ekspresi wajah

Inilah Ekspresi Wajah Yang Mengungkapkan Isi Hatimu!

Posted on

Ekspresi wajah ternyata juga bisa mengungkapkan kepribadian kamu yang sebenarnya dan juga menggambarkan perasaan hati kita. Karena terjadinya koneksi antara otak dengan mata dan raut wajah yang di tampakkan. Cara kerjanya yaitu otak akan membaca semua informasi yang diterima, kemudian oleh otak akan ditafsirkan dengan menunjukkan karakter diri kita melalui ekspresi wajah yang di keluarkan.

Apa yang di maksud dengan ekspresi wajah?

Ekspresi wajah termasuk dalam komunikasi nonverbal. Yaitu menyampaikan emosiaonalnya tidak dengan fisik, tapi dengan mimik wajah. Ekspresi wajah merupakan salah satu peran penting dalam menyampaikan pesan sosial dalam kehidupan.

Ekspresi wajah ini bisa dilakukan dengan sengaja, tapi yang lebih umum ekspresi wajah dilakukan dengan cara yang tidak sengaja, karena perasaan dan emosional seseorang tidak bisa di sembunyikan. Walaupun ada beberapa orang yang menyembunyikan ekspresinya tapi tetap saja akan terlihat juga jika ada orng yang mengamatinya.

Dari semua ekspresi wajah ada beberapa ekspresi yang mudah untuk diketahui dengan mudah. Karena otot-otot wajah secara alami akan mengalami emosi tertentu. Contohnya seperti ekspresi senang, marah, bingung, dll. Tapi ada juga sebagian ekspresi wajah yang sulit diketahui, contohnya rasa jijik dengan rasa takut, kedua ekspresi itu memang agak sulit untuk dibedakan.

Nah ekspresi wajah juga bisa ditemukan saat keadaan tidur, makan bahkan saat sedang jatuh cinta. Dan ekspresi wajah dapat terjadi ketika seseorang bersinggungan dengan keadaan perasaan tertentu yang membuat reaksi kepada dirinya.

Apa saja ekspresi wajah yang mengungkapkan perasaan hati kita?

  1. Wajah gembira / senang / bahagia

bahagia

Ekspresi ini menunjukkan bahwa kita sedang mendapatkan sesuatu hal yang membuat hati senang. Biasanya ketika sedang senang kita akan mengekspresikan wajah dengan tersenyum dan tertawa. Tapi jangan salah membedakan antara senyum yang asli dan palsu. Senyum yang asli akan menunjukkan pipi yang lebih aik dan dari pada senyum palsu.

  1. Sedih / menangis

sedih

Ekspresi wajah ini adalah ekspresi dasar pada manusia. Ketika ada seseorang yang sedih maka yang ada di sekitarnya juga akan sedih bahkan sampai menangis. Rasa sedih tidak harus selalu muncul dengan rasa yang mendalam sampai menangis. Tapi rasa sedih juga dapat muncul dengan rasa yang mendalam, bahkan ada ketika ia sedang tersenyum sementara matanya menunjukkan ekspresi sedih.

  1. Takut

takut

Takut merupakan ekspresi dasar yang muncul pada manusia. Seseorang bisa mengekspresikan rasa takut di karenakan ada sesuatu yang membuatnya ganjal atau merinding. Dan saat seseorang sedang takut, ia akan menghindari sesuatu tersebut.

  1. Marah / kesal / sebal

marah

Ekspresi manusia yang satu ini memang sangat menonjol dan sangat mudah di kenali. Yaitu alis akan ditekuk ke bawah dan bibir akan mengecil karena adanya tekanan. Dan akan muncul garis vertikal di antara alis. Nah, hal tersebut menjadikan ekspresi wajah sangat menonjol

  1. Terkejut

terkejut

Ekspresi ini hampir sama dengan ekspresi takut. Jadi sedikit sulit untuk di bedakan. Nah, cara membedakannya yaitu dilihat dari rahang dan alis. Saat ekspresi wajah terkejut, alis mengangkat ke atas dengan luas dan lebar dan rahang jatuh kebawah sehingga mulut terbuka.

  1. Jijik

jijik

Ekspresi wajah ini akan terlihat ketika seseorang menghadapi sesuatu yang tidak disukai. Hal ini terjadi tidak hanya pada objek tertentu, tapi hal ini dapat muncul pada hal-hal yang kecil, misalnya bau busuk, makanan yang tidk disukai bahkan membayangkan sesuatu yang tidak disukai saja akan terlihat ekspresi wajahnya. Jika seseorang jijik, biasanya akan mengangkat sedikit bibir bagian atas dan hidung akan sedikit mengerut.

Nah, ekspresi yang ada di atas, pasti kamu sudah pernah mengalami semuanya bukan. Anda harus mengerti kondisi saat anda ingin mengekspresikan wajah kamu. Misalnya saat kamu sedang ditawari makanan, jika kamu tidak suka makanan tersebut jangan langsung mengekspresikan wajah jijik di depan orang yang menawarkan. Karena jika kamu langsung mengekspresikan wajahmu, maka orang yang menawari akan sakit hati. Jadi tetap menjaga perasaan orang ya..!