jenis warna

Ini Dia Pengertian Warna yang Menakjubkan!

Posted on

Apasih yang dimaksud dengan warna?

Warna adalah unsur penting dalam sebuah seni. Seperti pemilihan warna, penggunaan warna, pencampuran warna. Dan juga dikatakan penting karena merupakan keindahan yang bisa dipandang oleh mata. Warna juga meupakan pigmen yang memiliki sifat sangat khas. Yaitu ketika di beri cahaya atau disinari, warna tersebut akan memantulkan sifatnya dan mewakilinya. Yang perlu diketahui, warna juga mampu untuk mendefinisikan hati seseorang dan dapat mengambarkan suasana di alam sekitar. Di bawah ini akan membahas tentang pengertian warna, jenis-jenis warna, istilah warna, dan macam-macam warna.

Apa saja jenis-jenis warna?

Jenis-jenis warna secara umum dibagi menjadi 3 bagian. 3 bagian tersebut adalah

  • Warna primer (pokok atau dasar)

Warna yang belum dicampur dengan unsur warna lain. Jenis warna primer ini antara lain adalah merah, kuning, dan biru.

  • Warna sekunder (warna kedua)

Warna sekunder adalah hasil campuran dari dua warna primer. Jenis warna sekunder antara lain adalah ungu (hasil campuran warna biru dengan merah), oranye (hasil campuran warna kuning dengan merah), hijau (hasil campuran warna biru dengan kuning).

  • Warna tersier

Warna tersier adalah campuran warna primer dengan warna sekunder. Jenis warna tersier antara lain adalah coklat (campuran warna ungu dengan merah), hijau kebiruan (campuran warna hijau dengan biru), ungu kebiruan (campuran warna ungu dengan biru), dan seterusnya.

Nah, warna juga memiliki banyak istilah. Kamu mau tau apa saja istilah-istilah warna? Simak pengetahuan di bawah ini.

Istilah istilah warna

  • Warna netral, yaitu hanya warna hitam dan putih. Warna ini digunakan hanya untuk mempermudah warna menjadi lebih terang atau lebih gelap.
  • Hue, yaitu macam macam warna dalam satu jenis warna. Seperti merah darah, merah hati, merah jingga, merah rose dan merah terang.
  • Contrast (kontras), yaitu perbedaan antara dua jenis warna atau bahkan lebih yang masing-masing warna sangat berbeda huenya.
  • Intensity (intensitas warna), atau bisa dibilang kualitas atau chroma warna yaitu tingkat kecerahan atau kemuraman suatu warna. Contoh warna cerah adalah warna yang bersinar (spot light). sedangkan warna muram adalah warna yang kusam atau tidak bersinar.
  • Complement (komplementer), yaitu dua jenis warna yang saling berhadapan jika dilihat dari dalam lingkaran warna. Contohnya seperti merah dengan hijau, kuning dengan ungu, biru dengan jingga.
  • Analog (berdekatan), yaitu warna yang jauh dari kata kontras dan komplomenter. Dan ketika dicampur. Contohnya ungu, atau warna biru berdekatan dengan merah, atau merah keunguan.
  • Monocrome (monokrom), yaitu warna yang memiliki persamaan hue atau warna yang sejenis. Contohnya warna jenis warna merah yang terdiri dari merah hitam, merah muda, merah jambu, merah coklat.
  • Monotone(monoton), yaitu warna yang memilki nuansa yang setara atau sama. Contohnya seperti warna yang gelap antara lain hijau tua, biru tua, dan coklat.
  • Value, yaitu merupakan dimensi kedua yang mana mengenai tentang terang dan gelap suatu warna. Contohnya tingkatan dari warna putih sampai warna hitam.
  • Colour condition, warna dingin merupakan warna yang mengandung warna yang terang. Sedangkan warna yang hangat merupakan warna yang mengandung warna putih atau biru biru.

Macam-macam warna

Macam warna itu ada banyak, seperti warna merah, biru, kuning, hijau, abu-abu, ungu, oranye, cokelat, pink dan putih.

Warna merah : merah indian, koral terang, salmon, salmon gelap, salmon terang, krismon, merah, merah bata, merah tua.

Warna biru : aqua, cyan, light cyan, pale turquise, aquamarine, turquoise, medium turqouise, dark turquoise, cadet blue, steel blue, light steel blue, powder blue, light blue, sky blue, light sky blue, blue, dark blue, dll.

Warna kuning : emas, kuning, kuning terang, lemon chiffon, light goldenrod yellow, papaya whip, moccasin, khaki, pale goldenrod, peach puff.

Warna hijau : green yellow, chartreuse, lawn green, lime, lime green, palegreen, dll.