ikan hias
ikan hias

Hiasi Rumah Anda Dengan Ikan Hias

Posted on

Hay teman-teman, selamat pagi bagi anda yang masih setia membaca artikel kami. Kami akan membagikan beberapa informasi kepada anda, pasti penasaran kan dengan informasi apa yang akan kami beritahukan kepada anda di artikel ini. Yap benar, dipertemuan kali ini kami akan membahas tentang jenis-jenis ikan hias untuk hiasan rumah.

Semua orang pasti mau jika rumahnya itu cantik, menaraik jika dipandang, dan ketika di tempati itu nyaman. Disini kami akan memberitahu beberapa informasi tentang jenis-jenis ikan hias untuk hiasan rumah dan apa saja ikan hias yang bagus untuk menjadi hiasan rumah anda. Sebelumnya, kita bahas dulu ni pengertian ikan hias.

Ikan hias adalah ikan yang bagus bentuknya dan unik warnanya, ikan hias merupakan ikan yang baik yang habitatnya bisa di air tawar ataupun berhabitat di ar laut, yang ikan tersebut dipelihara bukan untuk dimakan. Gunanya untuk memperindah ruang tamu, kehadiran ikan hias didalam rumah akan menjadi sebuah hiburan alternatif ditengah kegiatan yang sangat padat.

Goldfish in aquarium with green plants
Goldfish in aquarium with green plants

Ikan hias itu dipelihara untuk suatu kesenagan, oleh karena itu bentuk, ukuran, warna, keserasian itu perlu diperhatikan. Jenis ikan hias air tawar adalah salah satu jenis ikan hias yang terlaris dan popular dikalangan masyarakat, apalagi dikalangan anak-anak. Anak-anak memang sangat suka dengan jenis-jenis ikan hias, karena bentuknya yang lucu, warnanya yang unik, dan ukurannya yang kecil.

Jenis ikan hias air tawar adalah ikan yang dipelihara di kolam maupun di aquarium, ikan yang biasannya dipelihara untuk kesenangan itu dipelihara di aquarium dan ikan yang dipelihara untuk diperjual belikan itu dipelihara di kolam. Ikan yang dipelihara untuk kesenangan itu tergantung selera anda masing-masing.

Sekarang kami akan membahas ikan apa saja yang bisa dijadikan sebagai hiasan rumah, simak ya dibawah ini.

  1. Ikan guppy
ikan guppy merah
ikan guppy merah

Ikan guppy adalah jenis ikan pertama yang akan kami bahas asal usulnya. Ikan guppy adalah ikan yang terpopuler di Indonesia, ikan guppy mempunyai bentuk seperti wanita yang mengenakan rok, bentuknya juga menarik karena tubuhnya yang kecil ikan ini mempunyai ukuran 2,5 cm jika di ukur dari kepala sampai ekor. Ikan guppy adalah ikan yang dikenal dalam beradaptasi itu mudah.

Hal ini menyebabkan ikan guppy bisa tersebar ke seluruh dunia, ikan hias guppy dikenal sebagai ikan penghias aquarium, karena ikan tersebut mempunyai warna dan sirip yang indah. Jika dibedakan ikan guppy jantan berwarna agak cenderung lebih menarik dibandingkan ikan guppy yang betina yang sirip dan warnanya terlihat kusam.

  1. Ikan arwana
ikan arwana merah
ikan arwana merah

Ikan arwana adalah jenis ikan yang kedua yang akan kami bagikan informasinya ke anda. Kalu bicara tentang ikan arwana pasti semua orang suka, suka dari memeliharanya, membelinya, dan menjualnya. Ikan arwana adalah ikan yang masih populer sampai saat ini, banyak para ahli yang mengatakan bahwa ikan arwana itu tidak akan sedikit peminatnya.

Ikan ini memiliki sisik yang unik sehingga memikat banyak orang. Ikan arwana memiliki tubuh yang cenderung besar bisa saja sampai 1 meter. Ukuran telurnya besar dan hamper mirip ukuran telur puyuh, membuat ikan ini di golongkan termasuk kedalam ikan purba. Ikan ini mempunyai banyak nama seperti silok, ikan paying, naga, dll.

Untuk saat ini ikan arwana banyak yang membudidayakan karna nilai peminatnya yang cukup tinggi, ikan ini menjadi ikan yang sangat digemari dikalangan masyarakat karena terdapat mitos bahwa ikan ini bisa mendatangkan rizki kepada orang yang memeliharanya.

  1. Ikan louhan
ikan louhan lucu
ikan louhan lucu

Ikan louhan adalah jenis ikan yang ketiga yang menjadi pokok pembahasan pada artikel ini. Kami akan memberitahukan beberapa informasi yang bisa diambil dari ikan louhan. Ikan louhan adalah ikan hasil persilangan dari jenis cichlid, ikan ini sempat popular dikalangan masyarakat beberapa tahun yang lalu.

Tingginya minat masyarakat terhadap ikan ini tidak diragukan lagi karena ikan ini mempenyuai warna yang indah dan menarik. Jika diperhatikan secara seksama ikan ini memiliki kombinasi warna yang terdapat pada sisik ikan tersebut yang terkadang membentuk sebuah tulisan. Daya tarik lain pada ikan louhan adalah jenong yang ada di kepalanya yang mampu menciptakan daya tarik tersendiri bagi pecinta ikan hias.

Bahkan dari jenongnya itu ikan hias louhan bisa mencapai harga yang cukup tinggi. Dengan jenong yang terdapat di kepalanya itu membuat ikan louhan ini banyak dicari oleh kalangan masyarakat.

  1. Ikan maskoki
maskoki
maskoki

Ikan maskoki adalah ikan yang keempat yang akan kami bahas asal usul dari ikan tersebut. Kalau diperhatikan dari namanya menarik untuk dicari tahu asal usulnya, tetap baca artikel kami ini ya, berikut ini akan kami membahasnya. Ikan hias maskoki adalah ikan yang berasal dari China yang di populerkan oleh masyarakat jepang.

Awalnya ikan hias maskoki ini bentuknya mirip seperti ikan mas yang berasal dari spesies yang sama. Ikan maskoki adalah jenis ikan yang mudah dipelihara dan mudah di budidayakan di rumah, tapi ikan hias ini tidak ingin dipelihara dengan ikan jenis yang lainnya. Hal ini menunjukan ikan ini membutuhkan banyak oksigen untuk bertahan hidup.

Ikan hias ini juga dikenal dikalangan masyarakat untuk dipelihara, hal ini dikarenakan ikan hias maskoki ini memiliki gerakan tubuh yang sangat lucu dan bentuk tubuhnya yang gemuk dan penuh tapi tetap seimbang.

  1. Ikan koi

    ikan koi
    ikan koi

Ikan koi adalah ikan yang kelima yang akan kami bahas asal usulnya dan pasti sudah tidak asing lagi namanya di dengar. Yap benar ikan koi adalah ikan hias air tawar yang popular dari waktu ke waktu, pertama kali ikan koi diperkenalkan di Jepang, ikan koi adalah hasil persilangan ikan mas berwarna putih dan merah. Makannya ikan koi itu mirip dengan ikan mas.

Sampai sekarang persilangan ikan koi terus dilakukan dan hasilnya dapat kita temui dengan munculnya variasi yang unik dan berbeda-beda. Ikan koi sangat cocok dipelihara di kolam yang sangat luas karena saat masih muda ekor ikan tidak begitu lebar, tetapi setelah dewasa atau besar ekor ikan koi akan semakin lebar untuk itu hutuh ruangan yang luas.

Warna ikan koi terlihat menarik jika dilihat dari atas kolam serta ikan akan memiliki ruang gerak yang lapang. Daya Tarik yang di tampilkan ikan koi ini adalah pada saat pemilik ikan koi tersebut memberikan makan, ketika pemilik ikan koi memberi makan maka ikan koi akan berkumpul menjadi satu untuk menyerbu makanan yang dilempar ke kolam.

  1. Ikan cupang
ikan cupang unik
ikan cupang unik

Ikan cupang adalah jenis ikan yang keenam yang akan kami bahas, kalo diperhatikan dari namanya mungkin tidak asing lagi. Ikan cupang banyak dicari oleh para anak-anak, karena mungkin anak-anak suka mencarinya untuk hiasan aquarium ataupun untuk dilombakan atau dipertarungkan. Ikan cupang adalah ikan yang bentuknya kecil yang banyak dijumpai dalam berbagai warna.

Ikan cupang adalah ikan yang mempunyai warna yang unik yang sehingga sangat digemari oleh para pencinta ikan hias. Ikan ini termasuk kedalam keluarga gourami, ikan cupang adalah ikan yang berasal dari spesies yang kecil karena ikan tersebut berukuran 2,5 cm. ikan cupang sangat unik, karena ikan ini dapat menghirup udara yang tidak berada dalam air.

Yaitu dengan menggunakan organ tubuhnya yang disebut labirin. Sifat yang dapat kita temui dalam ikan cupang ini adalah ikan ini dapat beradu dengan ikan cupang lainnya dalam satu tempat. Untuk itu, jika ingin memelihara ikan ini lebih dari satu, kita harus menempatkannya didalam tempat yang berbeda agar mereka tidak saling menyerang.

Sekarang kami akan bahas lagi masalah bagaimana cara meramut ikan hias yang sudah kami jelaskan kepada anda diatas. Cara meramutnya adalah sebagai berikut:

  1. Jenis ikan
jenis ikan hias
Jenis ikan hias

Jenis ikan memang perlu diperhatikan dalam meramutnya, pada jenis ikan yang agresif jangan dicampur dengan ikan yang tidak agresif. Kedua ikan tersebut bisa dicampur tapi bukan dalam ukuran aquarium yang kecil. Apabila ada ikan yang sakit karena akibat jamur, cacing, cepat pisahkan dari aquarium.

Kemudian berikan pertolongan pada ikan, anda bisa memberikan arak merah pada tubuh ikan anda yang terkena luka. Dan setelah ikan itu membaik, maka anda jangan mencampurnya dengan ikan yang sehat lainnya. Perhatikan juga ukuran ikan, jangan mencampur ikan yang berukuran besar dengan ikan yang berukuran kecil.

  1. Ukuran aquarium

    Aquarium ikan hias
    Aquarium ikan hias

Dalam memelihara ikan anda harus memerhatikan ukuran aquarium, hal ini menyesuaikan ukuran ikan yang akan dipelihara. Jumlah ikan hias yang akan dipelihara juga menyesuaikan dengan ukuran aquarium, jangan terlalu sesak sehingga membuat ikan hias anda mudah mati.

  1. Habitat ikan
Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape
Habitat ikan hias

Jika ingin memelihara ikan hias yang hidup diair yang mengalir deras seperti koki dan platy maka gunakanlah filter yang bisa menyambungkan air yang mengalir. Sedangkan ikan yang hidup dengan air yang tenang seperti gurami dan oscar maka didepan semburan berikan batu karang sebagai pembatas. Hal tersebut dilakukan agar arus air tidak terlalu deras, terdapat ikan hias yang suka akan sinar matahari da nada yang tidak.

  1. Makanan ikan hias

    Makanan ikan hias
    Makanan ikan hias

Dalam memelihara ikan hias harus memperhatikan makanannya, pemberian makanan harus diberikan secara teratur. Sebaiknya dalam memberi makan ikan hias anda, anda memberikannya sedikit tidak apa-apa yang penting teratur, dengan begitu aquarium tidak cepat kotor akibat pemberian makan yang terlalu banyak dan sisa dari makanan.

  1. Perawatan pada aquarium

Dalam memelihara ikan hias di aquarium yang kecil pasti perlu mengganti terhadap air aquarium, pergantian air pada aquarium kecil ini dilakukan minimal sekali dalam seminggu. Apabila mengganti air menggunakan PDAM maka air harus diendapkan terlebih dahulu selama 12 jam, ini agar kandungan karporit hilang.

Itulah tadi beberapa informasi yang telah kami berikan pada anda, semoga bermanfaat bagi anda dalam memelihara ikan hias, dan anda bisa mengetahui jenis-jenis ikan hias untuk hiasan rumah. Sampai jumpa lagi dengan artikel kami yang berisi informasi yang kami berikan. Dan terima kasih bagi anda yang telah setia membaca artikel kami.