jenis buku dan pengertiannya
jenis buku dan pengertiannya

Jenis-jenis dan Pengertian Buku

Posted on

Hal yang pertama untuk menulis buku adalah menentukan buku jenis apa yang akan Anda tulis. Jenis buku sangat banyak sekali yang dapat Anda tulis. Berikut ini ada beberapa jenis buku :

  1. Novel

Novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif. Jenis buku novel ini dalam bentuk cerita. Penulis novel memiliki sebutan nama, yaitu novelis. Kata “novel” berasal dari bahasa Italia Novella. Dan  memiliki arti “sebuah kisah, sepotong berita”.

Novel lebih panjang, setidaknya 40.000 kata. Novel lebih kompleks daripada cerpen, dan tidak ada keterbatasan struktural dan metrical sandiwara atau sajak. Novel menceritakan kepada tokoh-tokoh dan kelakuan mereka dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan menitik beratkan pada sisi-sisi yang aneh dari naratif tersebut.

Dalam Bahasa Indonesia, novel dibedakan dari roman. Roman memiliki alur cerita yang lebih kompleks dan jumlah pameran atau tokoh cerita yang lebih banyak. Majalah adalah penerbitan berkala yang berisi dari bermacam-macam artikel di dalam subjek yang bervariasi.

  1. Cergam

Arswendo Atmowiloto, dia mengungkapkan bahwa cergam sama dengan komik. Yaitu gambar yang dinarasikan, kisah ilustrasi, picto-fiksi, dan lain-lain.

  1. Komik

Komik adalah sebuah bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar yang tidak bergerak. Komik disusun seperti itu, sehingga dapat membentuk jalinan cerita. Biasanya komik ini dicetak di atas kertas dan juga dilengkapi dengan teks. Komik di terbitkan dalam berbagai bentuk. Mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga komik ini berbentuk buku.

Terminologi :

Pada tahun 1996, Will Eisner menerbitkan buku “Graphic Storytelling”. Di mana ia mendefinisikan komik sebagai “tatanan gambar dan balon kata yang berurutan, dalam sebuah komik”. Tahun 1986, dalam sebuah buku Comics and Sequential Art, Eishner mendefinisikan eknis dan struktur komik sebagai “Sequential Art”, yaitu susunan gambar dan kata-kata utnuk menceritakan sesuatu atau mendramatisasi suatu ide.

Pada lingkup Nusantara, juga terdapat sebutan tersendiri untuk komik seperti diungkapkan oleh pengamat budaya Arswendo Atmowiloto, yaitu cerita bergambar. Atau disingkat menjadi cergam yang dicetuskan oleh seorang komikus Medan yang bernama Zam Nuldyn sekitar pada tahun 1970.

  1. Ensiklopedi

jenis buku
jenis buku

Ensiklopedi atau disebut dengan ensiklopedia adalah sejumlah buku yang ebrisi penjelasan mengenai pada setiap cabang ilmu pengetahuan yang tersusun menurut abjad. Atau menurut kategori secara singkat dan padat.

Kata “ensiklopedi” diambil dari bahasa Yunani, yaitu Enkyklios paideia yang memiliki arti sebuah lingkaran atau pengajaran yang lengkap. Maksudnya dari ensiklopedi adalah sebuah pendidikan paripurna yang mencakup semua lingkaran ilmu pengetahuan. Seringkali ensiklopedi ini dicampurbaurkan dengan kamus ensiklopedia awal yang memang berkembang dari kamus.

Perbedaan utama dari kamus dan ensiklopedia ialah sebuah kamus yang hanya memberikan definisi pada setiap entri atau lemma yang dilihat dari sudut pandang linguistic. Atau hanya memberikan kata-kata sinonim saja. Sedangkan pada sebuah ensiklopedia memberikan penjelasan secara lebih mendalam dari yang kita cari. Pada ensiklopedia mencoba untuk menjelaskan setiap artikel sebagai sebuah fenomena. Atau lebih singkatnya lagi, kamus adalah daftar kata-kata yang dijelaskan dengan kata-kata lainnya. Sedangakn sebuah ensiklopedia adalah sebuah daftar hal-hal yang terkadang dilengkapi dengan gambar untuk lebih menjelaskan.

  1. Antologi (kumpulan)

Menurut secara harfiah antologi diturunkan dari kata Bahasa Yunani, yang berarti “karangan bunga” atau “kumpulan bunga”. Yaitu sebuah kumpulan dari karya-karya sastra. Pada awalnya definisi ini hanya mencakup pada kumpulan puisi. Termasuk pada syair dan pantun yang dicetak dalam satu volume. Namun pada antologi dapat berarti kumpulan karya sastra lain seperti cerita pendek, novel pendek, prosa, dan lain-lain.

Dalam pengertian secara modern, kumpulan karya musik oleh seorang artis, dan kumpulan cerita yang ditayangkan dalam radio dan televise yang tergolong antologi. Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan bahwa antologi sebagai kumpulan karya tulis pilihan dari seseorang atau dari beberapa orang pengarang. Antologi juga bisa disebut dengan bunga rampai.

  1. Dongeng

Dongeng adalah sebuah kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata. Dongeng adalah sebuah alur perjalanan hidup dengan posan moral, yang mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan makhluk lainnya.

Dongeng merupakan dunia khayalan dan imajinasi dari pemikiran seseorang. Kemudian di ceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi berikutnya. Dalam satu buku, dongeng terdiri atas satu atau lebih dongeng. Pada zaman sekarang, terdapat buku-buku dongeng yang sangat banyak dan merupakan saduran dan disesuaikan dengan kehidupan masa kini.

  1. Biografi

Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang, biografi ini lebih  kompleks daripada hanya sekedar daftar tanggal lahir atau mati, dan data-data pekerjaan seseorang. Biografi juga menceritakan tentang perasaan seseorang yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian.  Penulis biografi yang ditulis sendiri oleh tokohnya disebut dengan autobiogragfi.

  1. Catatan harian (jurnal/diary)

Catatan harian adalah buku yang isinya berdasarkan dengan catatan harian itu sendiri, misalnya pada catatan harian Anne Frank. Buku yang dibuat dengan berdasarkan catatan harian, misalnya Bersaksi di Tengah Badai karya Wiranto.

  1. Novelet

Novelet yaitu cerita tanggung. Dikatakan seperti itu karna cerpen novelet terlalu panjang. Novelet memiliki jumlah halaman yang diperkirakan berada di anatara 40-50 halaman. Batasan ini sangat relatif, namun tidak mutlak.

  1. Fotografi

Fotografi berasal dari dua kata. Yaitu photo yang berarti cahaya dan juga graph berarti sebuah tulisan atau lukisan. Dalam seni rupa, fotografi diartikan sebuah proses melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya. Pada istilah umumnya, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek. Dan dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka terhadap cahaya. Alat yang paling popular untu menangkap cahaya adalah kamera.

Karya foto dari seseorang atau beberapa orang yang dapat dijadikan buku. Jenis buku juga akan lebih menarik jika disertai dengan keterangan yang mengenai objeknya. Untuk kepentingan lain, buku fotografi juga bisa berisi penjelasan yang mengenai cara atau strategi untuk menghasilkan foto-foto seperti yang tercetak.

  1. Tafsir

Tafsir adalah  penjelasan atau keterangan tentang ayat-ayat Al-Quran dengan maksud lebih mudah untuk difahami. Tafsir ada dua jenis, yaitu tafsir harfiah dan tafsir mimpi. Tafsir harfiah adalah tafsir kata demi kata. Sedangkan tafsir mimpi adalah penggunaan ciri-ciri modern untuk menguraikan arti mimpi tersebut. Buku yang berisikan materi tentang hal-hal yang seperti ini dinamakan buku tafsir.

  1. Kamus

Kamus adalah buku acuan yang memuat kata dan ungkapan. Biasanya, kamus disusun menurut abjad yaitu keterangan tentang makna, pemakaian, atau terjemahannya. Dapat diartikan bahwa kamus adalah buku yang memuat kumpulan istilah atau nama yang disusun menurut abjad beserta penjelasan tentang makna dan pemakaiannya.