu ? nih, di antaranya:

kandungan rokok
kandungan rokok
  • Aceton banyak digunakan pada cairan penghilang kutek
  • Asam Asetat biasanya digunakan dalam cairan semir rambut
  • Amonia banyak ditemukan pada bahan-bahan pembersih rumah yang umum digunakan seperti deterjen, pembersih WC dll
  • Arsenik biasanya digunakan untuk racun tikus
  • Benzene biasanya digunakan untuk pembuatan racun tikus
  • Butane banyak ditemukan dalam cairan korek api
  • Kadmium salah satu komponen aktif yang terdapat pada baterai
  • Formaldehida merupakan cairan yang digunakan untuk bahan pengawet
  • Hexamine banyak digunakan pada cairan korek barbekyu
  • Lead ditemukan dalam baterai
  • Naphthalene salah satu bahan yang terdapat dalam bahan kapur barus
  • Methanol komponen utama pada bahan bakar roket
  • Nikotin ditemukan pada cairan insektisida
  • Tar salah satu material untuk mengaspal jalan
  • Tolune banyak ditemukan sebagai bahan pembuatan cat tembok

Mengerikan bukan jika zat-zat yang seharusnya digunakan untuk bahan-bahan seperti itu masuk ke dalam tubuh kita melalui rokok. Apa jadinya organ-organ dalm tubuh kita nantinya. Memang efeknya tidak langsung terlihat. Tapi apabila dalam jangka waktu yang lama bisa dipastikan bahwa efeknya akan sangat berbahaya. Organ-organ tubuh yang semulanya berfungsi dengan baik akan rusak nantinya. Bahkan akan memicu munculnya penyakit-penyakit yang berbahaya bagi kesehatan anda.

Bahan-bahan dalam rokok memanglah sangat banyak. Nah, diartikel kali ini saya akan membahas beberapa bahan yang terkandung dalam sebatang rokok yang perlu anda ketahui. Langsung saja mari kita ulas bersama apa saja sih kandungan yang ada dalam sebatang rokok.

Terdapat delapan kandungan utama dalam rokok yang bahayanya tidak bisa diremehkan lagi. Mau tahu? Ini dia Kandungan-kandungan utama yang terdapat pada rokok.

  1. Nikotin

Bahan yang satu ini adalah bahan yang paling berbahaya diantara yang lainnya. Nikotin dapat memicu timbulnya penyakit-penyakit berbahaya seperti menaikkan tekanan darah, glukosa darah, detak jantung dan bersifat adiktif atau biasa dikenal dengan kecanduan.

  1. N-nitrosamines

Zat dapat mengakibatkan alat reproduksi anda rusak. Seperti yang dapat kita ketahui bersama bahwa zat ini merupakan karsinogen manusia yang paling banyak berupa NNK dan NNN

  1. Acetaldehyde

Bisa ketahui bersama bahwa zat ini adalah sebagai karsinogen. Karsinogen adalah zat yang dapat memicu tumbuhnya kanker yang terjadi pada binatang maupun manusia. Selain itu zat ini juga dapat menimbulkan penyebab iritasi pada kulit dan mata, serta saluran pernafasan.

  1. Benzene

Zat ini juga merupakan karsinogen bagi manusia. Yang dapat merusak tulang sum-sum manusia. Selain itu zat ini juga dapat menurunkan jumlah sel darah merah dalam tubuh anda

  1. 1,3-Butadine

Sangat disayangkan bahwa zat ini ternyata tidak kalah berbahayanya dengan zat-zat yang lain. Karena zat ini mengandung teratogen. Teratogen adlah zat yang dapat membuat cacat manusia, dapat mengiritasi mata dan teliga, serta merusak saluran pernafasan bagian atas.

  1. Polyaromatic

Sama halnya dengan Benzene, zat ini juga berpotensi dalam mempengaruhi kerja alat reproduksi anda. Zat ini juga  mengandung DNA mutagen dan karsinogen.

  1. Aromatic Amine

Zat ini juga bersifat karsinogen bagi manusia, zat ini mempengaruhi kerja saluran pencernaan.

  1. Acroelin

Zat ini memiliki memiliki DNA mutagen, bersifat karsinogen untuk manusia yang dapat memicu tumbuhnya penyakit jantung dan iritasi kulit pada saluran pernafasan.

Itu tadi beberapa pembahasan tentang kandungan-kandungan utama dalam sebatang rokok. Belum selesai sampai disitu. Masih banyak lagi kandungan-kandunga rokok yang lain yang perlu anda ketahui, di antaranya :

  • Karbon Monoksida

Setiap kalian menghisap rokok kalian akan menjumpai asap yang mengepul yang berwarna putih dengan bau yang khas. Sebagian orang malah memainkan asap rokok itu dengan membentuknya menjadi bulat bulat. Perlu anda ketahui bahwa asap itulah yang dinamakan dengan karbon monoksida. Karbon monoksida juga bisa kalian jumpai pada asap kendaraan bermotor. Karbon monoksida adalah gas beracun yang dapat menempel pada sel darah merah sehingga dapat menggangu aliran oksigen dalam darah yang dapat menimbulkan kerusakan paru-paru.

  • Hidrogen Sianida

Kata sianida sudah tentunya tidak asing lagi di telinga kalian ?. Ini semua karena munculnya kasus kopi sianida yang masih hangat menjadi pembicaraan. Lepas dari itu apa kalian tahu apa itu sianida ?. Sianida adalah racun yang bereaksi paling cepat diantara yang lainnya. Apabila zat ini dicampurkan dengan hidrogen akan merusak silia pada saluran bronkitis serta pada paru-paru.

  • Timbal

Timbal juga merupakan zat yang bersifat karsinogen yang dapat membahayakan tubuh. Kelebihan kadar timbal dalam darah dapat menimbulkan keracunan bahkan kematian

  • Kumarin

Kumarin adalah salah satu zat yang dilarang oleh standarisasi dunia. Namun pada kenyataannya zat ini masih dapat dijumpai pada rokok.

  • Tar

Zat yang satu ini timbul pada saat rokok dibakar. Tar dapat menimbulkan penyakit-penyakit berbahaya di antaranya penyakit jantung, impotensi, kanker, penyakit darah, bronkitis kronik, gangguan kehamilan dan janin.

  • Kadmium

Kadmium adalah salah satu bahan aktif yang digunakan untuk membuat baterai. Dan apabila zat ini masuk kedalam tubuh anda zat ini akan mengendap di ginjal, dan akan menimbulkan kerusakan ginjal.

  • Amonia

Zat yang satu ini bisa anda jumpai pada pembersih toilet. Aroma yang ada pada asap rokok memang membuat pusing namun aroma itulah yang akan mengakibatkan rasa ketagihan pada perokok alias kecanduan,

Mengerikan bukan apabila zat-zat berbahaya yang lazimnya digunakan untuk racun tikus, pembersih toilet masuk pada tubuh kalian. Pada bungkus rokok sudah tertera akan bahaya merokok. Namun mengapa masih banyak yang tidak menghiraukannya.

Sayangi tubuh anda dengan tidak merokok. Berhentilah merokok, memang awalnya susah namun dengan usaha yang keras, pasti bisa. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian. Sampai berjumpa di artikel yang selanjutnya.